sign up SIGN UP

5 Hal Tak Terduga yang Buat Perut Buncit Sulit Hilang

Dyah Arum Narwastu | Beautynesia
Senin, 20 Sep 2021 09:00 WIB
5 Hal Tak Terduga yang Buat Perut Buncit Sulit Hilang
caption
Jakarta -

Perut buncit bisa membuat penampilan perempuan ataupun laki-laki jadi tidak maksimal. Belum lagi, resiko gangguan penyakit yang datang karena perut buncit. Sebenarnya, perut buncit bisa hilang dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Tapi, ada beberapa hal kecil yang masih sering dilakukan dan membuat perut buncit susah hilang.

1. Makan Terburu-buru

Manfaat Makan Secara Perlahan/ Foto: unsplash.com/Alex HaneyMakan terburu-buru/ Foto: unsplash.com/Alex Haney

Makan terburu-buru ternyata bisa memicu badan jadi lebih gemuk dan perut lebih buncit. Penyebabnya, makan terburu-buru akan menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh akan melonjak secara drastis dan memicu obesitas.

Selain itu, makan terburu-buru berarti kita tidak memberi kesempatan tubuh mengirim sinyal kenyang ke otak. Padahal, setidaknya tubuh perlu waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal itu. Akibatnya, kita mungkin akan mengonsumsi makanan dengan jumlah lebih besar dari apa yang semestinya kita konsumsi.

2. Makan Tidak Teratur

Tubuh manusia punya sistem yang bekerja secara konsisten. Saat tiba jam makan, tubuh akan mengirimkan sinyal lapar dan meminta kamu untuk mengonsumsi makanan secukupnya hingga merasa kenyang.

Sayangnya, beberapa orang masih suka mengabaikan jam makan yang teratur. Mereka bisa saja tidak sarapan di pagi hari atau justru makan siang lebih siang dari biasanya. Kebiasaan ini akan membuat tubuh jadi bingung dan memicu porsi makan berlebih. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki jam makan yang teratur.

3. Malas Bergerak

Berkurangnya semangat dalam beraktivitas menjadi salah satu tanda burnout ketika pikiran sudah sesak dengan rutinitas yang ada.Malas bergerak/ Foto: Freepik.com

Berolahraga setiap hari mungkin berat dilakukan oleh sebagian besar orang. Namun setidaknya, jangan malas untuk bergerak. Biasakanlah untuk mau berjalan keluar rumah untuk mengambil paket. Jangan malas untuk bergerak membersihkan rumah setiap hari.

Meskipun bukan gerakan intensitas tinggi, namun memastikan tubuh tetap bergerak akan membantu melancarkan metabolisme tubuh yang mempermudah proses diet kamu.

4. Batasi Cemilan

Kamu mengurangi porsi makan tapi masih mengonsumsi banyak cemilan? Maka diet kamu akan sia-sia. Cemilan memang terasa tidak mengenyangkan perut. Namun, kalori dalam cemilan bisa jadi lebih tinggi daripada satu piring nasi. Maka, bijaklah dalam memilih dan membatasi menu makanan dan cemilan kamu ya, Beauties.

5. Awali Sesi Makan dengan Sayur dan Buah

makan buah dan sayurmakan buah dan sayur/ freepik.com/ kamranaydinov

Apakah kamu biasa mengonsumsi sayur bersamaan dengan menu utama? Atau kamu makan buah sebagai makanan penutup? Mulai sekarang, coba ubah kebiasaan itu. Konsumsilah sayur dan buah sebagai makanan pembuka. Setelah itu, baru konsumsi makanan utama.

Mengonsumsi sayur dan buah sebagai sesi pembuka makan akan membuat nutrisinya terserap lebih maksimal. Selain itu, kamu juga akan lebih cepat merasa kenyang sehingga membatasi konsumsi makanan lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id