STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Makanan yang Identik untuk Buka Puasa Ini Bisa Bikin Sakit Tenggorokan, Kurangi Deh!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Selasa, 05 Apr 2022 08:00 WIB
4 Makanan yang Identik untuk Buka Puasa Ini Bisa Bikin Sakit Tenggorokan, Kurangi Deh!

Sakit tenggorokan bisa membuat badan tidak nyaman dan sangat menghambat aktivitas makan minum. Apalagi kalau kamu menderita sakit tenggorokan saat berpuasa, aduh bisa mengganggu kenikmatan sahur dan berbuka ya. 

Tapi bagaimana kalau ternyata makanan yang biasanya kamu santap saat berbuka puasa merupakan dalang di balik penyebab sakit tenggorokan yang kamu derita?

Ada beberapa makanan yang identik untuk buka puasa ini bisa bikin sakit tenggorokan. Yuk simak!

1. Makanan yang Digoreng

Makanan pemicu sakit tenggorokan/Foto: unsplash.com/Joshua Hoehne
Makanan pemicu sakit tenggorokan/Foto: unsplash.com/Joshua Hoehne

Gorengan bisa dikatakan menu berbuka yang praktis dan paling laris selama Ramadan. Hampir semua pedagang menjajakan takjil yang digoreng, mulai dari risol, gorengan tempe, kentang goreng, lumpia dan sebagainya.

Tapi hati-hati, Beauties, konsumsi gorengan bisa memberikan efek negatif pada tubuh karena tingginya kadar lemak serta teksturnya yang kasar dan kering dapat mengiritasi tenggorokan.

2. Makanan Pedas

Makanan pemicu sakit tenggorokan/Foto:unsplah.com/Emy
Makanan pemicu sakit tenggorokan/Foto:unsplah.com/Emy

Makanan pedas memang bisa meningkatkan nafsu makan. Rasa pedas dari cabai, lada, maupun kari sangat mampu menggugah selera. Apalagi bagi pecinta pedas, berbuka dengan makanan yang memiliki sensasi membakar lidah sangat diidam-idamkan.

Namun, konsumsi makanan pedas dapat memicu sakit perut, rasa panas di ulu hati serta sakit tenggorokan. Jadi bagi kamu doyan makan pedas, ada baiknya dikurangi ya.

3. Makanan Asam

Makanan penyebab sakit tenggorokan/Foto: freepik.com/Azerbaijan_Stockers
Makanan penyebab sakit tenggorokan/Foto: freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Segelas jus jeruk dingin setelah seharian berpuasa tentu menyegarkan. Tapi tahukah Beauties? Makanan yang tinggi asam bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, seperti memperparah masalah pencernaan, mengikis email gigi, serta  mengiritasi tenggorokan.

Jadi lebih baik dahulukan berbuka dengan makanan yang lembut seperti kurma, sup, maupun buah, tapi pastikan untuk memilih buah dengan kadar asam yang  rendah, ya!

4. Daging merah

Makanan penyebab sakit tenggorokan/Foto: unslash.com/Jualiana Romao
Makanan penyebab sakit tenggorokan/Foto: unsplash.com/Jualiana Romao

Siapa sangka ternyata daging merah juga termasuk salah satu pemicu sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan karena konsumsi daging merah seperti daging sapi atau kambing menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak panas, sehingga memperparah sakit tenggorokan.

Jadi, jika ingin makan daging, sebaiknya memilih daging putih seperti ikan atau ayam ya, Beauties.

Nah, itu dia deretan makanan berbuka yang bisa memicu sakit tenggorokan. Jadi, mulai sekarang kamu bisa lebih selektif dalam memilih dan mempersiapkan santapan berbuka.

Karena seyogyanya, berbuka puasa tidak hanya sebatas melepas dahaga setelah seharian menahan lapar dan haus, tapi juga harus memberikan nutrisi dan manfaat yang baik bagi tubuh.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE