sign up SIGN UP

Waspada! Inilah Tanda Kamu Alami WhatsApp Anxiety Akibat Kerja Berlebihan

Fahira mahza | Senin, 19 Apr 2021 18:00 WIB
Waspada! Inilah Tanda Kamu Alami WhatsApp Anxiety Akibat Kerja Berlebihan
caption

Bekerja memang merupakan salah satu aktivitas rutin bagi sebagian orang dewasa. Melalui pekerjaan, terkadang beberapa orang mendapatkan tekanan yang berpengaruh terhadap aktivitas lainnya.

Di era digital ini banyak pekerjaan yang dilakukan melalui komunikasi digital, yang kini sering dilakukan melalui whatsapp. Hal ini memang memudahkan untuk berkomunikasi, namun terkadang akibat komunikasi yang mudah dan dilakukan terus menerus membuat banyak orang lupa waktu dalam bekerja.

Akibatnya, akan merasa lelah ataupun stress. Whatsapp anxiety merupakan kecemasan saat mendapat notfikasi di ponsel termasuk salah satunya terkait pekerjaan. Kamu harus waspada jika mengalami tanda-tanda ini, bisa jadi kamu sedang mengalami whatsapp anxiety!

Gelisah lihat notifikasi grup kantor 

Gelisah lihat notifikasi grup kantor
Gelisah lihat notifikasi grup kantor/foto: freepik.com

Biasanya dalam suatu bidang pekerjaan ataupun perusahaan untuk memudahkan komunikasi antar karyawan, maka dibuatlah grup di whatsapp. Grup ini biasanya membahas seputar masalah pekerjaan. Kamu akan merasa gelisah ketika melihat notifikasi grup tersebut muncul di ponselmu, walaupun pesan tersebut mungkin tidak ditujukan untukmu. Hal ini akan membuatmu gugup dan cemas. 

Mengharapkan segera dapat balasan

Mengharapkan segera dapat balasan
Mengharapkan segera dapat balasan/foto: freepik.com

Salah satu tanda yang dapat menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami whatsapp anxiety yakni kamu selalu harap-harap cemas untuk mendapatkan balasan pesanmu dari kolega. Bahkan meskipun sudah di luar jam kerja dan larut malam, kamu masih menunggu balasan tersebut. 

Tidak dapat berkonsentrasi saat menerima pesan tentang pekerjaan

Tidak dapat berkonsentrasi saat menerima pesan tentang pekerjaan
Tidak dapat berkonsentrasi saat menerima pesan tentang pekerjaan/foto: freepik.com

Saat kamu menerima pesan terkait pekerjaan kamu akan kehilangan konsentrasimu dalam mengerjakan sesuatu, kamu merasa tidak fokus dan terdikstrasi. Hal ini dapat memicu stress dan penurunan kualitas berpikir. Biasanya kamu merasa tidak nyaman dan ingin kabur. 

Terus menerus mengecek ponsel 

Terus menerus mengecek ponsel
Terus menerus mengecek ponsel/foto: freepik.com

Saat mengalami whatsapp anxiety, biasanya kamu tidak bisa lepas dari ponsel. Kamu sering merasa gelisah dan terus menerus mengecek ponsel untuk melihat adakah pesan yang masuk. Jika ada pesan terkait pekerjaan via whatsapp, meskipun sudah bukan jam kerja atau hari libur, kamu akan berpikir keras untuk menanggapinya. 

Merasa bersalah dan kepikiran saat belum membalas pesan

Merasa bersalah dan kepikiran saat belum membalas pesan
Merasa bersalah dan kepikiran saat belum membalas pesan/foto: freepik.com

Pesan terkait pekerjaan yang masuk melalui whatsapp memang tak serta merta langsung dibalas karena harus mengecek terlebih dahulu progres ataupun jawaban yang diminta. Namun, bagi penderita whatsapp anxiety, belum membalas pesan ataupun mengabaikannya sementara membuat jantung berdebar dan merasa bersalah. Hal ini akan membuat kamu kepikiran sepanjang hari. 

Nah, itulah tanda-tanda jika kamu mengalami whatsapp anxiety. Sebaiknya bekerjalah secukupnya dan selalu penuhi kebutuhan istirahatmu. Jika sudah bukan waktunya bekerja maka letakanlah ponsel dan lakukan kegiatan lainnya yang dapat membuatmu rileks.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id