sign up SIGN UP

4 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Rutin Squat, Alternatif Bakar Banyak Kalori, lho!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 27 May 2022 07:00 WIB
4 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Rutin Squat, Alternatif Bakar Banyak Kalori, lho!
caption

Squat merupakan salah satu gerakan yang membutuhkan kekuatan otot tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah yang bekerja bersamaan. Beberapa dari kamu mungkin melewatkan gerakan ini karena menganggap gerakan tersebut terlalu berat.

Namun kamu mungkin berubah pikiran jika sudah tahu manfaat besar yang didapatkan dari rutin melakukan gerakan squat

Apa saja manfaat rutin melakukan gerakan squat? Berikut ini penjelasannya.

Menambah Kekuatan Otot

Menambah kekuatan otot
Menambah kekuatan otot/ Foto: freepik.com/benzoix

Merutinkan squat bisa menambah kekuatan otot terlebih otot inti. Melansir dari laman Healthline, memiliki otot inti yang kuat dapat membuat gerakan sehari-hari seperti berputar, membungkuk, bahkan berdiri menjadi lebih mudah.

Tidak hanya itu, otot inti yang kuat dapat meningkatkan keseimbangan, mengurangi rasa sakit di punggung bagian bawah, dan juga memudahkanmu untuk mempertahankan postur yang baik.

Jika ingin tubuh lebih fleksibel untuk bergerak, maka kamu bisa tambahkan squat ke dalam rangkaian olahragamu ya, Beauties.

Mengurangi Risiko Cedera

Mengurangi risiko cedera
Mengurangi risiko cedera/ Foto: freepik.com/user18526053

Rutin squat juga bisa membantu mengurangi risiko cedera. Hal tersebut terjadi karena squat membantu memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah. Sehingga kamu mampu melakukan berbagai gerakan dan aktivitas yang didukung kekuatan dan keseimbangan yang cukup. 

Menggabungkan squat dalam olahraga rutin ikut membantu memperkuat tendon, ligamen, serta tulang sehingga membantu mengurangi risiko cedera pada tubuh.

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Lebih fleksibel
Lebih fleksibel/ Foto: freepik.com/benzoix

Squat memang memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan fleksibilitas tubuh. Melansir dari laman Urban Fitness, otot, tendon, dan ligamen kita menjadi kurang elastis seiring bertambahnya usia, sehingga melakukan semua yang kita bisa untuk memperlambat proses ini adalah ide yang bagus.

Squat secara teratur akan membuatmu lebih lentur dan menjadi lebih fleksibel karena latihan ini melibatkan pembengkokan dan peregangan otot-otot kaki. 

Dengan tubuh yang fleksibel, memungkinkanmu untuk lebih bebas bergerak, Beauties. Jadi, jangan lewatkan squat ya.

Membantu Membakar Banyak Kalori

Membakar banyak kalori
Membakar banyak kalori/ Foto: freepik.com/benzoix

Tidak hanya bagus untuk mempertahankan postur tubuh, squat juga efektif untuk membakar kalori. Tentunya hal tersebut tergantung dengan berat badan yang kamu miliki saat ini. Namun sebagai gambaran, melansir dari laman Burned Calories, kamu akan membakar sekitar 8 kalori untuk setiap menit melakukan squat dengan intensitas normal.

Jumlah rata-rata squat dalam satu menit adalah 25. Jika dihitung, ini berarti 1 squat (usaha sedang) sama dengan 0,32 kalori. Sehingga dengan 100 squat kamu akan membakar sekitar 32 kalori.

Wah, manfaat squat ternyata tidak main-main ya, Beauties. Namun kamu perlu perhatikan cara squat yang benar sebelum mempraktikannya ya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id