STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Kebiasaan Baik yang Perlu Rutin Dilakukan Agar Metabolisme Tubuh Lancar

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Selasa, 04 Oct 2022 06:45 WIB
4 Kebiasaan Baik yang Perlu Rutin Dilakukan Agar Metabolisme Tubuh Lancar

Metabolisme adalah proses pembakaran kalori dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk menghasilkan energi.  Setiap orang memiliki laju metabolisme yang berbeda dan hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Semakin cepat proses metabolisme tubuh, maka semakin optimal pula proses pemecahan zat nutrisi yang ada dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat membuat fungsi tubuh berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, metabolisme tubuh yang lancar juga dapat membantu penurunan berat badan, serta dapat meningkatkan energi dan menjaga kadar insulin dan gula darah tetap stabil.

Tidak mudah bagi seseorang untuk bisa meningkatkan metabolisme tubuh, tetapi kamu bisa melakukan beberapa kebiasaan baik yang dapat membuat metabolisme tubuh lancar. Dilansir dari Realsimple, berikut beberapa kebiasaannya. Simak yuk!

1. Melakukan Olahraga yang Dapat Membentuk Massa Otot

Melakukan Olahraga yang Dapat Membentuk Massa Otot / foto : pexels.com/ElinaFairytale
Melakukan Olahraga yang Dapat Membentuk Massa Otot / foto : pexels.com/ElinaFairytale

Tidak hanya melakukan olahraga cardio, kamu juga bisa melakukan olahraga ketahanan, seperti push up, sit up, squat jump atau olahraga lain untuk membentuk massa otot.

Dengan melakukan olahraga tersebut, lemak yang ada pada tubuh dapat menjadi otot, yang mana hal ini akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. Jika kamu tidak ingin melakukan olahraga tersebut, maka yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

2. Mengonsumsi Lebih Banyak Serat

Mengonsumsi Lebih Banyak Serat / foto : pexels.com/MarkStebnicki
Mengonsumsi Lebih Banyak Serat / foto : pexels.com/MarkStebnicki

Salah satu kebiasaan baik lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi serat. Kamu bisa mendapatkan serat secara alami dari sayuran maupun buah-buahan.

Serat dapat memperlambat pencernaan dan mencegah beberapa glukosa yang diserap melalui pencernaan. Mengonsumsi serat juga dapat memberikan dampak yang kuat pada kesehatan metabolisme dan peradangan.

3.  Mengurangi Konsumsi Gula

Mengurangi Konsumsi Gula / foto : pexels.com/EilivAceron
Mengurangi Konsumsi Gula / foto : pexels.com/EilivAceron

Untuk dapat meningkatkan metabolisme tubuh, kamu harus bisa mengendalikan asupan gula dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan gangguan energi di tengah hari dan kecemasan dalam jangka waktu yang pendek. Dalam jangka waktu yang panjang, mengonsumsi gula terlalu berlebihan dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan sehingga berisiko terkena penyakit jantung, alzheimer, demensia, dan kanker. 

Untuk mengatasinya kamu bisa menghilangkan makanan yang mengandung lebih dari 2 hingga 3 gram gula tambahan per porsi, serta hindari makanan yang mengandung gula berlebihan.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Istirahat yang Cukup / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Istirahat yang cukup dapat mempengaruhi kesehatan dan metabolisme tubuh. Kurang istirahat dapat menurunkan sensitivitas insulin dan dapat meningkatkan hormon stres, serta dapat terjadi peningkatan glukosa di hari berikutnya. 

Ada baiknya untuk istirahat tidur di malam hari selama kurang lebih tujuh hingga sembilan jam. Apabila kamu memiliki masalah susah tidur, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter. 

Tiap orang memiliki metabolisme yang berbeda dan jika kamu ingin meningkatkan metabolisme tubuh maka kamu bisa melakukan beberapa kebiasaan baik di atas dengan rutin.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE