sign up SIGN UP

5 Manfaat Tersembunyi dari Rajin Mengonsumsi Cokelat, Salah Satunya Beneran Bikin Cerdas?

aqillah diaz | Beautynesia
Jumat, 04 Mar 2022 10:00 WIB
5 Manfaat Tersembunyi dari Rajin Mengonsumsi Cokelat, Salah Satunya Beneran Bikin Cerdas?
caption

Beberapa orang menganggap bahwa cokelat merupakan makanan yang harus dihindari karena dapat menaikkan berat badan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa cokelat merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh banyak orang, mengingat rasanya yang manis dan tentunya dapat membuat mood meningkat.

Cokelat berasal dari tanaman kakao yang memiliki kandungan mineral dan antioksidan tinggi. Cokelat memiliki kandungan antioksidan, yakni polifenol dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas dan mengatasi penuaan dini.

Nggak hanya cokelat batangan saja yang memiliki banyak manfaat dan bisa kamu konsumsi, tetapi cokelat panas juga bisa lho. Tak hanya dapat meningkatkan mood, tetapi mengonsumsi cokelat juga dapat meningkatkan kecerdasan. Berikut penjelasannya, Beauties!

1. Meningkatkan Mood

Meningkatkan mood / foto : pexels.com/JuliaAvamotive
Meningkatkan mood / foto : pexels.com/JuliaAvamotive

Pertama, sudah banyak diketahui bahwa cokelat dapat meningkatkan mood boster seseorang. Ternyata hal ini dikarenakan cokelat memiliki kandungan psychoactive yang dapat memperbaiki mood, serta kandungan ini juga dapat merangsang hormon endorphin di otak sehingga dapat memunculkan dan meningkatkan perasaan bahagia.

Bahkan menurut beberapa penelitian, mengonsumsi cokelat dalam waktu 2 x 24 jam dapat mengurangi terjadinya risiko depresi. Bagi kamu para perempuan yang sedang mengalami PMS, ada baiknya untuk mengonsumsi cokelat agar dapat mengembalikan mood yang jelek dan mendatangkan rasa nyaman, serta rileks.

2. Dapat Membuat Otak Makin Cerdas

Dapat Membuat Otak Makin Cerdas / foto : pexels.com/Monstera
Dapat Membuat Otak Makin Cerdas / foto : pexels.com/Monstera

Dilansir dari detikHealth, mengonsumsi cokelat secara rutin juga dapat meningkatkan fungsi otak dan hal ini dikarenakan kandungan flavanol dalam cokelat memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Sifat tersebut yang dapat memperlancar aliran darah ke otak, sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan fokus. Selain itu, kandungan flavonal juga dapat berperan dalam meningkatkan memori. 

Kandungan kafein di dalam cokelat juga memiliki manfaat untuk membuatmu menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi, sehingga dapat membantu proses belajar dengan cepat. 

Cokelat putih dipercaya mampu meningkatkan tingkat dopamin di otak dan berbagai tingkatan cokelat lainnya juga memiliki manfaat yang baik untuk kecerdasan otak. 

3. Menurunkan Risiko Demensia dan Alzheimer

Menurunkan Risiko Demensia dan Alzheimer / foto : pexels.com/Monstera
Menurunkan Risiko Demensia dan Alzheimer / foto : pexels.com/Monstera

Cokelat juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi kognitif pada pasien yang menderita gangguan kognitif ringan yang man akondisi ini merupakan salah satu kondisi seseorang yang mudah lupa atau pikun, atau bisa disebut demensia dan termasuk penyakit Alzheimer. Nah, karena seiring bertambahnya usia maka fungsi kognitif seseorang akan menurun, sehingga kandungan flavanoid di dalam cokelat dapat melindungi otak dari penurunan fungsi tersebut.

Kandungan flavanoid dalam cokelat ini juga dapat mencegah terbentuknya plak amyloid yang dapat merusak otak seseorang yang menderita Alzheimer.

4. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Mengurangi Risiko Serangan Jantung / foto : pexels.com/EnginAkyurt
Mengurangi Risiko Serangan Jantung / foto : pexels.com/EnginAkyurt

Kemudian, cokelat juga memiliki manfaat dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung. Kandungan flavanoid di dalam cokelat dapat memproduksi nitrit oksida sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat.

Usahakan pilih dark chocolate, karena dark chocholate dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 57%. Dengan mengonsumsi cokelat lima kali seminggu, maka dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Tapi ingat, perhatikan takaran mengonsumsinya ya!

5. Mengontrol Nafsu Makan

Mengontrol Nafsu Makan / foto : pexels.com/Adrienn
Mengontrol Nafsu Makan / foto : pexels.com/Adrienn

Ternyata mengonsumsi cokelat nggak selamanya bikin berat badan naik, lho. Faktanya cokelat dapat menekan rasa lapar dan menurut penelitian mengonsumsi dark chocolate dapat menurunkan nafsu makan lebih baik daripada milk chocolate.

Hal ini dikarenakan dark chocholate memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi dan juga mengandung lemak sehat dari mentega kakao, serta lemak dari mentega kakao dapat diserap tubuh dan dapat membantu melepaskan hormon rasa kenyang. 

Itulah beberapa manfaat cokelat yang ternyata nggak hanya dapat meningkatkan mood tetapi juga dapat membuatmu lebih cerdas dan membantu daya ingat, seperti yang dilansir juga dari Medical News Today. Bagaimana, masih takut mengonsumsi cokelat yang ternyata dapat meningkatkan kecerdasan otak ini, Beauties?

[Gambas:Video Beautynesia]

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id