sign up SIGN UP

Waspada, Ini 4 Tanda Kamu Merasa Tidak Bahagia dengan Hidup yang Dijalani

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Senin, 04 Apr 2022 19:00 WIB
Waspada, Ini 4 Tanda Kamu Merasa Tidak Bahagia dengan Hidup yang Dijalani
caption
Jakarta -

Beauties, adakah hal yang membuatmu merasa tidak bahagia? Setiap orang pasti pernah merasakan ketidakbahagiaan pada suatu hal atau bahkan beberapa hal.

Sulit untuk mengetahui kapan seseorang bahagia atau sebenarnya tidak puas dengan hidupnya. Biasanya kamu mungkin mengartikan tawa atau senyuman sebagai ungkapan kebahagiaan, sedangkan jika kita melihat seseorang sendirian, stres atau berkelahi, kita akan menganggap mereka tidak bahagia.

Padahal seseorang yang tidak bahagia mungkin tidak menyadari sendiri mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana tanda-tandanya. Mulai dari kepribadian, perasaan, emosi, dan keberadaan psikologis kita sendirilah yang menentukan kebahagiaan.

Lalu, apa saja, sih, tanda-tanda ketidakbahagiaan yang biasanya dialami seseorang? Dirangkum dari Times Of India, simak, yuk!

Memilih Hidup di Masa Lalu

Memilih hidup di masa lalu/Foto: Freepik.com/Jcomp
Memilih hidup di masa lalu/Foto: Freepik.com/Jcomp

Masa lalu yang telah kamu hadapi memberikan pembelajaran penting dalam kehidupan. Namun, ketika di masa kini kamu malah memilih untuk hidup di masa lalu karena kamu merasa tidak bahagia. Hal ini menunjukkan bahwa kamu masih terjebak dalam masa lalu sehingga berhenti memikirkan masa depan.

Nyatanya, segala hal yang pernah kamu lewati tentang kehidupan pahit di masa lalu adalah fase yang bisa memotivasi kamu untuk hidup lebih baik di masa sekarang dan masa depan. Tinggalkan pikiran negatif, ubah menjadi pikiran positif agar kamu belajar dari pengalaman.

Penuh Kebencian

Penuh kebencian/Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Penuh kebencian/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Dalam hidup, setiap orang pasti pernah menyimpan penyesalan, kebencian bahkan dendam. Akan tetapi, haruskah kamu terus membiarkan perasaan tersebut mendominasi?

Menyimpan rasa benci hingga dendam dengan berusaha membalas orang-orang yang meremehkan dan menganiayamu hanya akan menghabiskan waktu. Sebaiknya, kamu menjadikan rasa benci dan dendam sebagai motivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Khawatir dengan Apa yang Dikatakan Orang Lain

Khawatir dengan apa yang dikatakan orang lain/Foto: Freepik.com/cookie_studio
Khawatir dengan apa yang dikatakan orang lain/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Jika kamu terus-menerus merasa cemas dan khawatir dengan apa yang akan dikatakan orang lain tentangmu, kamu hanya akan berhenti berkembang. Biarkan saja orang lain mau berkata apa, tunjukkan bahwa kamu hidup dengan menjadi diri sendiri.

Selama perkataan mereka tidak benar, abaikan saja. Yang perlu kamu lakukan cukup introspeksi diri mengenai sikap dan keputusan yang akan kamu ambil. Ubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik, dan tingkatkan keterampilan serta komunikasi dalam hubungan sosial agar kehidupanmu lebih produktif.

Tidak Percaya Diri dengan Keputusan Sendiri

Tidak percaya diri dengan keputusan sendiri/Foto: Freepik.com/karlyukav
Tidak percaya diri dengan keputusan sendiri/Foto: Freepik.com/karlyukav

Kamu tidak mempercayai diri sendiri sebagai pemegang keputusan dalam hidupmu. Kamu juga menganggap seluruh keputusan yang selalu kamu buat adalah buruk dan gagal.

Faktanya, tidak ada kehidupan yang selalu baik-baik saja tanpa diiringi kegagalan. Jika kamu berbuat salah dalam mengambil keputusan untuk diri sendiri, itu bukanlah hal yang gagal. Namun, itu berarti kamu belajar dari suatu kesalahan agar tidak jatuh dalam lubang yang sama kedua kalinya.

Jangan selalu menyalahkan diri sendiri, tentukan suatu pilihan dan putusan dengan pikiran matang. Hindari pikiran negatif, perbanyak sudut pandang dan percaya diri bahwa kamu mampu. 

Beauties, itulah tanda-tanda ketidakbahagiaan yang bisa dialami siapapun. Dalam hidup memang kita tidak bisa selalu merasa bahagia, namun jangan biarkan ketidakbahagiaan terlalu larut dalam hidupmu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id