sign up SIGN UP

Mengenal Body Positivity, Salah Satu Langkah untuk Mencintai Diri Sendiri

Diny Putri | Beautynesia
Kamis, 24 Mar 2022 16:30 WIB
Mengenal Body Positivity, Salah Satu Langkah untuk Mencintai Diri Sendiri
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah merasa minder dengan salah satu bentuk tubuhmu? Atau, apakah saat kamu bercermin kamu sering merasa tidak puas dengan penampilanmu? Sebenarnya hal itu sangat sering terjadi di kalangan perempuan. Bahkan mungkin semua orang pernah mengalami hal yang serupa, yaitu merasa tidak sempurna karena penampilan atau dirinya sendiri.

Padahal, nyatanya, di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Setiap insan memiliki bentuk tubuh, warna kulit, serta ras yang berbeda. Namun, karena manusia selalu mempunyai sifat yang tidak pernah puas, rasa tidak percaya diri menjadi hal yang paling mudah menyerang bagi setiap insan.

Jika kamu sedang atau sering mengalami rasa tidak percaya diri ketika sedang bercermin atau merefleksikan diri, kamu wajib mengenal apa itu yang dinamakan body positivity.

Apa Itu Body Positivity?

Ilustrasi Woman Diversity/Pexels/RF._.studio
Ilustrasi perempuan/Foto: Pexels/RF._.studio

Dilansir dari Very Well Mind, body positivity merupakan pernyataan bahwa setiap orang berhak memiliki citra tubuh yang positif, terlepas dari bagaimana masyarakat memandang bentuk, ukuran, maupun penampilan yang ideal. Itu artinya setiap orang berhak menerima penampilan dirinya sendiri, meski masyarakat menciptakan standar kecantikan yang berbeda dengan penampilan fisiknya.

Body positivity sebenarnya tidak hanya mengacu ke bagian bentuk tubuh, melainkan juga dari gender, ras, seksualitas, dan disabilitas. Jika kamu sudah memahami arti dari body positivity, maka ini akan menjadi nilai positif bagi diri kamu sendiri. Sebab, kamu akan memandang dirimu sudah lebih dari cukup serta tidak mudah menilai orang lain berdasarkan penampilan fisiknya saja.

Manfaat Body Positivity

Mencintai Diri SendiriIlustrasi perempuan/Foto: Pexels/Polena Kovaleva

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mulai menerapkan body positivity. Selain kamu perlahan bisa mencintai diri sendiri, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menerapkan body positivity:

  1. Membangun rasa percaya diri.
  2. Membantu seseorang untuk menerima diri sendiri dengan apa adanya.
  3. Mengajak orang lain untuk tidak menilai penampilan seseorang berdasarkan penampilan fisik, gender, warna kulit, maupun rasnya.
  4. Belajar untuk menghargai diri sendiri.
  5. Tidak terobsesi untuk mengubah dirinya sendiri agar terlihat sempurna atau mengikuti standar kecantikan yang diciptakan oleh masyarakat.

Dengan memahami serta menerapkan body positivity, maka kamu bisa membantu orang-orang yang menilai seseorang berdasarkan standar kecantikan yang telah ditentukan. Bahkan bisa mengajarkan mereka untuk bisa menerima diri mereka sendiri baik dari segi bentuk maupun ras, serta membangun kepercayaan dirinya.

Mengapa Body Positivity Penting?

(Ilustrasi Woman Diversity/Pexels/Radomir Jordanovic)Ilustrasi perempuan/Foto: Pexels/Radomir Jordanovic

Kamu pasti sering menemukan seseorang yang selalu merasa tidak percaya diri dengan penampilannya, bukan? Bahkan, tak jarang juga kamu menemukan orang-orang yang berusaha untuk memenuhi standar penampilan maupun kecantikan yang diterapkan oleh masyarakat. Hal tersebut sangat berbahaya bagi diri sendiri karena bisa menimbulkan gangguan mental serta ketidaksejahteraan pada hidup.

Maka dari itu salah satu tujuan body positivity dan mengapa hal tersebut sangat penting untuk diterapkan, karena memiliki citra tubuh yang positif sangat penting peranannya dalam bagaimana seseorang menghargai diri mereka sendiri. Karena menurut penelitian, jika seseorang memiliki citra tubuh yang negatif atau selalu merasa kurang percaya diri dengan penampilannya, bisa mengalami hal-hal yang cukup berisiko tinggi seperti depresi maupun eating disorder.

Bagaimana Cara Menerapkan Body Positivity?

Body Positivity dan Kesehatan MentalIlustrasi perempuan/Foto: Pexels/SHVETS Production

Beauties, memahami serta menerapkan body positivity memang cukup sulit, bahkan seringkali orang salah mengartikan apa yang dimaksud dengan body positivity. Misalnya seperti tidak merawat dirinya atau menjadi tidak peduli dengan tubuhnya yang berujung akan merugikan.

Hal tersebut sangat tidak tepat. Karena body positivity mengajak kamu untuk tetap percaya diri dengan apapun penampilanmu di tengah standar penampilan atau kecantikan yang diterapkan oleh masyarakat luas. Bukannya membuat kamu untuk tidak merawat diri sama sekali bahkan menjadi tidak peduli akan tubuhmu.

Jika kamu ingin menerapkan body positivity, berikut adalah beberapa caranya:

  1. Mengubah pola pikir diri sendiri.
  2. Memahami bahwa cantik tidak hanya persoalan bentuk fisik.
  3. Menghindari lingkungan yang menghasilkan citra negatif untuk dirimu sendiri.
  4. Fokus merawat dirimu karena untuk kesehatan bukan untuk terlihat sempurna di mata orang lain.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu untuk mulai mencintai serta menghargai diri sendiri, ya, Beauties! Ingat, semua perempuan itu cantik meski memiliki bentuk serta ras yang berbeda, dan stop untuk mengubah dirimu sendiri hanya untuk terlihat 'sempurna' di mata orang lain!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id