sign up SIGN UP

4 Efek untuk Kulit Akibat Minum Kopi Berlebih, Mulai dari Kulit Kering Sampai Bikin Keriput

Zeyra Haya | Beautynesia
Selasa, 03 Aug 2021 07:00 WIB
4 Efek untuk Kulit Akibat Minum Kopi Berlebih, Mulai dari Kulit Kering Sampai Bikin Keriput
caption

Kopi adalah salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang untuk menemani hari sibuk. Minuman yang memiliki kandungan kafein ini digemari berbagai kalangan terutama orang-orang yang memiliki kesibukan dan jadwal padat.

Kandungan kafein dalam kopi berfungsi menjadi stimulus dalam tubuh yang memanipulasi kadar dopamin. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi kopi seringkali kita bisa merasa lebih tenang dan senang.

Efek kopi bagi kesehatan kulit/Foto: freepik.com
(Efek kopi bagi kesehatan kulit/Foto: freepik.com)

Kafein dalam kopi juga dapat menambah energi dalam tubuh dan dipercaya dapat meningkatkan mood. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kopi dipilih sebagai minuman yang dikonsumsi di pagi hari atau sebelum beraktivitas.

Namun perlu diketahui, terlalu berlebihan mengonsumsi kopi dapat mengganggu kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kesehatan kulit.

Tak banyak diketahui, berikut adalah 4 efek buruk dari meminum kopi secara berlebihan bagi kesehatan kulit.

1. Membuat Kulit Kering

Minum kopi berlebihan bisa bikin kulit kering/ Foto: freepik.com
(Minum kopi berlebihan bisa bikin kulit kering/ Foto: freepik.com)

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menimbulkan resiko dehidrasi bagi tubuh. Kekurangan cairan tentu saja akan berdampak pada kulit yang mana kulit akan terasa kering dan tidak sehat.

2. Membuat Kulit Kusam

Kulit kusam akibat berlebihan minum kopi/ Foto: freepik.com
(Kulit kusam akibat berlebihan minum kopi/ Foto: freepik.com)

Kafein yang berlebih dapat berpengaruh terhadap hormon dalam tubuh. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan hormon stress dan mengurangi produksi kolagen. Kolagen dalam tubuh berfungsi untuk mencerahkan kulit. Maka saat tubuh kekurangan kolagen, kulit akan terlihat kusam dan tidak bercahaya.

3. Membuat Kulit Keriput (Menua)

Kafein berlebihan pemicu penuaan dini kulit/Foto: freepik.com
(Kafein berlebihan pemicu penuaan dini kulit/Foto: freepik.com)

Mengonsumsi kafein secara berlebih juga dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya pembentukan antioksidan dan nutrisi bagi kulit. Sehingga kulit rentan mengalami penuaan dini dan keriput.

4. Memicu Jerawat

Waspada jerawat! jangan minum kopi berlebihan/Foto: Freepik.com
(Waspada jerawat! jangan minum kopi berlebihan/Foto: Freepik.com)

Kandungan kafein dalam kopi dapat memicu reaksi berlebihan pada kelenjar adrenaline. Hal ini berdampak akan meningkatnya produksi hormon kortisol. Ketidakstabilan hormon ini akan memicu timbulnya jerawat. Selain itu, mengkonsumsi kopi berlebihan akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Itulah 4 efek buruk mengkonsumsi kopi terlalu banyak bagi kesehatan kulit. Namun bukan berarti kita tidak boleh minum kopi lho Beauties, hanya saja perlu dibatasi. Satu atau dua cangkir dalam sehari adalah jumlah yang cukup.

Kalau kamu biasanya minum kopi berapa kali dalam sehari?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id