sign up SIGN UP

Benarkah Diet Nanas Bisa Bantu Turunkan 5 Kg dalam 5 Hari? Yuk, Simak Penjelasannya!

Retno Anggraini | Beautynesia
Senin, 28 Mar 2022 11:45 WIB
Benarkah Diet Nanas Bisa Bantu Turunkan 5 Kg dalam 5 Hari? Yuk, Simak Penjelasannya!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah mendengar istilah diet nanas? Diet ini dikembangkan oleh seorang psikolog asal Denmark bernama Ston Hegler pada tahun 1970. Diet nanas dianggap sebagai salah satu cara tercepat dan termudah untuk menurunkan berat badan dalam waktu beberapa hari. 

Diet nanas merupakan diet mono karena hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk menurunkan berat badan. Meski hasilnya cepat, diet ini tidak boleh dilakukan lebih dari 6 hari. Lantas, benarkah diet nanas dapat menurunkan berat badan 5 kg dalam 5 hari? Merangkum dari berbagai sumber, simak penjelasan seputar diet nanas di bawah ini.

Bagaimana Diet Nanas Bantu Turunkan Berat Badan?

Cara kerja diet nanas
Cara kerja diet nanas/Foto: Pixabay.com/Security

Buah tropis ini kaya akan vitamin, mineral, serat, fitonutrien, dan rendah kalori. Satu cangkir nanas hanya mengandung 82 kalori saja. Karena nanas mengandung banyak air, ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Buah nanas juga mengandung vitamin B1 yang diperlukan untuk produksi energi. Ketika kamu aktif bergerak, metabolisme tubuh akan terus bekerja dan aktivitas ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, buah ini memiliki kandungan bromelain, yaitu enzim pencerna protein yang merupakan pembakar lemak yang sangat baik dan juga bekerja sebagai sifat anti-inflamasi.

Rencana Diet Nanas 5 Hari

Rencana diet nanas 5 hari
Rencana diet nanas 5 hari/Foto: Pexels.com/Any Lane

Pada dasarnya, diet nanas berlangsung selama satu sampai tiga hari. Tapi, kamu bisa menerapkan rencana diet nanas lima hari jika merasa rencana diet nanas sebelumnya terlalu ekstrem. Rencana diet nanas lima hari ini juga cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan secara bertahap dan lebih sehat.

Untuk menerapkan rencana diet ini, kamu diharuskan untuk sarapan secara teratur setiap hari, makan lebih banyak nanas sebagai camilan, banyak minum air putih, dan makan malam paling lambat tiga jam sebelum tidur. Jika masih bingung, kamu bisa coba rencana menu diet nanas di bawah ini.

  • Sarapan: Satu potong roti utuh, satu yoghurt bebas lemak, dan 100 gram nanas.
  • Makan siang: 100 gram nanas, 100 gram salad udang atau satu porsi sup ayam dan sayuran panggang.
  • Makan malam: Salad nanas, 100 gram ayam, dan 100 gram nasi.

Manfaat Diet Nanas

Manfaat diet nanas
Manfaat diet nanas/Foto: Pexels.com/Laker

Dilengkapi dengan berbagai kandungan nutrisi dan enzim, tidak heran jika nanas sangat baik dalam membantu proses penurunan berat badan. Berikut adalah beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika melakukan diet nanas:

  • Membantu melancarkan pencernaan.
  • Dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Membantu mengurangi gejala osteoporosis dan rheumatoid arthritis.
  • Detoksifikasi racun dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Efek Samping Diet Nanas

Efek samping diet nanas
Efek samping diet nanas/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Meski mampu menurunkan berat badan secara cepat, ternyata diet nanas memiliki beberapa efek samping, lho! Berikut beberapa efek samping dari diet nanas:

  • Jika dilakukan terlalu lama, diet ini berpotensi meningkatkan kemungkinan terkena masalah ginjal, bahkan penyakit jantung.
  • Diet ini kemungkinan dapat menyebabkan diare.
  • Jika kamu alergi terhadap nanas, sebaiknya jangan pernah mencoba diet ini karena dapat menyebabkan pembengkakan pada mulut dan pipi.

Apakah Diet Nanas Efektif?

Keefektifan diet nanas
Keefektifan diet nanas/Foto: Pexels.com/Any Lane

Diet nanas sangat efektif pada rencana yang telah kamu pilih karena mampu mengurangi kalori dan aman jika kamu tidak memiliki masalah kesehatan. Diet ini termasuk diet rendah kalori, tetapi hasilnya sangat bergantung pada apa yang kamu makan setelah selesai menerapkan diet nanas.

Beauties, alangkah baiknya kamu konsultasi dulu pada dokter jika ingin melakukan diet ini, karena diet nanas bukan metode untuk menurunkan berat badan jangka panjang. Selain itu, segera hentikan diet ini jika tubuh merasa lemas dan muncul ruam di sekitar sudut mulut.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id