sign up SIGN UP

5 Makanan Ini Perlu Mulai Dikurangi Porsinya karena Jadi Pemicu Meningkatnya Gula Darah di Usia Muda, Catat Daftarnya!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Selasa, 04 Jan 2022 10:00 WIB
5 Makanan Ini Perlu Mulai Dikurangi Porsinya karena Jadi Pemicu Meningkatnya Gula Darah di Usia Muda, Catat Daftarnya!
caption

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Penyakit ini sebenarnya tidak memandang usia, lho! Dimana penyakit diabetes melitus dapat menyerang semua golongan usia, termasuk anak muda. 

Anak usia muda bisa mengalami diabetes, jika gaya hidup mereka tidak dijaga dengan pola makan yang sehat, Beauties. Menghindari hal ini, yuk simak apa saja deretan makanan yang sebaiknya dikurangi porsinya karena jika berlebihan dapat memicu peningkatan gula darah. Simak selengkapnya di sini ya!

1. Nasi Putih

makanan
makanan/ Foto: pexels.com/ nasi rama tria wijaya

Meskipun nasi merupakan makanan pokok sehari-hari, namun porsinya harus tetap dijaga. Alasannya adalah nasi putih merupakan jenis makanan tinggi karbohidrat namun rendah serat, sehingga dapat diproses menjadi gula lebih cepat dan diserap ke dalam darah. Proses ini pun mengakibatkan peningkatan gula darah.

Alternatif pengganti nasi putih bagi para anak muda yang ingin memiliki gaya hidup sehat adalah memilih nasi merah. Melansir dari Healthline, nasi merah dianggap memiliki lebih banyak nutrisi, serat, dan memiliki Indeks Glikemik (GI) yang lebih rendah daripada nasi putih. 

GI yang tinggi seperti dalam nasi putih menjadi penyebab utama kenaikan gula darah dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko mengalami penyakit diabetes. 

2. Makanan Instan

makanan
makanan/ Foto: https://www.instagram.com/indomie/?hl=id

Siapa nih yang masih sering mengonsumsi makanan instan? Makanan yang satu ini memang sangat nikmat dinikmati, tapi mulai sekarang perlu dikurangi ya. Sebab, pada dasarnya makanan instan terdiri dari kandungan gula, lemak, dan karbohidrat yang tinggi. Sehingga hal ini dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. 

Apalagi jika sering dikonsumsi, besar kemungkinan berat badanmu akan naik karena tingginya asupan gula, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, risiko terjadinya diabetes pun akan meningkat. 

3. Daging Merah, Termasuk Daging Olahan

makanan
makanan/ Foto: pexels.com/ Geraud Pfeiife

Suatu penelitian dari Harvard Edu menunjukkan bahwa konsumsi makanan daging merah, terutama daging olahan setiap hari akan meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2 hingga 2 kali lipat. Daging merah pasalnya mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi

Kadar lemak yang tinggi ini akhirnya memicu peningkatan gula darah. Maka, untuk mencegah kenaikannya yang drastis, bisa diselingi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Contoh makanan yang mengandung kadar protein yang tinggi adalah dada ayam, telur, tahu, oats, kacang-kacangan, dan lain-lain.

4. Roti Putih 

makanan
makanan/ Foto: pexels.com/ Cats Coming

Roti putih juga merupakan makanan yang perlu dihindari dalam porsi besar, karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga, roti jenis ini lebih cepat diolah dalam tubuh, dan meningkatkan gula darah. 

Pengganti roti putih yang sangat populer dikonsumsi banyak kalangan adalah roti gandum. Roti jenis gandum ini pasalnya lebih banyak mengandung serat, protein, dan vitamin, serta lebih rendah kalori, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan diet atau bagi penderita diabetes. 

5. Buah Kering

makanan
makanan/ Foto: pexels.com/ Naim Banjelloun

Buah kering yang biasanya ditemukan dalam makanan kalengan memiliki kadar gula yang tinggi. Contohnya, buah kismis atau anggur kalengan yang dijual di supermarket sebagai topping salad atau minuman. 

Maka, Beauties pun harus cermat dalam memilih dan mengonsumsi buah-buahan. Hindari mengonsumsi buah kering kalengan, dan perbanyak konsumsi buah-buahan segar yang memiliki kandungan rendah gula, seperti stroberi, apel, pir, jeruk, dan lain-lain.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id