STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Hati-hati, Stres Bisa Picu Datangnya Jerawat! Simak Penjelasan Dokter untuk Cek Cara Atasi yang Tepat

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 03 Nov 2022 17:15 WIB
Hati-hati, Stres Bisa Picu Datangnya Jerawat! Simak Penjelasan Dokter untuk Cek Cara Atasi yang Tepat

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang bisa dialami siapa saja. Salah satu pemicunya disebabkan meningkatnya produksi hormon kortisol, yang kemudian merangsang kelenjar minyak pemicu munculnya jerawat. Demikian menurut dr. Hari Darmawan Sp.KK, tim dokter dari Halodoc lewat kesempatan B-Speak Up 'Kenali Munculnya Jerawat Stres', Rabu (2/11) lalu.

Nah, kamu saat ini pun mungkin penasaran, apa sih bedanya jerawat yang dikarenakan stres dan bukan stres? Dan mungkinkah seharusnya kita tidak perlu stres agar jerawat tidak muncul?

"Secara bentuknya hampir nggak bisa dibedakan antara jerawat yang dikarenakan stres atau bukan (stres). Namun kita bisa memprediksi berdasarkan munculnya kapan. Kalau jerawat stres itu kan jerawat hormonal. Kalau perempuan, misalnya mendekati mau menstruasi," kata dr. Hari.

"Saat mau mendekati menstruasi juga perlu diperhatikan gaya hidupnya agar tidak mendukung datangnya jerawat. Misalnya tidak mengkonsumsi makanan pemicu seperti makanan yang manis-manis, gorengan, juga makanan tidak sehat lainnya."

Ilustrasi perempuan dengan masalah jerawatIlustrasi perempuan dengan masalah jerawat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

Untuk itu, Beauties, sebaiknya kamu tidak terlalu menuruti 'ngidam' makanan dan minuman tidak sehat saat PMS, ya! dr. Hari juga mengungkap, jerawat memang bisa terjadi pada semua kalangan juga di posisi wajah mana pun.

Posisi jerawat di manapun itu, menurut dr. Hari tidak ada arti apapun seperti pertanda penyakit tertentu lho, Beauties! Selain itu kita juga perlu menyadari, misalnya jerawat muncul di area dahi namun daerah lain bersih? Kamu perlu mengecek, karena bisa jadi karena poni yang kotor. Lalu daerah pipi dan hidung, bisa karena kamu belum mengganti masker.

Cara Mengatasi Jerawat yang Dipicu Stres

Untuk mengatasi jerawat yang dipicu stres, yang perlu kamu lakukan selain menggunakan skincare yang memang diperuntukkan untuk acne, kamu juga perlu mengimbangi dengan hal lain. Saran dr. Hari adalah melakukan manajemen stres, artinya kamu perlu mengelola stres dengan baik sebab masalah atau tekanan tidak bisa dihilangkan selama kita masih hidup, Beauties.

"Kamu bisa melakukan hobi misalnya. Dengan begitu, bisa membuat hormon lebih stabil, jadi jerawat tidak mudah muncul," kata dr. Hari.

Selain itu faktor gaya hidup sehat juga mendukung, dengan memilih makanan yang sehat setiap hari. Namun bila jerawatnya masih ada terus, ditambah skincare yang kamu beli tidak cocok, pentingnya mendapat bantuan dari dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Beauties, masih banyak hal seru dan tentunya lebih lengkap terkait jerawat dan stres yang dibahas di B-Speak Up kemarin. Kamu bisa menonton siaran ulangnya di Instagram Beautynesia, lho!

[Gambas:Instagram]

Promo Seru dari Halodoc!

Jangan lewatkan juga promo seru dari Halodoc! Pada periode 1-4 November ada Festival Sehat khusus untuk Ibu dan Anak! Banyak diskon spesial s/d 45% untuk berbagai macam kebutuhan produk sehat untukmu, mulai dari oil & balm, vitamin, skin & daily care, obat-obatan, dan banyak lagi.

Ada juga diskon 25% untuk chat dokter spesialis, nih! Dari Dokter Kandungan, Spesialis Anak, hingga Psikolog Anak + Psikolog Klinis.

Sst, kamu juga bisa dapet tambahan diskon, lho!


Skincare + produk Ibu & Anak
Diskon Rp10rb
Kode: BNATIONCANTIK

Gratis Ongkir*
Diskon Rp21rb
Kode: BNATIONONGKIR

Diskon Chat Dokter*
Pakai Kode: BNATIONCHAT
Dapatkan Diskon 10% dengan maks. diskon Rp10rb!

Tunggu Apalagi, Yuk, Cek Sekarang!

*khusus pengguna baru
Cek di sini 👉 https://halodoc.onelink.me/cQvV/beautynesia

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE