sign up SIGN UP

5 Kiat Sederhana Mengelola Pikiran Negatif yang Lagi Dirasakan agar Hidup Lebih Bahagia

Novianty Aulia | Jumat, 14 Jan 2022 09:45 WIB
5 Kiat Sederhana Mengelola Pikiran Negatif yang Lagi Dirasakan agar Hidup Lebih Bahagia
caption

Terjebak dalam bayang-bayang pikiran negatif menjadi salah satu jawaban mengapa bahagia sulit untuk kamu rasakan. Terlalu banyaknya pikiran-pikiran tidak baik, membuat fokus utama jadi teralihkan sehingga rutinitas keseharian yang seharusnya terselesaikan bisa menjadi terbengkalai.

Meskipun tampak biasa, ketidakberhasilan mengelola pikiran negatif rupanya dapat membawa dampak merugikan untuk diri kamu sendiri. Selain jauh dari kata bahagia, pikiran negatif dapat menghambat kualitas hidup karena perasaan cemas yang terus menerus kamu rasakan.

Sebelum hal-hal tidak baik lainnya terjadi, ada baiknya kamu memahami cara mengelola pikiran negatif tersebut. Berikut ini Beautynesia telah merangkum 5 kiat mengurangi pikiran negatif agar hidup terasa lebih bahagia.

Tuangkan Pikiran pada Tulisan

Mencurahkan isi pikiran ke dalam tulisan dapat memberikan perasaan tenang.
Curahkan pikiran ke dalam tulisan/Foto:Freepik.com/Freepik


Meskipun terlihat sederhana, menulis menjadi tempat terbaik untuk mencurahkan pikiran serta perasaan tidak baik yang kamu rasakan. Begitu pikiran tersebut dituangkan sebagai kata-kata, maka secara perlahan hal-hal tersebut tergantikan urgensinya dengan pikiran lain yang lebih baik.

Segeralah mengambil pulpen serta kertas setiap kali pikiran-pikiran tersebut muncul. Jangan lupa sematkan pula sedikit kata-kata positif sebagai bentuk dukungan untuk diri kamu sendiri. Jika rutin dilakukan, kegiatan menulis dapat membantu melepaskan beban dan membuat harimu lebih tenang. 

Selektif dalam Memilih Tayangan Informasi

Hindarilah informasi yang dapat mengacaukan pikiran dan membuat perasaan tidak tenang.
Menghindari informasi yang bermuatan negatif/Foto:Freepik.com/Rawpixel.com


Melansir dari laman Forbes, terbiasa menikmati berita negatif dapat memberikan pengalaman negatif dan perasaan buruk di sepanjang hari. Sebaliknya, penerimaan konten informasi secara positif dapat meningkatkan produktivitas sekaligus, karena perasaan serta pikiran yang lebih bahagia.

Oleh karena itu, selalu bijaklah dalam memilah mana informasi yang perlu di konsumsi dan mana yang tidak. Jauhi pemberitaan serta kabar yang dapat mengacaukan pikiran. Penyebaran informasi memang tidak bisa diatur, namun kamu tetap bisa mengendalikan apa yang seharusnya kamu terima. 

Berteman dengan Orang-orang yang Positif

Bangun hubungan pertemanan yang positif agar mendapatkan manfaat yang baik dan hidup lebih bahagia.
Kelilingi diri dengan lingkungan pertemanan yang positif/Foto:Freepik.com/


Percaya atau tidak, lingkungan pertemanan juga berpengaruh terhadap kualitas pikiran positif serta kepribadian dari diri kamu sendiri. Seperti mengutip dari laman Mayo Clinic, hidup terasa lebih menyenangkan ketika kamu dikelilingi oleh orang-orang positif yang dapat memberikan saran serta umpan balik yang bermanfaat.

Sebaliknya, berhubungan dengan orang yang negatif dapat membawa dampak yang kurang baik terhadap kehidupanmu. Tidak menutup kemungkinan pikiran negatif dapat bertambah banyak dikarenakan sikap tidak baik yang kamu terima dari orang terdekat. Tingkat stres dapat meningkat dan hidup terasa jauh dari kata bahagia.

Rutin Melakukan Meditasi

Merelaksasi pikiran dengan meditasi
Mencapai ketenangan batin dengan melakukan meditasi/Foto:Freepik.com/Freepik


Tidak hanya berbicara tentang kesehatan fisik, kegiatan meditasi juga menawarkan manfaat untuk menjaga ketenangan batin. Melansir dari laman Insider, meditasi menjadi ajang untuk merelaksasi pikiran sehingga segala sesuatunya terasa mudah dan lebih bahagia ketika dijalani.

Luangkanlah waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk diri sendiri beristirahat dan menjernihkan pikiran. Carilah tempat yang sesuai dan hindarilah gangguan sehingga kegiatan meditasi berjalan secara tenang dan nyaman. Selain lebih bahagia, kebiasaan ini dapat membentuk perspektif baru yang lebih positif akan segala hal.

Jangan Lupa Cintai Diri Sendiri

Sebelum mencintai orang lain, belajarlah untuk mencintai dirimu terlebih dahulu.
Cintai dirimu sendiri/Foto:Freepik.com/Wayhomestudio


Jika rasanya mudah bagi kamu untuk memberikan perhatian bagi orang lain, maka hal yang sama juga harus kamu lakukan untuk dirimu sendiri.

Beauties, seringkali kamu tak sadar bahwa kebahagiaan yang tidak kamu dapatkan justru datang dari sendiri. Beragam pikiran buruk sulit dihilangkan karena tidak adanya usaha dari diri kamu sendiri untuk membatasi hal tersebut.

Oleh karena itu, mulailah untuk selalu mencintai dan memperhatikan kondisi dari diri kamu sendiri. Bebaskan diri dari kesalahan masa lalu yang membuatmu sulit menerima dan terus beranggapan negatif atas apa yang kamu lakukan.

Seperti yang dilansir dari laman Healthy Me PA, kekuatan yang kamu miliki dapat terlihat sehingga segala hal akan terlalui dengan bahagia ketika kamu mencintai diri sendiri.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id