sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Tips Mendapatkan Kulit Sehat Tanpa Skincare

Rani Mutiara | Rabu, 02 Jun 2021 14:15 WIB
5 Tips Mendapatkan Kulit Sehat Tanpa Skincare
caption
Jakarta -

Untuk mendapatkan kulit sehat, ternyata kamu tidak perlu terus-terusan mengeluarkan banyak uang untuk membeli skincare dan bisa dimulai dari memperhatikan kebiasaan kamu. Karena sebenarnya skincare hanyalah faktor pendukung saja dalam mendapatkan kulit yang sehat, sedangkan faktor utamanya dipengaruhi oleh kebiasaan kamu sendiri. 5 tips ini akan membantumu dalam mendapatkan kulit yang sehat.

Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

Minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu untuk menjaga kulit tetap sehat. Hal ini karena asupan air yang cukup dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga kelembaban kulit juga bisa terjaga. Jika kelembaban dan hidrasi kulit terjaga dengan baik, maka otomatis elastisitas kulit juga ikut terjaga.

Drinking | Freepik.com/pressfoto
Drinking | Freepik.com/pressfoto

Menjaga Pola Makan dan Pola Tidur

Pola makan dan tidur juga sangat berperan besar dalam kesehatan kulit kamu. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak dan makanan/minuman yang manis-manis maka tidak baik bagi kulitmu. Hal ini juga bisa memicu permasalahan kulit seperti jerawat. Sedangkan pola tidur yang berantakan seperti begadang dan kurang tidur bisa membuat kulitmu terlihat kusam. Oleh karena itu, supaya kulit tetap terlihat sehat, aturlah pola tidur dan pola makanmu.

Eat Healthy | Freepik.com/yanalya
Eat Healthy | Freepik.com/yanalya

Rutin Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral tentu saja baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit. Buah dan sayuran memiliki beberapa manfaat penting bagi kulit seperti menjaga elastisitas kulit, mencegah kerusakan sel kulit, sebagai antioksidan, sebagai anti inflamasi dan manfaat-manfaat lainnya. Jadi, pastikan kamu rutin mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari, ya!

Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah merupakan hal sepele yang seringkali tidak sadar kita lakukan. Padahal sebelumnya, tangan ini sudah menyentuh permukaan benda yang terdapat berbagai jenis bakteri dan kuman. Bayangkan jika tanganmu langsung menyentuh wajah setelah itu, maka bakteri dan kuman yang ada di tanganmu akan berpindah ke wajahmu. Hal ini tentu saja akan mengotori wajahmu tanpa kamu sadari dan bisa menyebabkan beberapa permasalahan kulit wajah.

Touching Face | Freepik.com/cookie_studio
Touching Face | Freepik.com/cookie_studio

Rutin Mengganti Sprei dan Sarung Bantal

Ketika tidur, kita pasti bersentuhan langsung dengan sprei dan sarung bantal. Supaya kuman dan jamur pada sprei tadi tidak berkembang biak, maka sebaiknya kamu rutin menggantinya paling tidak seminggu sekali. Karena jika tidak rutin diganti, bukan hanya bisa beresiko pada kesehatan kulit tapi juga terhadap kesehatan tubuh kamu.

Sleeping | Freepik.com/karlyukav
Sleeping | Freepik.com/karlyukav

Jika 5 kebiasaan di atas tadi rutin kamu lakukan, maka kamu akan mendapatkan kulit yang lebih sehat dan ternutrisi baik meskipun tidak menggunakan rangkaian skincare terlalu banyak.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id