sign up SIGN UP

Bisa Bikin Diet Gagal, Stop Lakukan 5 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur Ya, Beauties!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 24 May 2022 21:30 WIB
Bisa Bikin Diet Gagal, Stop Lakukan 5 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur Ya, Beauties!
caption
Jakarta -

Banyak hal yang menentukan keberhasilan diet seseorang. Spesialnya, setiap orang memiliki indikator yang berbeda-beda. Bahkan dari hal-hal kecil yang mungkin setiap hari dilakukan. Salah satunya ialah kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur.

Secara harfiah, tidur merupakan waktu di mana kita mengistirahatkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Orang dewasa perlu mendapatkan setidaknya tujuh jam per malam untuk mempertahankan kesehatan.

DietIlustrasi makan malam. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

Di lain sisi, ada hal-hal atau kebiasaan kecil yang tidak kita sadari bisa merusak waktu tidur. Waktu tidur yang rusak bisa berpengaruh pada banyak hal. Kegagalan diet adalah salah satunya.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak waktu tidur dan dietmu yang dihimpun dari Eat This. Stop mulai hari ini, ya, Beauties.

Makan Besar

Akan lebih baik kalau kamu tidur tidak dalam keadaan kelaparan, tapi perlu diingat bahwa kamu juga nggak boleh tidur dalam keadaan terlalu kenyang. Saat kamu kekenyangan, tubuh kamu bekerja untuk mencernanya hingga larut malam dan hal tersebut bikin kamu ikut terjaga.

penyebab rambut rontok parah saat diet/ Foto: Pexels.com/ Ketut SubiyantoIlustrasi diet. / Foto: Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Dengan kata lain, semakin larut kamu tidur, semakin sedikit juga istirahat yang kamu dapatkan. Sebagai solusi, cobalah untuk makan makam dengan porsi yang hampir sama dengan sarapan dan makan siang kamu. 

Olahraga Terlambat

Olahraga memang mendukung program diet, tapi kamu perlu memperhatikan waktu olahraga dilakukan. Jangan sampai kamu melakukannya di waktu mendekati tidur. Pasalnya, hal ini bisa mengacaukan jam tidur kamu.

Kepribadian dari olahragaOlahraga. (Foto: Freepik @master1305)

Olahraga jelang waktu tidur dapat memberi energi pada tubuh kamu sehingga mungkin kamu malah nggak bisa bersantai ketika tiba waktunya memejamkan mata. Jadi, cobalah berolahraga setelah bekerja atau tengah hari jika jadwal kamu memungkinkan. 

Screen Time

Hal lain yang bisa membuat waktu tidurmu berantakan adalah screen time. Cahaya dari layar ponsel bisa menekan hormon melatonin yang berfungsi untuk memicu tidur. Jika kamu masih ingin main handphone sebelum tidur, cobalah untuk meredupkan kecerahan ponsel hingga paling minimal.

mencegah kulit leher kendurScreen time. (Foto: Pinterest.com/stocksyunited)

Setelah itu, matikan ponsel kira-kira 20 menit sebelum tidur. Di hari selanjutnya, tingkatkan jeda waktu antara waktu main handphone dan waktu tidur sampai kamu bisa menjauhkan handphone 1-2 jam sebelumnya.

Tidak Mempersiapkan Makan Siang

Mempersiapkan makan siang sesuai dengan porsi diet adalah salah satu kunci penurunan berat badan. Kegagalan bisa dimulai ketika kamu tidak mempersiapkannya pada malam hari. Jika sudah demikian, kemungkinan besar kamu akan menyantap makanan fancy di luar.

mencegah kulit leher kendurIlustrasi mempersiapkan makan siang. / Foto: Nisrina Salsabila

Jadi, gunakan waktu malam sebelum tidur untuk memasak makanan untuk beberapa hari ke depan, seperti misalnya dada ayam, sayuran panggang, atau salad lentil dan quinoa yang mudah dibuat dalam jumlah besar. 

Makan Makanan Pedas

Makanan pedas memang bisa meningkatkan metabolisme kamu. Namun, kalau kamu mengonsumsinya menjelang tidur, hal tersebut justru bisa merusak upaya kamu untuk tidur.

Top view Ilustrasi makanan pedas. / Foto: Getty Images/iStockphoto/JoZtar

Menurut Isabel Smith, MS, RD, CDN, ahli diet terdaftar dan pendiri Isabel Smith Nutrition, kepada Eat This, rempah-rempah seperti cabai rawit dan Tabasco tidak hanya meningkatkan metabolisme, tetapi juga membuat darah kamu mengalir sehingga mengganggu waktu tidur.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id