sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Manfaat Tak Terduga dari Masker Kopi, Bikin Kulit Glowing!

Ayuliy Lestari | Kamis, 14 Jan 2021 13:15 WIB
5 Manfaat Tak Terduga dari Masker Kopi, Bikin Kulit Glowing!
Foto: Manfaat Masker Kopi/Freepik.com

Masker wajah adalah salah satu produk yang wajib ada pada skincare routine kamu. Meskipun hanya digunakan sekali atau dua kali dalam seminggu, namun kandungan pada masker lebih terserap dengan efisien. Hal tersebut karena masker memang dirancang hanya digunakan beberapa kali namun memberikan dorongan instan pada kulit.

Sebelum mencoba produk-produk masker yang ada di pasaran, sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan alami, salah satunya dari kopi. Tidak hanya merelaksasi dan meredakan stres saat diminum, ternyata kopi juga bermanfaat untuk kulit wajah secara langsung.

Kamu bisa menjadikannya sebagai masker wajah karena kandungan kopi memberikan efek tak terduga. Simak yuk!

Mengurangi Masalah Jerawat

Manfaat Masker Kopi
Manfaat Masker Kopi/Freepik.com

Kandungan chlorogenic acid pada kopi bersifat anti-bakteri dan anti-peradangan sehingga kulit tidak lagi menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Sehingga dengan rutin memakai masker dari kopi secara alami maka masalah jerawat pada kulit wajah bisa berkurang.

Kamu hanya perlu mencampurkan kopi dengan air dan oleskan perlahan pada wajah. Jika masalah jerawat sudah teratasi, kamu juga bisa mencampurkan kopi dengan madu untuk menghilangkan bekasnya.

Mencerahkan dan Bikin Glowing Wajah

Manfaat Masker Kopi
Manfaat Masker Kopi/Freepik.com

Sel kulit mati dan kotoran adalah salah satu penyebab kulit kusam. Untuk membersihkan sel kulit mati, kamu bisa melakukan deep cleaning dengan scrub wajah.

Kopi adalah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk scrub wajah, karena kandungan asam pada kopi dapat mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah yang tentunya juga bisa membuat wajah menjadi cerah dan glowing, Ladies.

Kamu bisa mencampurkan kopi dengan susu sapi murni, aduk hingga sedikit mengental dan aplikasikan pada wajah. Setelah itu gosok pelan-pelan hingga wajah bersih secara merata. Namun untuk jenis kulit sensitif sebaiknya gunakanlah campuran kopi dan susu tersebut sebagai masker dan tunggu hingga mengering lalu bilas.

Mengurangi Mata Panda

Manfaat Masker Kopi
Manfaat Masker Kopi/Freepik.com

Warna lingkaran mata yang lebih gelap mengganggu penampilan. Kamu bisa terlihat sayu, kelelahan dan kusam. Ternyata mata panda ini juga bisa diatasi menggunakan masker kopi secara alami. Kandungan kafein pada kopi dipercaya bisa membantu memperlebar peredaran darah di area mata sehingga ampuh menyamarkan lingkaran gelap di area mata yang terjadi karena penyempitan pembuluh darah.

Penyempitan pembuluh darah sendiri memang merupakan salah satu penyebab mata panda. Kamu hanya perlu mencampurkan kopi dengan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Aplikasikan masker kopi selama 10 menit, lalu bersihkan. Gunakan masker kopi secara rutin agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal yaitu terbebas dari mata panda.

Lawan Penuaan Dini

Manfaat Masker Kopi
Manfaat Masker Kopi/Freepik.com

Kopi memiliki antioksidan yang bekerja sebagai anti aging. Antioksidan tersebut adalah polifenol, antioksidan ini ampuh menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, kandungan polifenol juga bisa memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV karena kerusakan DNA merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Bahkan masker kopi dapat mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya seperti flek hitam dan kerutan. Caranya, kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kopi dengan yogurt dan Madu. Aduk hingga mengental lalu oleskan pada wajah hingga mengering.

Merawat Kulit dari Sengatan Sinar UV

Manfaat Masker Kopi
Manfaat Masker Kopi/Freepik.com

Ketika beraktivitas di luar ruangan, tentu saja kamu tidak bisa menghindari sinar matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membuat kulit wajah terbakar dan iritasi. Nah, kopi bisa digunakan untuk merawat kulit wajah yang terlalu lama terpapar sinar ultraviolet (UV), Ladies.

Caranya dengan mencampurkan kopi dan es batu, lalu celupkan handuk ke dalamnya dan usapkan ke bagian wajah atau kulit yang terbakar. Efek yang diberikan adalah shooting dan calming. Kamu juga bisa mencampurkan kopi dengan air dingin lalu menjadikannya masker.

Itulah beberapa cara membuat masker dan fungsinya untuk kecantikan kulit. Tertarik mencobanya, Ladies?

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id