sign up SIGN UP

6 Pilihan Buah Segar untuk Jaga Kelembapan dan Kecantikan Kulit Saat Berpuasa, Beauties Wajib Tahu!

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Jumat, 29 Apr 2022 17:00 WIB
6 Pilihan Buah Segar untuk Jaga Kelembapan dan Kecantikan Kulit Saat Berpuasa, Beauties Wajib Tahu!
caption

Banyaknya cairan yang hilang saat berpuasa tidak hanya berpengaruh pada tubuh namun juga kesehatan kulit wajahmu. Beragam masalah kulit pun dapat muncul karena kondisi kulit kering akibat kekurangan air.

Meskipun begitu, kamu tetap dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar sembari menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi beberapa buah sehat yang bermanfaat untuk kulit serta wajahmu.

Berikut ini Beautynesia telah merangkum 6 pilihan buat sehat yang dapat kamu konsumsi saat berbuka untuk menjaga kulit selama berpuasa.

Alpukat

Alpukat bantu jaga kulit tetap terhidrasi dan jauh dari resiko kering saat berpuasa.
Lemak sehat pada alpukat bantu jaga kesehatan kulit/Foto:Freepik.com/Jcomp


Agar tetap elastis serta lembap, kulit senantiasa membutuhkan asupan lemak sehat salah satunya yang terkandung pada buah Alpukat.

Melansir dari laman Healthline, asupan lemak pada alpukat dapat mengunci kelembapan pada kulit sehingga menghindari dari risiko kulit kering saat berpuasa. Rasanya yang lezat memudahkan kamu untuk mengolah alpukat jadi apa saja, mulai dari jus, smoothies atau dimakan secara langsung.

Apel

Banyaknya kandungan air pada apel bantu jaga kulit tetap terhidrasi selama berpuasa.
Apel menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut/Foto:Freepik.com/Azerbaijan_stockers


Tesktur kulit yang lembut menjadi manfaat yang bisa didapatkan dari buah apel. Kandungan air yang tinggi menjaga kulit tetap terhidrasi ketika tidak adanya asupan mineral yang masuk ke tubuh.

Kulit berjerawat juga dapat terawat baik oleh buah apel yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat serta noda pada wajah. Tidak heran, banyak dari produk skincare yang menjadikan apel sebagai bahan utama untuk menjaga kesehatan kulit.

Semangka

Selain menghidrasi kulit, buah semangka bantu membuang racun yang mengendap pada kulit.
Buang racun pada kulit dengan mengonsumsi buah semangka/Foto:Freepik.com/Poringdown


Sebagai buah yang kaya akan mineral, semangka membawa banyak kebaikan seperti menjaga ketersediaan mineral, membuang racun hingga melindungi kulit dari radikal bebas.

Manfaat tersebut semakin lengkap dengan nutrisi pada buah semangka yang dilansir dari laman Prevention, yakni vitamin A serta C yang bantu memperbaiki sel-sel rusak serta mencerahkan wajah khususnya pada kulit kering yang rentan bermasalah.

Mangga

Baik buah serta kulit dari mangga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Mangga bantu meremajakan kulit/Foto:Freepik.com/Topntp26


Selain kembalikan rasa segar setelah berpuasa, mangga juga bermanfaat untuk meremajakan kulit. Proses peremajaan penting untuk mencegah munculnya kerutan serta risiko penuaan dini.

Kebaikan buah mangga dapat dirasakan oleh setiap orang sekalipun kamu tidak gemar dengan buah yang satu ini. Pasalnya, kulit buah mangga juga dapat dijadikan masker wajah dengan manfaat yang tidak kalah baik dari buah itu sendiri.

Pisang

Kandungan utama pisang bantu meningkatkan kolagen serta kecerahan kulit.
Tingkatkan kecerahan kulit dengan buah pisang/Foto:Freepik.com/Kamranaydinov


Pisang menjadi buah yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang terlebih saat bulan puasa. Tetapi tahukah kamu, selain rasanya yang manis, pisang juga mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan kulit lho.

Melansir dari laman Only My Health, kandungan utama pisang yakni kalium serta mangan mampu meningkatkan kolagen yang bantu jaga kelembutan kulit. Aliran okisgen ke kulit juga terjaga kelancarannya yang memberikan efek cerah serta mempercepat penyembuhan.

Melon

Rutin mengonsumsi buah melon bantu memproteksi kulit dari paparan sinar matahari
Melon memproteksi kulit dari paparan sinar matahari/Foto:Freepik.com/Kamranaydinov


Meskipun termasuk buah yang jarang disebut, melon sejatinya memiliki banyak kegunaan untuk kecantikan kulit. Diperkaya oleh zat flavonoid sebagai antioksidan untuk mencegah iritasi akibat bakteri serta radikal bebas.

Kecantikan wajah juga ikut terjaga dari paparan sinar matahari karena kandungan vitamin C pada melon, yang diketahui bisa memproteksi kulit dari panasnya matahari. Sehingga kamu tetap aman beraktivitas di siang hari saat beribadah puasa.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id