sign up SIGN UP

WhatsApp Business Punya Fitur Unik yang Bikin Kerja Jadi Super Gampang!

Cynthia Claudia | Jumat, 27 Aug 2021 13:30 WIB
WhatsApp Business Punya Fitur Unik yang Bikin Kerja Jadi Super Gampang!
caption

WhatsApp merupakan salah satu online chatting platform paling populer yang digunakan masyarakat tanah air. Melansir dari Backlinko, WhatsApp memiliki lebih dari 2 milliar pengguna aktif di seluruh dunia pada tahun 2021.

Popularitas WhatsApp yang meningkat juga diikuti dengan penggunaan WhatsApp Bisnis. Pasalnya, WhatsApp Bisnis merupakan salah satu alternatif chatting platform yang digunakan para pengusaha untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan.

WhatsApp Bisnis memiliki beberapa kegunaan yang bermanfaat bagi kalian para pengusaha, dilansir dari CNN Indonesia. Namun, ada beberapa trik WhatsApp yang seringkali belum dipahami sehingga penggunaan WhatsApp Bisnis pun kurang maksimal. Yuk, simak trik WhatsApp Bisnis yang perlu Beauties ketahui berikut:

Fitur Mengirimkan Pesan Otomatis 

Whatsapp Bisni
WhatsApp Bisnis/ Foto: Freepik/ Syifa5610

Trik WhatsApp Bisnis pertama adalah memanfaatkan pesan otomatis untuk berkomunikasi dengan pelanggan, Beauties. Pesan ini biasanya muncul ketika pelangganmu mengirimkan pesan pertama kali ke nomor WhatsApp bisnis kamu.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pun bisa dibalaskan dengan cepat tanpa harus mengetik secara manual. Trik WhatsApp ini tidak tersedia di WhatsApp pribadi, lho!

Fitur Label Pelanggan

Whatsapp Bisnis
WhatsApp Bisnis/ Foto: CNN Indonesia

Pengguna WhatsApp Bisnis memiliki fitur memberikan 'label' kepada pelanggan agar mudah dikenali, Beauties. Label ini digunakan untuk membedakan pelangganmu yang baru, lama, dan pelanggan loyal yang sering berbelanja.

Selain label pelanggan, kamu juga bisa memberikan label pemesanan baru, pembayaran yang belum diselesaikan, hingga pembayaran yang sudah selesai.

Fitur Etalase Produk

Whatsapp Bisnis
WhatsApp Bisnis/ Foto: Pexels/ Anton

Tips WhatsApp Bisnis yang selanjutnya adalah kamu dapat memasukkan foto dan deskripsi produk ke bagian etalase di WhatsApp Bisnis. Fitur ini memudahkan pelangganmu untuk mencari berbagai produk yang ditawarkan dan memahami informasi lebih lanjut terkait produk tersebut.

Fitur One-to-One Chat dan Group Chat

Whatsapp Bisnis
WhatsApp Bisnis/ Foto: CNN Indonesia

Penelitian dari Nielsen’s Facebook Messaging Survey menunjukkan bahwa 53% pengguna mobile mesagging app menyatakan bahwa mereka lebih memilih bisnis yang memiliki fitur chat di WhatsApp. Nah, dengan WhatsApp Bisnis, Beauties bisa menggunakan fitur WhatsApp Bisnis untuk chat secara pribadi maupun kelompok.

Group Chat memudahkan kalian untuk mengirimkan sebuah pesan ke berbagai pelanggan dalam waktu yang bersamaan. Praktis, kan?

Penambahan Statistik Pesan

Ilustrasi statistik dalam WhatsApp Bisnis
Ilustrasi statistik dalam WhatsApp Bisnis/ Foto: Pexels/ Lukas

WhatsApp Bisnis menyajikan data statistik penting dalam bentuk grafis yang mudah dimengerti bagi para penggunanya. Beauties bisa akses data berupa berapa % pesan yang sukses terkirim, diterima, dan telah dibaca oleh para pelanggan.

Fitur ini berguna bagi kalian dalam menetapkan strategi penjualan yang lebih baik untuk melayani pelanggan di kemudian hari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id