sign up SIGN UP

5 Pengaruh Negatif Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental, Saat Kamu Tidak Bijak Menggunakannya!

Octavia Tunggal Dewi | Jumat, 29 Oct 2021 21:30 WIB
5 Pengaruh Negatif Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental, Saat Kamu Tidak Bijak Menggunakannya!
caption

Menggunakan media sosial secara berlebihan dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan mental kamu lho. Media sosial sering dikaitkan sebagai salah satu faktor pemicu depresi dan gangguan kecemasan.

Munculnya kondisi kejiwaan yang kurang baik dapat disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda. Lalu apa saja pengaruh negatif media sosial bagi kesehatan mental? Berikut pengaruh negatif media sosial terhadap kesehatan mental. Simak yuk!

1. Depresi

Depresi
Depresi/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Dampak media sosial terhadap kesehatan mental yang pertama yaitu dapat memicu depresi. Tidak jarang seseorang merasa iri dengan kehidupan orang lain melalui media sosial.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh hal yang berkaitan dengan tekanan sosial untuk mengikuti dan membagikan berita terkini. Selain itu dapat pula disebabkan oleh rasa iri atas pencapaian orang lain.

2. Gangguan Tidur

Gangguan tidur
Gangguan Tidur/Foto: Freepik.com/Karlyukav

Media sosial juga merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan tidur. Rasa kecanduan membuka media sosial terus-menerus sehingga keasyikan bermain media sosial dan mengalami insomnia.

Menurut peneliti senior Brian Primack, media sosial terkadang dapat membuat penggunanya penuh emosi marah maupun senang ketika membahas sesuatu di media sosial.

3. Cyberbullying

Cyberbullying
Cyberbullying/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com

Cyberbullying merupakan sebuah tindak kekerasan yang menggunakan media sosial sebagai alat utama untuk melecehkan, mengancam, menghujat, serta mengejek orang lain. Hal ini tentunya dapat mengganggu kesehatan mental seseorang yang di bully.

Tindakan cyberbullying ini dapat menyerang psikis dan depresi bagi para korban, maka dari itu media sosial dan kesehatan mental sangat erat kaitannya.

4. Bunuh Diri

Bunuh diri
Bunuh Diri/Foto: Freepik.com/8photo

Media sosial juga dapat berpengaruh pada tindakan bunuh diri. Karena media sosial mempengaruhi kesehatan mental seperti aktivitas cyberbullying, pelecehan, rasa iri yang memicu depresi tahap berat yang meningkatkan rasa ingin mengakhiri hidup. Maka dari itu, gunakan media sosial secara bijak dan jangan berlebihan ya.

5. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain
Membandingkan Diri dengan Orang Lain/Foto: Freepik.com/Jcomp

Setiap orang tentunya pernah membandingkan dirinya dengan orang lain. Baik itu fisik, materi, pencapaian, hubungan percintaan, dan lain sebagaianya.

Di zaman sekarang ini media sosial menjadi sarana utama bagi hampir sebagian besar orang membandingkan diri dengan orang-orang di media sosial. Rasa iri tersebut  tentunya hal buruk yang dapat mengganggu kesehatan mental seseorang.

Beauties, itu dia dampak dan pengaruh buruk media sosial terhadap kesehatan mental jika tidak digunakan secara bijak. Maka dari itu, gunakan media sosial seperlunya secara bijak.

Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain sebab setiap orang tentunya akan memberikan yang terbaik untuk di share kepada orang lain tanpa kita tahu bagaimana kondisi yang sebenarnya. Keep healthy to your mental, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id