STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Tidak Cepat Ngantuk Selama Berpuasa

Adinda Rizki | Beautynesia
Sabtu, 30 Apr 2022 22:00 WIB
5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Tidak Cepat Ngantuk Selama Berpuasa

Waktu sahur menjadi salah satu waktu terpenting bagi orang yang berpuasa, sebab makanan yang dikonsumsi saat sahur bisa menentukan apakah seseorang akan kuat menjalankan puasanya hari itu atau tidak. Selain itu, sahur juga menjadi kunci agar tetap bertenaga saat berpuasa seharian.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur, di mana kebanyakan orang akan memakan apapun asalkan dapat membuat perut menjadi kenyang.

Padahal, ada beberapa makanan yang disarankan untuk tidak dikonsumsi saat sahur lho, Beauties, karena makanan tersebut justru akan membuat tubuh terkuras energinya dan mengakibatkan jadi cepat mengantuk dan haus.

Makanan apa saja ya kira-kira yang harus dihindari ketika sahur?

Gorengan

Gorengan disarankan untuk dihindari dikonsumsi saat sahur
Makanan yang dihindari saat sahur adalah gorengan/food.detik.com

Pada dasarnya, gorengan memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung minyak yang berlebihan, di mana kadar lemaknya pun juga tinggi sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh.

Dengan ini, ketika sahur kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi gorengan ya, Beauties. Ini karena butuh gula darah dan energi yang banyak untuk mencerna gorengan, dan hal inilah yang mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah.

Selain itu, mengonsumsi gorengan juga dapat membuat aliran darah pada tangan dan kaki menjadi menurun yang kemudian akan menimbulkan rasa ngantuk.

Makanan Manis

Selain gorengan, makanan manis juga dihindari dikonusmsi saat sahur agar tidak mudah ngantuk
Makanan yang dihindari saat sahur adalah makanan yang manis/pexels.com

Tidak hanya ketika berbuka puasa saja, saat sahur pun makanan manis menjadi pilihan favorit bagi segelintir orang. Padahal, makanan manis tidak baik untuk dikonsumsi saat sahur lho, Beauties.

Karena keberadaan gula dalam makanan manis akan memberikan asupan tenaga yang melonjak tetapi hanya dalam beberapa saat saja, yang setelah itu akan membuat energi tubuh terkuras. Oleh karena itu, makanan manis tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur.

Daging Merah

Daging merah tidak disarankan dikonsumsi saat sahur karena mengandung lemak
Makanan yang dihindari saat sahur adalah daging terutama daging merah/pexels.com

Sama halnya dengan gorengan yang mengandung lemak sehingga sulit untuk dicerna oleh tubuh, ternyata daging khususnya daging merah juga memiliki sifat yang sama nih, Beauties.

Daging merah pada dasarnya memiliki kandungan lemak yang banyak dan jika mengonsumsinya maka tubuh akan membutuhkan banyak energi untuk mencernanya.

Memang sebenarnya daging disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang berpuasa, tetapi usahakan untuk jangan mengonsumsinya saat sahur ya, karena jika daging merah dikonsumsi saat sahur dapat menyebabkan kelelahan dan mudah ngantuk saat siang hari.

Makanan dengan Kandungan Zat Besi yang Rendah

Hindari makan makanan yang memiliki kandungan zat besi yang rendah saat sahur agar tidak mudah ngantuk
Makanan yang dihindari saat sahur adalah makanan dengan kandungan zat besi yang rendah/pexels.com

Selanjutnya, makanan yang yang perlu dihindari saat sahur agar tidak cepat ngantuk adalah makanan yang kandungan zat besinya rendah. Orang yang berpuasa sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi agar tidak mudah merasa lelah dan lesu.

Makanan yang kandungan zat besinya rendah, akan membuat tubuh menyerap seluruh nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, oleh karena itu ketika sahur perlu memakan makanan yang mengandung zat besi karena zat ini berperan dalam menyerap energi dari makanan yang dikonsumsi sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Adapun makanan yang tinggi akan zat besi adalah kacang-kacangan dan bayam.

Makanan/ Minuman Berkafein

Bersifat diuretik, makanan dan minuman berkafein disarankan untu dihindari saat sahur
Makanan yang dihindari saat sahur adalah makanan berkafein/pexels.com

Dan terakhir, makanan yang tidak disarankan dan perlu dihindari untuk dikonsumsi saat sahur agar ketika berpuasa tidak mudah ngantuk adalah makanan atau minuman yang berkafein seperti cokelat ataupun kopi dan teh, karena jenis makanan ini bisa bersifat diuretik pada tubuh manusia, yang akan meningkatkan rasa ingin buang air kecil.

Selain itu, makanan atau minuman yang berkafein akan menguras energi orang yang mengonsumsinya, di mana pada awalnya kafein akan memberikan dorongan energi yang kuat namun kemudian akan menukik sehingga malah akan membuat lelah dan cepat mengantuk.

Kemudian, karena kafein memiliki sifat yang diuretik atau dapat menyebabkan dehidrasi, mengonsumsi makanan atau minuman berkafein akan membuat orang menjadi lebih haus saat berpuasa.

Itu dia lima jenis makanan yang disarankan untuk dihindari dikonsumsi saat sahur, karena dipercaya dapat membuat lebih cepat ngantuk ketika berpuasa di siang hari. Setelah mengetahui informasi ini, jangan konsumsi lagi kelima makanan di atas saat sahur ya, Beauties!

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE