sign up SIGN UP

6 Kebiasaan Anak Muda yang Bikin Sakit Pinggang, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 20:00 WIB
6 Kebiasaan Anak Muda yang Bikin Sakit Pinggang, Ada yang Sering Kamu Lakukan?
Kebiasaan anak muda yang menyebabkan sakit pinggang/Foto: Freepik/@stefamerpik

Sakit pinggang atau yang disebut juga dengan nyeri punggung adalah suatu kondisi di mana tubuh pada bagian bawah tulang belakang terasa nyeri. Melansir dari CNN Indonesia, dalam sebuah studi menunjukkan 80 persen orang pernah atau akan mengalami sakit pinggang dalam hidup mereka.

Meskipun biasanya usia yang rentan terkena penyakit ini dimulai dari rentang usia 30 atau 40 tahun, namun sekarang ini, sakit pinggang juga banyak ditemui pada anak muda. Penyebab sakit pinggang yang terjadi pada anak muda bisa bermacam-macam. Salah satu penyebabnya adalah karena pola kebiasaan sehari-hari yang mereka jalani.

Nah, kira-kira kebiasaan anak muda seperti apa saja yang bisa menyebabkan sakit pinggang? Berikut 6 kebiasaan yang menyebabkan sakit pinggang pada anak muda. Check it out!

Terlalu Banyak Duduk

Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan sakit pinggang
Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan sakit pinggang/Foto: Freepik/Freepik

Terlalu banyak duduk bisa menyebabkan sakit pinggang karena ini membuat otot dan sendi menjadi kaku. Apalagi jika posisi duduknya membungkuk. Melansir dari detikHealth, duduk membungkuk dapat membuat pergerakan berlawanan dari arah tulang belakang dan dapat memberikan tekanan lebih besar pada pinggang bawah. Untuk menghindarinya kamu dapat melakukan peregangan pada tubuh setiap 30-60 menit sekali.

Jarang Olahraga

Olahraga bisa meningkatkan stabilitas pada otot pinggang sehingga mencegah terjadinya sakit pinggang
Olahraga bisa meningkatkan stabilitas pada otot pinggang sehingga mencegah terjadinya sakit pinggang/Foto: Pexels/Jonathan Borba

Kebiasaan satu ini seperti sudah mendarah daging pada anak muda zaman sekarang. Padahal dengan berolahraga kamu dapat meningkatkan stabilitas pada otot pinggang sehingga mencegah terjadinya sakit pinggang. Jika kamu merasa sangat malas untuk berolahraga, kamu bisa melakukan beberapa latihan kecil, seperti berjalan kaki, naik sepeda, atau berenang. Dengan begitu kesehatan pinggangmu akan tetap terjaga.

Membawa Banyak Barang di Dalam Tas

Membawa banyak barang di dalam tas bisa menyebabkan sakit pinggang
Membawa banyak barang di dalam tas bisa menyebabkan sakit pinggang/Foto: Pexels/Gustavo Fring

Sebagai anak muda terkadang sulit untuk mensortir barang apa saja yang akan di masukkan ke dalam tas sehingga sering kali mereka memasukkan beberapa barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Membawa banyak barang di dalam tas dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada punggung dan pinggang. Inilah mengapa banyak anak muda yang mengeluh sakit pinggang usai membawa tasnya.

Merokok

Merokok bisa menyebabkan sakit pinggang
Merokok bisa menyebabkan sakit pinggang/Foto: Freepik/@nensuria

Beauties, tahukah kamu jika merokok bisa memicu terjadinya sakit pinggang? Menurut spesialis rehabilitasi, Anand Navarasala, DO, FAAPMR, sebagaimana yang dilansir dari Franciscan Health, merokok dapat menyebabkan peningkatan nyeri punggung berdasarkan beberapa tingkat yang berbeda.

Ini terjadi karena kandungan nikotin pada rokok yang dapat membatasi aliran darah ke cakram untuk melindungi tulang belakang.

"Merokok sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan cakram karena kurangnya pertukaran nutrisi, khususnya di mana tulang bertemu dengan cakram tulang belakang," kata Dr. Navarasala.

Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan tidak sehat bisa menyebabkan sakit pinggang
Pola makan tidak sehat bisa menyebabkan sakit pinggang/Foto: Freepik/@wayhomestudio

Kebiasaan dalam memilih makanan dapat mempengaruhi kesehatan pinggang, lho, Beauties! Seperti yang kamu ketahui bahwa kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih menyukai makanan instan atau cepat saji sehingga pola makan mereka menjadi tidak sehat.

Jika kamu tidak ingin merasakan sakit pinggang maka jagalah pola makanmu dengan memilih makanan sehat, seperti protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan seperti alpukat, sayuran, dan salmon. Pastikan juga untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi harianmu, seperti kalsium, fosfor, dan vitamin D.

Kebiasaan Tidur yang Salah

Posisi tidur yang tidak benar bisa menyebabkan sakit pinggang
Posisi tidur yang tidak benar bisa menyebabkan sakit pinggang/Foto: Freepik/@tirachardz

Kebiasaan tidur yang salah dapat menyebabkan pinggang menjadi sakit. Pada umumnya, posisi tidur yang baik untuk tubuh adalah posisi telentang. Jika kamu memiliki masalah pada pinggang saat tidur maka cobalah untuk menyelipkan bantal di antara kaki.

Tujuannya adalah untuk menekan pinggul dan pinggang bagian belakang. Dengan begitu, tidurmu akan menjadi lebih nyaman bahkan metode ini juga baik digunakan untuk perempuan yang sedang hamil.

Nah, Beauties itulah tadi 6 kebiasaan anak muda yang bisa menyebabkan sakit pinggang. Adakah kebiasaan di atas yang sering kamu lakukan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id