sign up SIGN UP

4 Manfaat Kiwi untuk Diet yang Wajib Kamu Tahu, Tertarik Coba?

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 09:00 WIB
4 Manfaat Kiwi untuk Diet yang Wajib Kamu Tahu, Tertarik Coba?
caption

Dikenal kaya nutrisi, buah kiwi memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Memilih buah kiwi untuk dikonsumsi selama menjalani program diet bisa menjadi alternatif untuk kamu yang suka perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan.

Tak hanya lezat dikonsumsi secara langsung, sajian olahan kiwi juga bisa kamu nikmati mulai dari jus, puding hingga salad buah. Selain bisa menurunkan berat badan, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah kiwi.

Lantas, apa saja manfaat buah kiwi untuk diet? Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan selengkapnya!

Rendah Kalori

Buah kiwi rendah kalori/Foto: Freepik.com/rawpixel.com
Buah kiwi rendah kalori/Foto: Freepik.com/rawpixel.com


Dikutip dari CNN Indonesia, sebagai salah satu buah yang memiliki sedikit kalori, dalam satu buah kiwi berukuran sedang biasanya mengandung 42 hingga 48 kalori. Ada beberapa hal yang akan kamu rasakan saat mengonsumsi buah kiwi yang rendah kalori ini, contohnya mengurangi lemak perut hingga memperbaiki mood.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah kiwi, sebaiknya jangan menambahkan gula pada olahan minuman buah kiwi agar kalori tidak bertambah ya, Beauties!

Melancarkan Pencernaan dan Menyehatkan Jantung

Melancarkan pencernaan dan menyehatkan jantung/Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Melancarkan pencernaan dan menyehatkan jantung/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Buah kiwi termasuk buah yang kaya serat, umumnya dalam satu cangkir sajian buah kiwi terdapat 5 gram serat. Kiwi juga mempunyai kandungan serat larut yang paling baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol.

Dilansir dari Healthline, buah kiwi juga memiliki kandungan serat tak larut yang dapat membantu dalam memperlancar sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi risiko penyakit sembelit.

Kulit Menjadi Sehat

Kulit menjadi sehat/Foto: Freepik.com/senivpetro
Kulit menjadi sehat/Foto: Freepik.com/senivpetro

Apalah arti diet jika kulit tampak kusam, setuju Beauties? Kandungan Vitamin C dan E dalam buah kiwi berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit sehingga tampak kencang dan dapat mencegah penuaan. Kamu juga bisa mengaplikasikan kiwi sebagai masker wajah untuk investasi dalam perawatan kulit.

Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik

Meningkatkan kualitas tidur/Foto: Freepik.com/lifeforstock
Meningkatkan kualitas tidur/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Saat kamu menjalani diet yang tidak tepat, kualitas tidur biasanya dapat terganggu akibat kelaparan. Melansir dari Medical News Today, untuk meningkatkan kualitas tidur, kamu bisa mengonsumsi buah kiwi yang mengandung antioksidan dan serotonin.

Ketika kamu sudah bisa tidur dengan nyenyak, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga. Dalam sebuah penelitian, kamu disarankan mengonsumsi dua buah kiwi sekitar 2 jam sebelum tidur agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Nah, itulah manfaat buah kiwi bagi diet yang wajib kamu ketahui. Tentunya, kamu tidak hanya bisa mengandalkan satu buah ini saat diet, ya Beauties.

Kamu juga perlu mengimbangi kebutuhan gizi dan nutrisi lainnya dengan mengonsumsi sayuran, karbohidrat kompleks, protein hingga kebutuhan vitamin dan mineral. Tetap jalani olahraga secara rutin untuk melengkapi rangkaian program dietmu juga, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id