STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

3 Alasan Kenapa Berat Badan Justru Bertambah Usai Berolahraga

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 22 Sep 2021 15:00 WIB
3 Alasan Kenapa Berat Badan Justru Bertambah Usai Berolahraga

Biasanya, olahraga adalah salah satu cara yang ditempuh untuk bisa menurunkan berat badan. Tapi, nggak sedikit dari kita yang menyadari, bahwa yang terjadi malah sebaliknya.

Untuk menjawab ini ternyata ada beberapa faktor dan alasannya lho, Beauties. Demikian menurut Corinne Caillaud, seorang profesor aktivitas fisik dan kesehatan di University of Sydney, Australia.

Apa saja?

Ilustrasi olahragaIlustrasi olahraga/Freepik.com

1. Makan Banyak Usai Olahraga

Banyak orang beranggapan, makan banyak usai berolahraga tidak jadi masalah, seolah lagi memberi reward pada diri sendiri usai berlelah-lelah mengeluarkan keringat.

Padahal, kalau kalori yang dimasukkan ke tubuhmu lewat makanan berjumlah banyak, maka tetap bisa menaikkan berat badan. Terutama kalau yang dikonsumsi adalah junk food. Kalori yang dikeluarkan lewat olahraga, bisa saja masih lebih sedikit dari kalori yang baru kamu isi kembali.

Kalau memang lagi dalam program menurunkan berat badan, sebaiknya tetap menjaga asupan makanan yang dikonsumsi ya, Beauties. 

2. Jenis Olahraga untuk Pembentukan Massa Otot

Nyatanya, olahraga bukan cuma bertujuan untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa sebaliknya. Terutama bagi yang underweight dan tengah dalam program menaikkan berat badan.

Ini karena bisa meningkatkan massa otot, Beauties. Contoh olahraga jenis ini di antaranya push up, pull up, squat, berenang, juga latihan beban.

Ilustrasi olahraga di kasur / pinterest.com (Apartment Therapy)Ilustrasi olahraga di kasur / pinterest.com (Apartment Therapy)/ Foto: pinterest.com (Apartment Therapy)

3. Olahraga Tidak Teratur

Bila melakukan olahraga secara tidak teratur meski dalam intensitas tinggi, rupanya juga malah bisa bikin berat badan bertambah. Ini karena lemak pada tubuh yang makin menumpuk karena tidak rutin 'membakarnya'.

Untuk mengatasinya, lebih baik olahraga dalam intensitas ringan hingga sedang tapi teratur, daripada langsung berintensitas tinggi, tapi keesokan harinya kamu sudah kehilangan niat untuk memulai lagi.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE