sign up SIGN UP

Menjalani Hidup dengan Lebih Bahagia, Coba 4 Cara Ini Agar Kamu Terhindar dari Kesepian!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Selasa, 29 Mar 2022 22:00 WIB
Menjalani Hidup dengan Lebih Bahagia, Coba 4 Cara Ini Agar Kamu Terhindar dari Kesepian!
caption
Jakarta -

Istilah rokok membunuhmu mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga. Namun, apakah kamu pernah mendengar istilah kesepian membunuhmu?

Kesepian ternyata tidak kalah menyeramkan dari merokok. Banyak yang merasa hidupnya tidak bahagia karena perasaan kesepian. Kesepian bisa menghilangkan kebahagiaan. Lalu, bagaimana cara lepas dari perasaan kesepian dan menjalani hidup dengan bahagia? Simak penjelasannya berikut ini!

Serba-serbi Tentang Kesepian

Kesepian memiliki dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental
Ilustrasi Kesepian/foto: pexels.com/cottonbro

Kesepian dapat membahayakan diri karena saat kamu merasa kesepian, tubuh melepaskan hormon kortisol yang dapat memicu datangnya stres. Kesepian dapat mengganggu sistem imun, mengganggu kesehatan fisik dan mental, serta mempengaruhi aspek-aspek kognitif seperti kemampuan konsentrasi, kemampuan berpikir hingga pengambilan keputusan.

Penurunan fungsi otak tersebut dalam jangka panjang dapat menyebabkan kondisi Alzheimer. Kesepian yang tidak teratasi juga bisa memicu gangguan psikologis seperti stres, gangguan kecemasan hingga depresi.

Kesepian berhubungan dengan kualitas, bukan kuantitas. Itulah mengapa banyak orang yang tetap merasa kesepian meskipun berada di tengah keramaian. Perasaan kesepian dapat menurunkan rasa berharga pada diri sendiri karena menganggap bahwa diri tidak penting, tidak diharapkan, dan tidak diterima oleh lingkungan. Padahal bisa saja hal tersebut datang dari sumber pemikiran kamu sendiri, lho, Beauties.

Cara Mengatasi Kesepian

Yuk, cari tahu cara keluar dari kesepian dan menjalani hidup dengan lebih bahagia dengan menerapkan cara di bawah ini!

Tetap Terhubung

Aktivitas menghubungi orang-orang terdekat dapat mengurangi kesepian
Ilustrasi Menghubungi Orang-orang Terdekat/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Periksa kembali daftar kontak di ponselmu dan ingat-ingat lagi, siapa saja yang pernah akrab denganmu namun sudah lama tidak kamu ajak bicara? Ini adalah langkah awal yang tepat untuk mulai terkoneksi dengan orang-orang terutama orang terdekatmu.

Hubungi kembali sahabat-sahabatmu di sekolah, kuliah, atau rekan di tempat kerja lamamu. Tanyakan keadaan mereka, nostalgia kembali dengan mengingat momen-momen kebersamaanmu dan sahabat-sahabatmu.

Berlatih Menyapa Sekitar

Perbanyak interaksi dengan lingkungan agar bisa terhindar dari rasa kesepian
Bertemu Orang-orang/foto: pexels.com/keira-burton

Semakin lama terkungkung dalam kesepian, akan membuat beberapa interaksimu dengan orang lain menjadi canggung. Latih terus kemampuan untuk bersosialisasi agar kecanggungan tersebut perlahan memudar.

Bisa dengan membeli dan mengajak berbicara penjual yang lewat depan rumahmu atau menyapa tetangga. Tidak hanya dengan manusia, kamu juga bisa berlatih menyapa lingkungan sekitarmu seperti bersih-bersih, memelihara dan merawat hewan, atau aktivitas fisik lain seperti berkebun dan olahraga agar tetap terhubung dengan lingkungan.

Berlatih untuk Tetap Terhubung Secara Online

Kegiatan online seperti mengikuti seminar dapat mengurangi kesepian
Kegiatan Online/foto: pexels.com/matilda-wormwood

Kondisi pandemi seperti sekarang ini menyebabkan banyak orang merasa kesepian akibat interaksi yang dibatasi. Oleh karena itu, kamu harus mulai berlatih untuk tetap terhubung dengan orang lain secara online.

Bisa dengan aplikasi Zoom, mengikuti seminar online maupun media sosial seperti Whatsapp atau Instagram. Lihat aktivitas kerabat-kerabatmu yang jauh di sana. Namun dengan porsi yang tepat dan hanya sekadar ingin terkoneksi dengan mereka, bukan malah menjadikan perbandingan hidupmu dengan pencapaian mereka ya, Beauties.

Ikut Kegiatan Volunteer

Kegiatan volunteer atau kegiatan sukarelawan adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan, terutama jika kegiatan tersebut berkaitan dengan hobimu. Selain menyenangkan, ikut kegiatan volunteer ternyata bisa membuatmu lebih bahagia dan terhindar dari kesepian.

Faktanya, kegiatan volunteer akan menumbuhkan perasaan berharga dalam dirimu yang bisa membuatmu merasa lebih bisa dihargai dan diterima oleh lingkungan sekitar. Sehingga, kamu tidak akan merasa terisolasi lagi dengan dunia luar.

Ikut kegiatan volunteer dapat menambah aktivitasmu sehingga tidak merasa kesepian
Ilustrasi Volunteering/foto: pexels.com/liza-summer

Ada kalanya usaha yang kamu lakukan untuk terus terhubung dengan orang lain mengalami penolakan. Mungkin dari puluhan daftar kontak yang kamu coba untuk hubungi, ada yang tidak membalas pesanmu. Jangan jadikan hal tersebut sebagai penilaian ya, Beauties.

Karena biar bagaimana pun, respon mereka bukanlah hal yang bisa kamu kendalikan. Yang terpenting, kamu sudah mencoba untuk keluar dari zona kesepian yang kamu alami. Kesepian adalah kualitas, bukan kuantitas. Kamu bisa merasa sendiri meskipun berada di keramaian, berlaku juga dengan perasaanmu yang bisa merasa tetap ramai meskipun tidak banyak orang di sekelilingmu.

Semangat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id