sign up SIGN UP

Nggak Hanya Turunkan Berat Badan, 3 Jenis Diet Ini Juga Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak!

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 09:30 WIB
Nggak Hanya Turunkan Berat Badan, 3 Jenis Diet Ini Juga Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak!
Diet untuk kesehatan otak/foto: freepik.com/freepik

Diet sering kali dikaitkan dengan penurunan berat badan. Meskipun benar, hal tersebut tidak selamanya berlaku demikian, Beauties. Tidak jarang diet juga dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap fit menjalani aktivitas.

Selain itu, kesehatan otak menjadi salah satu keuntungan dari melakukan diet, tentunya dengan cara yang tepat dan tidak menyiksa. Memberikan kesempatan untuk organ paling penting dalam tubuh bekerja lebih maksimal juga membantu mengurangi kadar stres dan risiko pikun.

Dikutip dari Very Well Mind, kamu bisa melakukan tiga jenis diet sehat yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan namun juga membangkitkan stimulan otak. Cara di bawah ini bisa kamu coba, Beauties. Dijamin tidak menyiksa tubuh, kok!

Diet Mediterania

Menjaga kesehatan otak dengan diet mediterania yang mengurangi asupan daging dan gula.
Diet untuk kesehatan otak/foto: freepik.com/atlascompany

Melakukan diet Mediterania mengajak kamu mengurangi konsumsi daging dan gula yang tidak hanya berdampak kurang baik pada otak, tapi juga jantung. Kamu bisa mengganti kebutuhan nutrisi harian menggunakan makanan nabati seperti, sayur, biji-bijian, dan buah-buahan.

Mengonsumsi susu masih diperbolehkan, Beauties. Asal dengan ketentuan cukup dan tidak berlebih. Bagaimanapun tubuh tetap memerlukan lemak untuk diproses sebagai energi dalam beraktivitas.

Kesehatan otak akan lebih terjaga dengan tercegahnya penurunan fungsi kognitif. Jenis diet ini sangat cocok untuk menghindari adanya gangguan memori jangka pendek dan kesulitan mencerna informasi.

Diet Ketogenik

Diet ketogenik yang mengurangi asupan karbohidrat diganti dengan konsumsi lemak dan protein.
Diet untuk kesehatan otak/foto: freepik.com/timolina

Meningkatkan kualitas kognitif dapat juga dilakukan dengan diet ketogenik yang mengurangi konsumsi karbohidrat. Bukan berarti dihilangkan, kamu hanya perlu mengurangi besaran jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi, sama halnya dengan melakukan penurunan berat badan.

Makanan yang bisa menjadi asupan nutrisi untuk dikonsumsi sehari-hari bisa berupa telur, daging, ikan, keju, sayuran hijau. Agar seimbang kurangi nasi, makanan tinggi gula, umbi-umbian, dan lemak tidak sehat, seperti mayonaise.

Diet DASH

Selain mengonsumsi buah dan sayur, gandum juga dapat dijadikan pilihan ketika melangsungkan diet.
Diet untuk kesehatan otak/foto: freepik.com/pch.vector

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) merupakan salah satu cara menjaga kesehatan otak dengan melakukan pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi. Di mana tekanan darah tinggi sendiri mampu memberikan efek tidak baik pada neurologis. Tidak hanya penurunan kognitif, tapi juga stroke dan demensia.

Pola diet ini mendorong kamu untuk membiasakan konsumsi rendah lemak dan rendah sodium, Beauties. Kurangi makanan dengan lemak jenuh dan gantikan dengan sayur, buah-buahan, juga susu rendah lemak.

Kamu juga perlu membatasi natrium atau garam dalam makanan yang dikonsumsi. Tidak kalah penting juga mengurangi makanan berkadar gula tinggi. Gandum dan daging ikan jauh lebih cocok apabila kamu bosan dengan sayur dan buah.

Tiga jenis diet di atas tidak hanya membantu memaksimalkan kesehatan otak, tapi juga mencegah adanya gangguan hipertensi sekaligus menurunkan berat badan. Pastikan kebutuhan nutrisi tercukupi agar energi dalam melangsungkan aktivitas tetap terpenuhi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id