sign up SIGN UP

10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Wanita

Ayuliy Lestari | Sabtu, 23 Jan 2021 08:30 WIB
10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Wanita
caption

Teh hijau berasal dari tumbuhan teh atau camellia sinensis yang diproses dengan cara dikeringkan. Selain dapat diolah menjadi minuman segar, teh hijau memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, Ladies.

Tak hanya itu, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kulit dan wajah. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengoleskannya ke bagian-bagian tertentu. Tak heran jika saat ini banyak produk kecantikan yang diklaim mengandung teh hijau.

Penasaran apa saja manfaat teh hijau untuk kecantikan? Keep scrolling!

1. Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit

Manfaat teh hijau
Skincare/Freepik.com

Kandungan epigallocatechin gallate pada teh hijau dapat berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari efek sinar UV dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Bahkan ekstrak teh hijau dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, termasuk kanker kulit, Ladies.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat teh hijau
Penuaan/Freepik.com

Vitamin C yang terkandung di dalam teh hijau dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Zat ini merupakan protein yang berperan penting dalam menjaga kelenturan kulit. Selain itu, antioksidan pada teh hijau juga dapat mencegah penuaan dini. Tak heran jika produk perawatan kulit banyak yang menggunakan ekstrak teh hijau untuk mengatasi dan mencegah keriput, flek atau bintik hitam.

3. Melembapkan Kulit

Manfaat teh hijau
Skincare/Freepik.com

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E yang dikenal mampu memelihara dan melembabkan kulit, serta mengurangi kulit kasar. Dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikrobanya, bahkan masker wajah mengandung teh hijau dapat membantu kulit terasa lebih lembap, cerah dan halus.

4. Menyejukkan Kulit

Manfaat teh hijau
Skincare/Freepik.com

Kamu juga bisa memanfaatkan teh hijau sebagai pendingin alami kulit. Caranya cukup dengan mendinginkan kantong teh hijau di kulkas selama beberapa menit, lalu kompres ke area kulit.

Kompres dingin ini juga dapat meredakan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terbakar sinar matahari dan sifat anti radang dalam teh hijau dapat memberikan efek dingin pada kulit sekaligus mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar matahari.

5. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat teh hijau
Skincare time/Freepik.com

Kulit kering adalah penyebab kulit terasa kasar dan tidak fresh. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan cuaca hingga hormon wanita. Bahkan di cuaca tertentu, kulit wajah menjadi sensitif, bersisik dan terkelupas. Nah, kandungan vitamin E serta antioksidan pada teh hijau mampu mengatasi masalah kulit tersebut.

6. Mengurangi Mata Panda

Manfaat teh hijau
Green Tea/Freepik.com

Kurang istirahat dapat menyebabkan tubuh terasa lelah dan membuat kantung mata atau mata panda muncul. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kompres dingin dari kantong teh hijau karena hal tersebut dapat mengurangi bengkak di mata karena kurang tidur atau istirahat. Mata bisa lebih fresh, apalagi diimbangi dengan pola hidup yang lebih baik.

7. Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Manfaat teh hijau
Green Tea/Freepik.com

Teh hijau juga memiliki sifat anti inflamasi berkat kandungan polifenol teh yang tinggi. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan dan pembengkakan. Bahkan mengaplikasikan teh hijau pada kulit juga dapat menenangkan luka kecil efek terbakar sinar matahari.

Tak heran jika sifat anti-inflamasi dari teh hijau sering digunakan sebagai obat untuk banyak kondisi dermatologis seperti iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis dan rosacea.

8. Mengobati Jerawat

Manfaat teh hijau
Acne/Freepik.com

Beberapa studi menyatakan bahwa penggunaan ekstrak teh hijau untuk diminum atau dioleskan pada kulit dapat mengurangi benjolan akibat jerawat. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol pada teh hijau yang terbukti cukup ampuh mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak yang memicu timbulnya jerawat, Ladies.

9. Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Manfaat teh hijau
Damage hair/Freepik.com

Selain mampu mengatasi gangguan pada kulit, kandungan antioksidan dan vitamin pada teh hijau dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau terlihat dapat menyuburkan rambut dan mencegah kerusakan di kulit kepala penyebab rambut rontok.

10. Membakar Lemak

Manfaat teh hijau
Green Tea/Freepik.com

Sering melihat produk pelangsing dengan kandungan teh hijau? Bahkan banyak yang mengklaim bahwa teh hijau bisa membantu melangsingkan tubuh. Yups, teh hijau memiliki manfaat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh, Ladies. Tentunya, kamu bisa mengurangi berat badan dengan mengonsumsi teh hijau lalu diikuti dengan pola hidup dan diet sehat yang tepat.

Itulah fungsi kandungan teh hijau untuk kecantikan. Mulai dari kulit, rambut hingga tubuh, teh hijau memang memiliki segudang manfaat ya, Ladies!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id