sign up SIGN UP

BEAUTYNESIA QUEEN OF THE MONTH

Queen of the Month 2021: Pandangan Wulan Guritno tentang Perlindungan dan Kekerasan Terhadap Perempuan

Rayoga Firdaus | Selasa, 23 Nov 2021 13:00 WIB

Beautynesia kembali meluncurkan program Queen of the Month. Setiap bulannya Beautynesia akan mengundang figur inspiratif yang berkaitan dengan isu atau tema yang kami angkat. Pada bulan November 2021 ini, dalam rangka menyambut Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Beautynesia mengundang Wulan Guritno untuk memberikan pandangannya tentang kekerasan pada perempuan. Termasuk mengenai perlindungan dan kesejahteraan perempuan di industri hiburan Indonesia.

Perlindungan Perempuan di Industri Hiburan

Wulan GuritnoWulan Guritno/ Foto: Beautynesia. Coat,bralette,dan rok, Fendi


Industri hiburan internasional sedang mengalami perubahan besar-besaran pasca Metoo Movement di tahun 2017 setelah terungkapnya kasus pelecehan dan pemerkosaan yang dilakukan Harvey Weinstein seorang Produser kenamaan Hollywood. Para pekerja perempuan di industri hiburan baik aktris sampai mereka yang berada di balik layar ramai menyuarakan akan kesetaraan dan perlindungan terhadap perempuan. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

"Nggak hanya di profesi aku ya. Tapi di profesi manapun sekarang banyak komunitas, wadah dan support system untuk mengadu dan sebagainya. Sehingga dengan adanya ini kita berharap sama hukum. Tapi hukum itu sesuatu yang, gue nggak mau memojokkan hukum ya tapi kita tau hukum itu seperti apa. Tapi dengan adanya organisasi dan komunitas lebih kuat dibanding hukum kalau menurut gue. Kenapa? Karena dia membuat para pelaku ini jadi lebih nggak berani. Ya mungkin hukum bisa dibelokkan misalnya gitu. Tapi kalau organisasi dan komunitas ini lebih besar. Dan akhirnya mungkin pelaku mundur satu langkah."

Wulan juga berharap bahwa dengan banyak organisasi dan komunitas ini juga bisa menjadi support system tersendiri bagi korban baik dalam hal perlindungan dan tentunya keberanian untuk melaporkan.

Wulan GuritnoWulan Guritno/ Foto: Beautynesia. Jaket, kemeja, dan celana, Tory Burch

Pesan Kepada Para Penyintas Kekerasan

Wulan GuritnoWulan Guritno/ Foto: Beautynesia. Kemeja dan rok, Valentino


Pentingnya perlindungan kepada para korban kekerasan tidak terlepas dari tekanan mental dan pertimbangan. Seperti diakui Wulan, "Yang menerima domestic violence itu nggak mungkin mereka nggak mau bersuara. Tapi mereka juga pasti punya pertimbangan banyak. Satu hal yang pasti you are all worth it. Tidak ada satu pun hal pun di muka Bumi ini yang bisa membuat lo berhak diperlakukan seperti itu. 'Demi anak gue nggak apa-apa deh gue diem aja', No! Anak juga pasti merasa kok" tegasnya.

Bisa pulih dari trauma kekerasan memang tidaklah mudah namun selalu ada harapan akan kehidupan yang lebih baik.

"Setiap luka memang tidak pernah mudah untuk disembuhkan. Jujur gue nggak pernah ngalamin, eh pernah deh. Tuh gue aja bahkan udah lupa. Gue ngalamin ama bapaknya Shalom itu lumayan parah. Tapi gue mau heal. Dan gue nggak tahu apa gue udah heal apa enggak tapi I think I healed.
It's not gonna be easy. You can do it. Seeking help. Talking for others. Banyakin berdoa. Kita akan ketemu orang yang tepat. Karena orang yang tepat akan membantu. It will heal us," tutupnya.

Penasaran dengan keseharian dan rahasia awet muda Wulan Guritno? Simak di video di bawah ini yuk!

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Embed Video

Our Sister Site

mommyasia.id