sign up SIGN UP

Jus Ceri Mengundang Banyak Manfaat, Ini 4 'Keajaiban' Jika Rutin Meminumnya Setiap Hari!

Zeyra Haya | Beautynesia
Selasa, 24 May 2022 08:00 WIB
Jus Ceri Mengundang Banyak Manfaat, Ini 4 'Keajaiban' Jika Rutin Meminumnya Setiap Hari!
caption

Jus buah adalah minuman sehat yang banyak dianjurkan untuk diminum secara rutin, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga dapat membantu dalam program diet. Meminum jus buah dapat membantu kita memenuhi kebutuhan vitamin sekaligus serat bagi tubuh.

Jika kamu sedang diet tapi ingin minum yang manis manis, jus buah dan smoothies bisa jadi jawabannya. Tak perlu khawatir akan kadar gula yang tinggi, sebaliknya manis alami fruktosa buah dalam jus justru dapat memenuhi kebutuhan glukosa dalam tubuh serta rendah kalori.

Sama seperti buah-buahan yang memiliki manfaat yang berbeda pada setiap jenisnya, beragam jus buah juga memberikan manfaat yang unik. Salah satunya adalah jus ceri.

Jus Terbaik untuk Diminum Setiap Hari, Ini 4 Keutamaan Jus Ceri

Tak terduga, buah ceri ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bahkan ahli gizi memilih jus ceri sebagai satu jenis jus buah yang paling baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Beauties, selain memiliki rasa yang lezat, jus ceri ternyata juga sangat baik untuk kesehatan. Melansir dari Eat This Not That, berikut adalah beberapa manfaat jus ceri bagi tubuh.

1. Meningkatkan Stamina

Kaya akan vitamin dan antioksidan, jus ceri baik untuk meningkatkan stamina tubuh/Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich
(Kaya akan vitamin dan antioksidan, jus ceri baik untuk meningkatkan stamina tubuh/Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Manfaat ceri bagi kesehatan ternyata bisa meningkatkan stamina dan performa olahraga kita. Sebuah meta-analisis dari 10 studi di Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa atlet meminum jus ceri tart selama 7 hari untuk meningkatkan kinerja daya tahan mereka.

Munculnya daya tahan tubuh disinyalir karena adanya konsentrasi tinggi antosianin, antioksidan kuat yang mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah ke otot pada buah ceri. Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa ceri asam mengurangi kelelahan dan meningkatkan pemulihan otot setelah latihan intensif.

2. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Potasium dalam ceri mampu mengatur tekanan darah, mengkonsumsi jus ceri sekaligus dapat menjaga kesehatan organ hati/Foto: pexels.com/R Khalil
(Potasium dalam ceri mampu mengatur tekanan darah, mengkonsumsi jus ceri sekaligus dapat menjaga kesehatan organ hati/Foto: pexels.com/R Khalil)

Buah ceri merupakan buah yang mengandung potasium tinggi. Dimana kandungan ini sangat baik untuk mengatur tekanan darah.

Sebuah studi membuktikan bahwa jus ceri asam dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Sebab ceri mengandung nutrisi seperti spolifenol dan kalium.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Membantu meningkatkan kualitas tidur, penderita insomnia sebaiknya minum jus ceri secara rutin/Foto: pexels.com/Tim Douglas
(Membantu meningkatkan kualitas tidur, penderita insomnia sebaiknya minum jus ceri secara rutin/Foto: pexels.com/Tim Douglas)

Manfaat jus ceri juga bisa dirasakan bagi kamu yang menderita insomnia. Karena ternyata, buah ceri juga mengandung zat Fitokimia yang dapat meningkatkan hormon tidur.

Fitokimia berlimpah yang ditemukan dalam jus ceri asam terbukti adalah melatonin. Yang mana adalah hormon pada manusia yang mengatur siklus tidur-bangun kita.

4. Mengurangi Risiko Peradangan Sendi

Manfaat jus ceri, membantu mengurangi resiko peradangan sendi/Foto: pexels.com/tugay aydin
(Manfaat jus ceri, membantu mengurangi risiko peradangan sendi/Foto: pexels.com/tugay aydin)

Manfaat ceri bagi kesehatan juga tak hanya menjaga kesehatan organ dalam, tapi juga bagi kesehatan sendi. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi jus ceri ternyata dapat mengurangi risiko peradangan sendi.

Studi yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition menemukan bahwa konsumsi harian jus ceri tart secara signifikan meningkatkan semua gejala radang sendi serta evaluasi kualitas hidup. Penelitian lain menunjukkan bahwa meminum jus ceri dengan porsi yang sesuai secara rutin dapat menurunkan protein C-reaktif (CRP), penanda peradangan.

Beauties, itulah beberapa keutamaan dan manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi jus ceri. Tertarik mencobanya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id