STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Makanan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen dan Menjaga Elastisitas Kulit

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 22 Aug 2022 18:30 WIB
6 Makanan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen dan Menjaga Elastisitas Kulit

Kolagen merupakan jenis protein dalam tubuh yang berpengaruh pada kekuatan pada kulit, seperti kekenyalan atau peregangan kulit. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan memproduksi lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan kekuatan kulit melemah sehingga munculnya keriput. 

Oleh sebab itu, banyak beredar suplemen kolagen yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh untuk menjaga kekencangan kulit. Nah, selain mengkonsumsi suplemen, ternyata ada makanan yang secara alami dinilai dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. 

Penasaran dengan jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh? Cek artikel di bawah ini ya, Beauties! 

1. Daging Ikan 

Daging Ikan
Daging Ikan/foto: pexels.com/Stephen Andrews

Ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen, yang menjadikannya sumber alami zat pengencang kulit. Melansir dari laman Eat This, menurut sebuah penelitian di jurnal Food and Nutrition Sciences, kolagen dari ikan diserap 1,5 lebih cepat oleh tubuh, karena memasuki aliran darah pada tingkat yang lebih cepat. 

Oleh sebab itu, kolagen dari ikan atau kerang lebih disukai banyak orang dibandingkan sumber kolagen dari sapi atau daging lainnya. 

2. Putih Telur

Putih Telur
Putih Telur/foto: pexels.com/Los Muertos Crew

Bagian putih telur memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk pengaruhnya pada kulit. Hal ini disebabkan oleh asam amino yang menjadi zat untuk memproduksi kolagen banyak ditemukan pada putih telur, demikian seperti yang dilansir dari laman Holland and Barret.

Selain itu, putih telur memiliki kemampuan untuk mengurangi penuaan dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. 

3. Tomat 

Tomat
Tomat/foto: pexels.com/PhotoMIX Company

Salah satu faktor yang dapat merusak serat kolagen pada kulit wajah adalah paparan sinar matahari. Tomat mengandung asam amino dan vitamin C yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari

Tomat juga memiliki likopen dalam jumlah besar yang kaya akan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Demikian yang dilansir pada laman Medium

4. Buah Sitrus 

Buah Sitrus
Buah Sitrus/Foto : pexels.com/Dids

Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin C memiliki peran penting untuk merangsang produksi kolagen pada tubuh. Oleh sebab itu, banyaknya asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh sangat penting dan harus terpenuhi. 

Melansir dari laman Healthline, buah sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, lemon, atau limau memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat merangsang produksi kolagen pada tubuh. Buah sitrus dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman segar atau bisa juga dijadikan topping makanan. 

5. Kaldu Tulang 

Kaldu Tulang
Kaldu Tulang/foto: pexels.com/Bluebird Provisions

Selain makanan yang cocok dikonsumsi saat kondisi badan kurang sehat, kaldu tulang mengandung asam amino yang tinggi dan berpengaruh pada produksi kolagen pada tubuh. Sayangnya pengolahan kaldu tulang memakan waktu yang cukup lama. Namun, Beauties bisa dengan mudah menemukan kaldu tulang dalam kemasan.

6. Bawang Putih 

Bawang Putih
Bawang Putih/Foto : pexels.com/Cats Coming

Tidak hanya untuk menambah rasa pada masakan, mineral yang terkandung pada bawang putih memiliki pengaruh pada kesehatan kulit. Melansir dari laman Whats Good, bawang putih mengandung banyak sulfur yang merupakan mineral untuk meningkatkan produksi kolagen dan mempertahankan elastisitas kulit. 

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE