sign up SIGN UP

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksinasi Covid-19

Budi Rahmah Panjaitan | Sabtu, 26 Jun 2021 20:15 WIB
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksinasi Covid-19
caption

Vaksinasi covid-19 merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk memberantas virus corona. Hingga saat ini, proses vaksinasi terus dilakukan hingga ke seluruh penjuru Negeri. Namun di samping itu, tidak sedikit pula pro kontra yang terjadi di masyarakat. Hal tersebut terkait dengan kekhawatiran untuk menjalani vaksinasi karena adanya isu efek samping.

Meski demikian, harus dipahami bahwa pada dasarnya, vaksinasi dilakukan dengan tujuan memperkebal sistem imun sehingga lebih kebal terhadap virus. Tentu saja hal ini baru bisa didapatkan apabila vaksin bisa bekerja maksimal usai disuntikkan.

Oleh karenanya, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksin covid-19, karena dapat membantu pembentukan antibodi  pascavaksinasi dan sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh. Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Sup Ayam

Sup ayam mengandung protein tinggi yang baik dikonumsi setelah vaksin covid-19/freepik.com
Sup ayam, makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksin Covid-19/Foto: freepik.com

Makanan pertama yang baik dikonsumsi setelah vakin covid-19 adalah sup ayam. Hidangan satu ini mampu menyediakan protein tinggi yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus memperkuat antibodi. Adapun bahan-bahan pelengkap seperti bawang, seledri, wortel juga baik sebagai sumber zat besi, beta karoten, kalium dan juga mineral.

Sebagaimana yang diketahui, beta karoten bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai radikal bebas. Tidak sampai di situ saja, kaldu sup ayam juga membantu melegakan pernapasan sekaligus menghidrasi. Selain itu, juga mendukung pemulihan yang cepat untuk nyeri pada lengan dan tubuh serta demam sebagai beberapa efek samping vaksinasi.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan baik dikonsumsi setelah vaksin covid-19/freepik.com
Kacang-kacangan, makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksinasi covid-19/Foto: freepik.com

Selanjutnya ada kacang-kacangan yang juga baik dikonsumsi setelah vaksinasi covid-19. Kacang-kacangan dapat menjadi sumber mineral dan vitamin untuk mendukung sistem imun tubuh. Selain itu, bahan makanan yang satu ini juga membantu memelihara kesehatan jantung.

Bahkan, menurut studi ‘The American Journal of Clinical Nutrition’ pada tahun 2016, orang yang secara rutin mengonsumsi kacang cenderung lebih jarang mengalami peradangan atau inflamasi. Meski demikian, pilihan kacangnya juga harus disesuaikan. Beberapa yang dianjurkan adalah mete, kenari, pistachio dan juga almond.

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk tubuh usai vaksin covid-19/freepik.com
Buah dan sayur/Foto: freepik.com

Bahan alami yang kaya akan serat ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi usai vaksin covid-19. Nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan penyakit secara lebih baik.

Buah dan sayur juga dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan produktivitas sel darah putih. Sementara itu, sayuran hijau dikenal kaya dengan antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas dan penyakit lainnya.

4. Ikan yang Mengandung Lemak Sehat

Ikan berlemak sehat mengandung omega-3 yang baik bagi tubuh/freepik.com
Ikan berlemak sehat/Foto: freepik.com

Ikan dengan kandungan lemak sehat juga baik dikonsumsi setelah mendapatkan vaksinasi covid-19. Beberapa ikan seperti tuna dan salmon dikenal dengan kandungan omega 3 nya yang baik untuk jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah plak serta mengurangi peradangan dalam tubuh.

Selain tuna dan salmon, ikan lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah sarden, herring dan juga makerel. Ikan-ikan ini juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan.

5. Makanan yang Bersifat Anti Inflamasi

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk meminimalkan peradangan/freepik.com
Kunyit, makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksin Covid-19/Foto: freepik.com

Nah, satu lagi jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah mendapatkan vaksin covid-19 adalah makanan yang bersifat anti inflamasi. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah kunyit. Bahan makanan ini menjadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan.

Untuk bisa mendapatkan khasiat anti inflamasinya, kamu bisa memasukkan bumbu dapur satu ini ke dalam makanan yang sedang dimasak. Pilihan lainnya adalah menjadikan kunyit sebagai bahan minuman yang menyehatkan. Selamat mencoba.


Our Sister Site

mommyasia.id