sign up SIGN UP

5 Alasan Pegiat Diet, Yulia Baltschun, Menolak Keras Diet Tya Ariestya

Dian Aprilia | Beautynesia
Jumat, 05 Mar 2021 20:00 WIB
5 Alasan Pegiat Diet, Yulia Baltschun, Menolak Keras Diet Tya Ariestya
caption
Jakarta -

Influencer dan Youtuber Yulia Baltschun belum lama ini mengunggah IGTV di akun instagramnya. Video tersebut bertajuk, “Diet Tya Ariestya Blacklist Aja!!!” yang berisi argumentasi menolak keras diet ala Tya Ariestya.

Mulanya Yulia­­­ Baltschun tidak ingin turut mengomentari diet yang dinilai ekstrem tersebut, sebab sudah terlalu sering terjadi di Indonesia. Namun, ia merasa sangat perlu angkat bicara karena munculnya buku diet ala Tya Ariestya yang berisi banyak informasi menyesatkan dan dinilai berbahaya jika dicontoh oleh masyarakat.

Yulia mengakui kalau dirinya belum membaca buku tersebut secara keseluruhan dan hanya mengetahui beberapa cuplikan yang diunggah di akun twitter @gizipedia. Namun dari cuplikan tersebut, secara umum ia sudah tidak sepakat dengan isi dan anjuran diet di dalamnya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 alasan Yulia Baltschun menolak keras diet ala Tya Ariestya:

Diet Tersebut Khusus untuk Tya 

Yulia
Yulia/instagram.com/yuliabaltschun/

Keganjilan pertama yang diungkap Yulia tentang isi buku Diet Tya adalah disclaimer yang terdapat dalam buku tersebut. Tya menyebutkan bahwa cara diet tersebut spesifik untuk dirinya sendiri dan dalam pengawasan dokter. Menanggapi disclaimer tersebut Yulia mengaku bingung karena tujuan buku diperuntukkan agar bisa dicontoh orang banyak. Kalau ingin membuat buku untuk diri sendiri, Yulia menganjurkan seharusnya bukan buku tips diet melainkan biografi.

"Ada ditulis kalau ini tuh sebenarnya khusus, specifically dibikin khusus untuk teteh Tya nya aja, jadi bukan untuk diikuti publik," tegas Yulia.

"Kalau bukan untuk diikuti publik ngapain di-print di buku, dijual, udah jelas-jelas bakal diikutin, itu enggak masuk akal," tambahnya.

Sayur Bisa Menghambat Penurunan Berat Badan

Tya Ariestya
Tya Ariestya/instagram.com/tya_ariestya/

Selain itu, dalam buku tersebut juga memberikan statement bahwa sayur bisa menghambat penurunan berat badan, sebagaimana anjuran dari dokter yang mengawasi diet Tya. Meski begitu, Tya juga mengungkapkan bahwa dirinya memang tidak suka sayuran.

"Itu mah benar-benar berdasarkan keputusan pribadi, dibikin buku. Itu sebenarnya enggak bisa dijadikan buku. Karena kalau buku itu harus berlaku untuk semua orang," kata Yulia.

Jumlah Kalori yang Dikonsumsi Tidak Sesuai dengan Kebutuhan

Jumlah asupan kalori yang dikonsumi Tya saat diet pun dinilai Yulia tak masuk akal karena tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh wanita dewasa. Bahkan Yulia juga turut membandingkan dengan asupan kalori sang anak.

"Secara general yang aku lihat dari Twitter yang paling aku nggak suka itu pertama adalah kalorinya ekstrem banget. Itu sama anak aku Maoka, kalori yang dimakan sama balita itu lebih banyak yang dimakan balita daripada yang di situ," ujar Yulia tegas.

Cara Diet Tya Bisa Bikin Gangguan Kesehatan

Tya Ariestya
Tya Ariestya/instagram.com/tya_ariestya/

Melengkapi penolakannya terhadap diet Tya, Yulia juga membeberkan fakta dampak negatif yang bisa dialami oleh wanita jika mengikuti diet tersebut. Di antaranya adalah rambut rontok, menstruasi tidak teratur, BAB tidak teratur, mudah lemas, resiko terjadi mandul dan lainnya.

Tidak Sepakat dengan Diet Bukan Personalnya

Yulia
Yulia/instagram.com/yuliabaltschun/

Terakhir, Yulia menegaskan bahwa dirinya bukan membenci secara personal pembuat buku, hanya saja tidak sepakat dengan isi atau tips diet di dalamnya.

“Aku bukan haters yang ingin ngebenci orangnya, aku mah biasa-biasa aja sama mereka, cuma pas ngelihat isi konten bukunya yang ambigu dan membahayakan, jatuhnya membahayakan (karena dicetak dan dijual)," pungkas Yulia.

[Gambas:Instagram]

Itulah 5 alasan Yulia menolak tips diet yang dituliskan Tya Ariestya dalam bukunya. Selain itu Yulia juga berjanji pada masyarakat akan memberikan penjelasan yang lebih gamblang dan komprehensif mengenai isi buku Tya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id