STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Tanda Secara Emosional Kamu Lagi Tidak Sehat, Tidak Menyukai Diri Salah Satunya

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 28 Nov 2022 10:00 WIB
5 Tanda Secara Emosional Kamu Lagi Tidak Sehat, Tidak Menyukai Diri Salah Satunya

Pada dasarnya, kesehatan emosional sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ya, keduanya juga acap kali terkait satu sama lain. Saat kondisi fisik sehat, maka itu akan turut mempengaruhi kesehatan emosioal, dan demikian sebaliknya. Ketika kamu tidak sehat secara emosional, biasanya akan terlihat gejala-gejala fisik pada tubuh.

Saat kamu menganggap kesehatan emosional itu penting, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami diri. Oleh sebab itu tanda kamu tidak sehat secara emosional perlu diketahui. Dikutip dari laman Psych2go, berikut adalah beberapa tanda kamu tidak secara emosional.

1. Menarik Diri dari Sebagian Besar Situasi

Ilustrasi mengisolasi diri/ Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi mengisolasi diri/ Foto: Freepik.com/benzoix

Tanda pertama dari emosional yang tidak sehat adalah menarik diri dari sebagian besar situasi. Dengan kata lain sering disebut dengan mengisolasi diri. Memang tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dan menjauhkan diri dari situasi tertentu.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah jika hal itu sering dilakukan dan dalam durasi lama. Terlalu Banyak isolasi dapat menjadi tanda peringatan depresi. Menarik diri dari aktivitas menyenangkan dan tidak bersosialisasi dengan keluarga dan teman dapat menyebabkan kesepian.

2. Berbohong Pada Diri Sendiri

 

Ilustrasi membohongi diri/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi membohongi diri/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Konteks berbohong pada diri sendiri di sini berarti bahwa kamu mencoba menekan perasaan yang ada. Saat kondisi kamu tidak baik-baik saja, kamu coba membohongi diri dengan memaksakan untuk terlihat baik-baik saja. Hal ini mengakibatkan kamu mengabaikan perasaan negatif yang sebenarnya ada.

Melakukan hal ini terus menerus bisa membuat kamu semakin memendam hal negatif yang sewaktu-waktu bisa pecah menjadi sesuatu yang lebih negatif. Oleh karenanya, cobalah memahami setiap emosi yang muncul. Akuilah dan jangan membohongi diri sendiri.

3. Membiarkan Dendam Menguasai Diri

Ilustrasi memendam dendam/ Foto: Freepik.com/jet-po
Ilustrasi memendam dendam/ Foto: Freepik.com/jet-po

Munculnya emosi negatif berkaitan erat dengan persoalan yang dihadapi. Ada kalanya dalam hidup seseorang harus berhadapan dengan situasi tidak mengenakkan. Mungkin bertengkar atau bahkan sakit hati kepada orang lain sehingga muncul perasaan dendam.

Sayangnya, membiarkan perasaan dendam terus menerus itu tidak baik. Dia adalah jenis emosi negatif yang apabila selalu dipikirkan dan membelenggu diri akan menguras banyak energi. Hal ini juga memungkinkan untuk mempengaruhi kesehatan emosional.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE