STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Cara Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Intan Dwi | Beautynesia
Jumat, 05 Feb 2021 20:00 WIB
5 Cara Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika kamu ingin meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana tubuh kamu melawan penyakit. Meskipun memperkuat kekebalan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi beberapa pola makan dan gaya hidup dapat memperkuat pertahanan alami tubuh.

Selain itu, juga dapat membantu kamu melawan patogen berbahaya atau organisme penyebab penyakit. Berikut ini ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Tidur yang cukup

Tidur dan kekebalan tubuh sangat erat kaitannya, karena faktanya kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.
Tidur yang cukup/pexels.com

Tidur dan kekebalan tubuh sangat erat kaitannya, karena faktanya kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Dalam sebuah penelitian, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malamnya.

Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami tubuh kamu. Jika mengalami kesulitan tidur, coba batasi waktu memainkan gadget karena cahaya yang dipancarkan dari gadget dapat mengganggu ritme sirkadian atau siklus bangun-tidur alami tubuh kamu.

Batasi konsumsi gula

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gula dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi secara tidak proposional terhadap kelebihan berat badan dan obesitas.
Batasi konsumsi gula/freepik.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gula dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi secara tidak proporsional terhadap kelebihan berat badan dan obesitas. Sedangkan obesitas sendiri juga dapat meningkatkan berbagai resiko penyakit.

Membatasi asupan gula dapat mengurangi peradangan dan membantu penurunan berat badan, sehingga mengurangi resiko kondisi kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Kamu harus berusaha membatasi asupan gula hingga kurang dari 5% dari kalori harian kamu.

Konsumsi makanan nabati utuh

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, syauran, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan patogen berbahaya.
Konsumsi makanan nabati utuh/freepik.com

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan patogen berbahaya. Antioksidan dalam makanan ini membantu mengurangi peradangan dengan melawan senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, alzheimer dan kanker tertentu. Sementara, serat dalam makanan nabati memberi makan mikrobioma usus atau komunitas bakteri sehat di usus kamu. Selain itu, buah dan sayuran kaya nutrisi seperti vitamin C yang dapat mengurangi gejala flu.

Tetap terhidrasi

Hidrasi tidak selalu melindungi kamu dari kuman dan virus, tetapi mencegah hidrasi penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Tetap terhidrasi/freepik.com

Hidrasi tidak selalu melindungi kamu dari kuman dan virus, tetapi mencegah hidrasi penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambar kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, serta fungsi jantung dan ginjal.

Untuk mencegah dehidrasi, kamu harus minum cukup cairan setiap hari untuk membuat urin berwarna kuning pucat. Meskipun jus dan teh mani juga menghidrasi, lebih baik batasi keduanya karena kandungan gulanya yang tinggi.

Melakukan olahraga ringan

Meskipun olahraga intens dalam waktu lama dapat menekan sistem kekebalan, tetapi olahraga ringan dapat meningkatkannya.
Melakukan olahraga ringan/pexels.com

Meskipun olahraga intens dalam waktu lama dapat menekan sistem kekebalan, tetapi olahraga ringan dapat meningkatkannya. Sebuah studi menunjukkan bahwa satu sesi olahraga ringan dapat meningkatkan efektivitas vaksin pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu.

Terlebih lagi dengan olahraga teratur dan ringan dapat mengurangi peradangan dan membantu sel kekebalan kamu beregenerasi secara teratur.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE