sign up SIGN UP

6 Kesalahan yang Bikin Pemakaian Masker Tidak Efektif Cegah Virus Corona

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Rabu, 16 Mar 2022 06:00 WIB
6 Kesalahan yang Bikin Pemakaian Masker Tidak Efektif Cegah Virus Corona
caption

Terbiasa dengan kondisi pandemi dan menggunakan masker tiap hari, tampaknya belum menjadi jaminan berlangsungnya protokol kesehatan sudah diterapkan secara tepat. Pasalnya, yang kerap banyak ditemui ialah kesalahan dalam memakai masker.

Alih-alih memproteksi diri, masker yang digunakan secara sembarang justru mengundang beragam virus masuk, sehingga tubuh mudah terinfeksi karena perlindungan yang tidak tepat.

Nah, agar efektivitas masker tetap terjaga, perlu dihindari beberapa kesalahan fatal ketika memakai masker, Beauties. Merangkum dari laman Forbes, berikut 6 kekeliruan penggunaan masker yang membuat virus justru mudah masuk ke dalam tubuh. 

Tidak Menutup Sampai ke Batang Hidung

Tidak hanya lubang hidup, masker harus menutup bagian pangkal hidung agar terlindungi secara sempurna.
Tidak tertutupnya pangkal hidung memungkinkan masuknya virus ke dalam tubuh/Foto:Freepik.com/Freepik


Jika kamu berpikir tertutupnya lubang hidung ketika menggunakan masker itu sudah cukup untuk mencegah virus, maka anggapan tersebut ialah salah.

Penggunaan masker tidaklah hanya diperuntukkan untuk menutupi bagian bawah hidung, ataupun mulut, tetapi juga harus sampai ke bagian batang hidung. Selain karena wujud dari virus Corona yang begitu kecil, bagian hidung dapat menjadi jalur utama dari masuknya berbagai virus berbahaya ke dalam tubuh.

Karenanya dibutuhkan proteksi yang tepat untuk menutup jalur tersebut. Tidak tertutupnya bagian hidung secara sempurna membuat virus mudah menyerang tubuh dan menularkannya kepada orang lain.

Memakai Masker dengan Ukuran yang Tidak Sesuai

Masker terlalu besar ataupun kecil dapat membawa banyak kerugian untuk kamu.
Ketidaksesuain ukuran masker dapat mempermudah masuknya virus/Foto:Freepik.com/Freepik


Sekalipun terlihat sederhana, kekeliruan dalam memilih ukuran masker dapat menjadi penyebab utama tertularnya virus Corona. Tidak rapatnya masker dalam menutupi hidung serta mulut, membuat udara di sekitar mudah terhirup, sehingga semakin mudahnya partikel-partikel virus masuk ke dalam tubuh.

Dalam kasus lain, masker yang terlalu kecil juga membuat kamu kesulitan bernapas, terasa tercekik bahkan merusak kesehatan kulit wajah. Oleh karenanya, pastikan masker yang kamu pilih pas untuk wajah dan segeralah perbaiki ukuran masker, ketika mendatangkan rasa tidak nyaman saat dipakai.

Menyentuh Masker Terlalu Sering

Terlalu sering menyentuh masker terlebih menggunakan tangan yang tidak bersih membawa dampak berbahaya.
Masker yang disentuh berulang dapat terkontaminasi bakteri/Foto:Freepik.com/Freepik


Sebisa mungkin cobalah untuk tidak terlalu sering menyentuh masker ketika sedang berada di luar ruangan. Tanpa disadari, tangan yang telah menyentuh banyak permukaan benda-benda lain, dapat membawa beragam macam bakteri serta kotoran, yang berpotensi pindah dan menempel ke permukaan masker.

Masker yang seharusnya menahan udara-udara kotor malah terkontaminasi dan membawa virus tersebut masuk ke dalam tubuh. Jika masker terasa perlu dibenarkan, pastikan tangan sudah dibersihkan sebelum menyentuh masker. Jangan sampai kesalahan sederhana ini menjadi awal masalah tertularnya Covid-19 ke dalam tubuhmu.

Posisi Masker Terbalik

Fungsi utama dari masker dapat hilang ketika posisi saat dikenakan tidak benar.
Posisi masker yang tidak tepat dapat menghilangkan fungsi dari masker tersebut/Foto:Freepik.com/Azerbaijan_stock


Banyak sekali informasi tidak valid yang cepat menyebar dan sayangnya langsung dipercaya oleh masyarakat, salah satunya penggunaan masker dengan cara dibalik. Kekeliruan yang kerap dilakukan oleh sebagian orang ini, nyatanya membawa banyak dampak merugikan.

Salah satunya, mempermudah masuknya virus Corona ke dalam tubuh. Perbedaan fungsi dari setiap lapisan masker tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya karena posisi masker yang tidak benar saat dipakai.

Selain kehilangan fungsinya, masker yang digunakan secara terbalik juga menimbulkan sensasi tidak nyaman dan tentunya mengganggu kamu ketika beraktivitas di tengah pandemi.

Menggunakan Masker yang Sama Berulang Kali

Masker kotor menjadi sarang tertimbunnya bakteri serta virus
Menggunakan makser yang sudah tidak layak/Foto:Freepik.com/Olezhkalina


Segala bentuk permukaan yang kotor tentunya menjadi sarang dari berbagai bakteri, tak terkecuali pada masker yang biasa kita pakai. Sayangnya, beberapa dari kamu kerap menyepelekan hal tersebut dan terbiasa menggunakan masker yang sama secara berulang tanpa dibersihkan secara tepat.

Beauties, setiap masker memiliki ketahanan yang berbeda dalam menyaring partikel bakteri serta virus yang tersebar. Semakin sering digunakan, efektivitas masker dalam menahan partikel akan menurun sehingga udara-udara kotor dapat masuk ke paru-paru tanpa disaring terlebih dahulu.

Akibatnya, virus mudah masuk karena protokol kesehatan yang tidak kuat tersebut.

Menaruh Masker di Bawah Dagu

Dagu dapat menjadi tempat bersarangnya virus serta penyakit. Ketika masker diletakan di dagu maka virus tersebut dapat berpindah.
Menarik masker ke bawah dagu membuat masker kotor/Foto:Freepik.com/Mandriapix


Dengan berbagai alasan, sebagian orang memilih untuk menarik masker ke bawah dagu ketimbang harus melepaskannya. Terlebih pada beberapa kondisi seperti ketika mengobrol, makan di kafe ataupun menyetir, menurunkan masker dirasa lebih praktis untuk dilakukan.

Faktanya, dagu merupakan bagian yang mudah terekspos membuat segala bakteri serta virus dapat menempel dengan mudah. Virus yang terbawa oleh masker akhirnya masuk melalui mulut serta hidung dan mengakibatkan infeksi serta penularan yang berbahaya untuk tubuh.

Nah, dari daftar kesalahan pakai masker di atas, mana yang kerap kamu lakukan? Jangan diteruskan lagi ya, Beauties..

--- 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id