STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Alasan Air Putih Cocok Mendukung Program Turunkan Berat Badanmu, Bisa Bakar Lemak!

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Rabu, 15 Dec 2021 14:30 WIB
4 Alasan Air Putih Cocok Mendukung Program Turunkan Berat Badanmu, Bisa Bakar Lemak!

Pada dasarnya, air putih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan di antaranya menghidrasi tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga fungsi pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan banyak juga penelitian yang mengatakan bahwa air minum bisa menurunkan berat badan.

Kabar baik buat kamu yang ingin langsing tetapi tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga maka bisa melakukan diet air putih. Tapi kamu penasaran nggak sih kenapa air minum bisa menurunkan berat badan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengurangi Asupan Kalori

Air bisa mengurangi asupan kalori
Air putih bisa mengurangi asupan kalori/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Jika kamu sering mengonsumsi minuman manis misalnya soda, lebih baik segera hentikan jika sedang mengikuti program diet dan menggantinya dengan minum air putih. Menurut laman Business Insider, air tidak mengandung kalori sehingga bagus untuk menurunkan berat badan dan mengurangi asupan kalori.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2015, para ilmuwan mengamati efek mengganti minuman saat diet pada perempuan yang memiliki berat badan lebih. Setelah 24 minggu, perempuan yang hanya minum air putih mengalami penurunan berat badan yang lebih besar.

Terasa Lebih Kenyang

Air putih sebelum makan bisa terasa lebih kenyang
Air putih sebelum makan bisa terasa lebih kenyang/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Minum air sebelum makan dapat membantumu makan lebih sedikit dan bisa menjadi metode yang efektif untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi pada 2018 mengamati bahwa ketika peserta minum air sebelum makan, mereka akan makan lebih sedikit daripada jika mereka tidak minum air sebelum makan.

Sehingga para peneliti menyarankan untuk minum air putih sebelum makan untuk mengontrol berat badan.

Membantu Membuang Kotoran

Air putih bisa membantu buang kotoran
Air putih bisa membantu buang kotoran/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Ketika mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat membuang kotoran seperti urin atau feses dengan benar. Mengutip laman Medical News Today, air dapat membantu ginjal menyaring racun dan kotoran, sementara organ mempertahankan nutrisi penting dan elektrolit.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan. Dehidrasi juga dapat menyebabkan feses menjadi keras, kental, atau sembelit. Air bisa membuat kotoran bergerak dengan melunakkan atau melonggarkan feses yang mengeras.

Ketika kotoran menumpuk dalam tubuh, orang mungkin merasa kembung yang bisa menambah beberapa inci ke pinggang seseorang.

Membakar Lemak

Air putih dapat membakar lemak
Air putih dapat membakar lemak/ Foto: pexels/ Anna Shvets

Tanpa air, tubuh tidak dapat melakukan metabolisme lemak atau karbohidrat yang tersimpan dengan baik. Minum cukup air sangat penting untuk membakar lemak dari makanan dan minuman, serta lemak yang disimpan. Sebuah ulasan dari 2016 menemukan bahwa peningkatan asupan air menyebabkan peningkatan liposis (proses metabolisme lemak) dan hilangnya lemak pada tubuh.

Tidak ada standar untuk berapa banyak air yang harus diminum karena bisa bergantung pada beberapa faktor seperti tingkat aktivitas, usia, ukuran badan, suhu, kelembapan, paparan sinar matahari, dan kesehatan. Ternyata selain menghilangkan haus, air putih juga bisa menurunkan berat badan asalkan tidak berlebihan.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE