sign up SIGN UP

Hobi Jajan Tapi Lagi Diet? 6 Camilan Manis Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badanmu, lho!

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Rabu, 30 Mar 2022 07:15 WIB
Hobi Jajan Tapi Lagi Diet? 6 Camilan Manis Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badanmu, lho!
caption
Jakarta -

Salah satu tantangan terbesar saat sedang diet adalah menahan diri dari godaan camilan. Apalagi jika kamu adalah penggemar makanan manis, memangkas porsi gula dalam menu pasti terasa sangat berat.

Tapi jangan bersedih dulu, Beauties. Meski sedang diet, kamu tetap bisa makan camilan sehat untuk memanjakan lidah. Berikut ini adalah 6 camilan manis yang sehat dan justru mendukung program dietmu. Dihimpun dari berbagai sumber, catat, ya!

Roti Gandum

Roti Gandum/Foto: Canva/ tetianachernykovaphotos
Roti Gandum/Foto: Canva/ tetianachernykovaphotos

Selembar roti gandum sering dijadikan opsi camilan sehat atau bahkan pengganti nasi bagi pejuang diet. Roti gandum kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, sehingga memberi sensasi kenyang lebih lama. Jika dipadukan dengan olesan keju, olesan selai kacang, atau irisan alpukat untuk tambahan lemak dan protein, dijamin kamu bisa bertahan sejak lepas sarapan hingga jam makan siang.

Irisan Pir dan Keju Ricotta 

Pir dan Keju Ricotta/Foto: Canva/milla1974
Pir dan Keju Ricotta/Foto: Canva/milla1974

Mengonsumsi pir dan keju ricotta di saat bersamaan bisa jadi pemanis lidah saat kamu diet, Beauties. Buah pir, terutama kulitnya, memiliki antioksidan polifenol yang bersifat anti inflamasi.

Di sisi lain, laman Dr. Axe mendata bahwa keju ricotta mengandung berbagai mineral dan vitamin yang penting untuk tubuh, tapi tingkat lemak dan karbohidratnya yang rendah membuat para pejuang diet tak perlu khawatir. Protein yang tinggi dalam keju ricotta akan membantu meningkatkan asam amino esensial tubuh dan membantu penurunan berat badanmu lebih cepat, Beauties.

Cokelat Hitam dan Kacang Almond

Cokelat Hitam dan Kacang Almond/Foto: Canva/Olga Ignashina
Cokelat Hitam dan Kacang Almond/Foto: Canva/Olga Ignashina

Siapa bilang pejuang diet harus menghindari cokelat sepenuhnya? Cokelat hitam justru bisa mendukung penurunan berat badanmu, lho. Hal ini karena cokelat hitam mengandung flavonoid tinggi yang membantu penurunan berat badan dan menguatkan jantung.

Sedangkan dilansir dari Journal of Nutritional Science, kacang almond dikatakan mengandung protein, kalsium, dan magnesium tinggi yang bersifat mengenyangkan. Dengan begini, cokelat dan kacang almond cocok dikonsumsi bersama sebagai camilan pengganjal perut si pejuang diet.

Kurma dan Selai Kacang

Kurma dan Selai Kacang/Foto: Canva/vaaseenaa
Kurma dan Selai Kacang/Foto: Canva/vaaseenaa

Jika kamu penggemar buah-buahan yang legit tapi tidak mengandung banyak gula, kurma bisa jadi pilihan. Dilansir dari laman Wolipop, Shannon Garcia, M.D.S., R.D menyarankan untuk memakan kurma dengan mengoleskan selai kacang di atasnya. Kurma akan memberikan sumber energi dan manfaat yang baik bagi pencernaan, sedangkan selai kacang mengandung lemak sehat dan protein yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

Yogurt

Yogurt/Foto: Canva/Scharfele
Yogurt/Foto: Canva/Scharfele

Selain baik bagi pencernaan, yogurt juga bisa menyeimbangkan dietmu. Ahli nutrisi dari NapTown Fitness, Elizabeth Matchett, RDN, CD, menjelaskan ada beberapa cara bagi yogurt untuk membantu penurunan berat badan. Seperti dikutip dari laman Eat This, Not That, yogurt adalah makanan probiotik yang menunjang pembakaran lemak.

Yogurt juga biasa dipakai untuk menggantikan makanan-makanan berkalori tinggi. Terkhusus jenis greek yogurt diklaim memiliki protein tinggi yang mengenyangkan lebih lama.

Oatmeal

Oatmeal/Foto: Canva/JESHOOTS
Oatmeal/Foto: Canva/JESHOOTS

Kamu pasti tidak asing lagi dengan keberadaan oatmeal di menu utama pejuang diet. Dilansir dari laman Healthline, kandungan fiber yang tinggi dalam oatmeal dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan lho. Oatmeal juga menghindarkanmu dari rasa ketagihan makanan dan minuman manis. Seratnya mampu membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan makan bisa diatur sesuai pola dietmu, Beauties.

Itu dia enam camilan manis yang nikmat, mengenyangkan, dan membantu keseimbangan dietmu. Semangat menjalani pola hidup sehatmu, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id