sign up SIGN UP

6 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Lakukan dengan Rutin!

ira syafira | Beautynesia
Minggu, 13 Jun 2021 10:15 WIB
6 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Lakukan dengan Rutin!
caption
Jakarta -

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda untuk mengawali hari mereka, ada yang mengawali dengan secangkir kopi atau mungkin teh panas. 

Namun, beberapa pakar ahli menyebutkan bahwa pagi hari seseorang sangat disarankan untuk mengonsumsi air hangat terlebih dahulu. Air hangat di pagi hari bisa membantumu untuk memulai hari yang lebih sehat. Memang manfaat yang kamu rasakan tidak akan instan, tapi jika rutin dilakukan, maka perlahan manfaat tersebut akan mulai bisa kamu rasakan.

Daripada makin penasaran tentang apa aja manfaat minum air hangat di pagi hari, yuk kita bahas bersama melalui rangkuman berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Foto: Mencegah Penuaan Dini/freepik.com
Foto: Mencegah Penuaan Dini/freepik.com

Siapa sih perempuan yang pengen wajahnya terlihat tua saat usianya masih muda? Pasti tidak ada yang menginginkan hal ini. Namun, kamu harus mengerti, racun dalam tubuh bisa dengan mudah melakukan proses penuaan dini terjadi lebih cepat.

Ketika tubuhmu mulai menumpuk racun, tubuh akan mudah terserang penyakit dan mengalami penuaan. Nah, disini air hangat akan membantu membersihkan racun-racun dalam tubuhmu tersebut. Selain itu, minum air hangat di pagi hari juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit sehingga elastisitas kulitpun menjadi meningkat.

2. Meredakan Sakit Tenggorokan

Foto: Sakit Tenggorokan/freepik.com
Foto: Sakit Tenggorokan/freepik.com

Selain dikonsumsi biasa, kamu juga bisa mencampurkan air hangat dengan setengah sendok teh garam dapur. Diaduk hingga larut, kemudian gunakan untuk berkumur.

Rasa sakit pada tenggorokan biasanya disertai dengan peradangan atau pembengkakan, sehingga tenggorokan akan terasa lebih lega. Gunakan terus campuran air garam untuk berkumur 3 kali sehari selama 30 detik.

3. Melancarkan Pencernaan

Foto: Melancarkan Pencernaan/freepik.com
Foto: Melancarkan Pencernaan/freepik.com

Minum satu gelas air hangat di pagi hari akan membantu merangsang sistem pencernaan serta membantu tubuh untuk mencerna dan membuang sisa makanan dengan lebih lancar. 

Hal tersebut bisa terjadi karena, minuman hangat mempunyai efek vasodilator. Efek tersebut akan melebarkan pembuluh darah dan merangsang aliran darah agar bergegas ke otak. Selain efek vasodilator, minum air putih hangat juga bisa membantu untuk menghidrasi tubuh kamu. Tubuh jadi makin sehat dan pencernaanpun semakin lancar.

4. Membantu Menjaga Berat Badan

Foto: Menjaga berat badan/freepik.com
Foto: Menjaga Berat Badan/freepik.com

Mungkin kamu pernah mengetahui informasi bahwa, mengonsumsi air hangat di pagi hari bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Ternyata pernyataan tersebut benar adanya. Air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh kamu, dimana itu juga akan berpengaruh untuk meningkatkan metabolisme tubuhmu. Peningkatan aktivitas metabolik ini akan memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Untuk tambahannya, kamu bisa kombinasikan dengan lemon yang bisa mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi makanan. 

5. Meredakan Stres

Foto: Meredakan Stres/freepik.com
Foto: Meredakan Stres/freepik.com

Manfaat lain dari minum air hangat di pagi hari ialah membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini akan membuatmu merasa rileks dan meringankan stres serta rasa cemas. Hal ini pasti sangat dibutuhkan untuk tubuh di pagi hari bukan?

Air hangat ini pasti bisa membantumu untuk lebih bersemangat untuk menjalani hari. Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, kamu bisa coba konsumsi susu hangat untuk membantu tubuh merasa lebih tenang dan nyaman.

6. Mengatasi Sembelit

Foto: Mengatasi Sembelit/freepik.com
Foto: Mengatasi Sembelit/freepik.com

Sembelit merupakan masalah yang disebabkan oleh minimnya pergerakan di usus. Selain itu, bisa juga disebabkan tubuh yang kurang terhidrasi.

Memulai hari dengan minum air hangat, bisa membantu untuk memicu pergerakan di usus dan mengatasi masalah sembelit. Asupan hangat dari air yang kamu konsumsi bisa merangsang kerja peristaltik usus, sehingga pergerakan usus yang lambat bisa menjadi lebih cepat. Nah, selain lebih sehat, kamu juga bisa menjalani hari dengan tenang dan nyaman. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutinitas mengonsumsi air hangat di pagi hari. Pastikan mulai harimu dengan kebiasaan yang sehat, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id