sign up SIGN UP

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Peptide untuk Kecantikan Kulit dan Rekomendasi Produknya!

Desya Nur Fitriyani | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 22:30 WIB
Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Peptide untuk Kecantikan Kulit dan Rekomendasi Produknya!
caption

Ingin dapat tampilan wajah yang tampak lebih muda dibanding usia aslimu? Jika iya, menggunakan skincare dengan bahan aktif peptide bisa menjadi pilihan yang tepat lho, Beauties! 

Pernahkah kamu mendengar nama bahan aktif yang satu ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai peptide serta segudang manfaatnya!

Apa Itu Peptide?

ilustrasi peptide/ foto: pexels.com/@jill-burrow/
ilustrasi peptide/ foto: pexels.com/@jill-burrow/

Peptide adalah asam amino yang sangat dibutuhkan kulit dan berperan penting untuk menstimulasi pembentukan kolagen

Peptide termasuk bahan aktif yang dibutuhkan kulit lho, Beauties! Terlebih lagi seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang dan membuat tanda-tanda penuaan semakin jelas terlihat. 

Beragam Manfaat Peptide

Melansir Healthline, peptide dalam skincare memiliki deretan manfaat baik, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Fungsi Skin Barrier

ilustrasi kulit tampak lebih sehat/ foto: pexels.com/@ron-lach
ilustrasi kulit tampak lebih sehat/ foto: pexels.com/@ron-lach

Skin barrier merupakan garis pertahanan tubuh terhadap bakteri, sinar ultraviolet, polusi, dan racun lainnya. Bila tak dirawat, skin barrier dapat rusak karena pengelupasan kulit yang berlebihan, paparan asap rokok dan polusi lainnya, atau bahkan kurang tidur, lho.

Seperti yang dikutip dari WebMD, ketika skin barrier rusak, kulit rentan mengalami iritasi dan munculnya reaksi negatif seperti jerawat.

Penggunaan Peptide dalam produk skincare akan membantu membangun skin barrier yang lebih kuat. Beberapa jenis peptide bahkan memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membunuh bakteri penyebab jerawat!

2. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain menstimulasi pembentukan kolagen, peptida juga berperan dalam menyusun serat elastin, yaitu sejenis serat protein yang akan membuat kulit terlihat lebih elastis dan tampak lebih kencang, Beauties!

3. Mengurangi Kerutan

ilustrasi kerutan/ foto: freepik.com/racool-studio
ilustrasi kerutan/ foto: freepik.com/racool-studio

Seperti yang telah disebutkan pada penjelasan di atas, peptide sejatinya bermanfaat untuk menstimulasi pembentukan kolagen. 

Nah, terbentuknya kolagen secara langsung dapat mengurangi kerutan dan membuat tampilannya menjadi lebih samar. Wajahmu pun jadi tampak awet muda dan selalu berseri, Beauties!

4. Meredakan Inflamasi

Peptide dapat membantu meredakan peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kulit. Karena ketika terjadi inflamasi, peptide dapat memberi sinyal pada tubuh untuk fokus memperbaiki area tersebut.

3 Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan Peptide yang Bisa Kamu Coba!

Nah Beauties, berikut beberapa rekomendasi produk skincare dengan kandungan peptide, yang bisa kamu coba. Simak yuk!

1. The Bath Box Peptide Probiotic

The Bath Box Peptide Probiotic/foto: The Bath Box Official Website
The Bath Box Peptide Probiotic/foto: The Bath Box Official Website

Melansir Female Daily, serum dari The Bath Box ini mengandung 2 jenis Peptide, yaitu Pentapeptide-18 yang mengurangi tampilan kerutan di wajah, dan Acetyl Hexapeptide-8 atau disebut juga Argireline, yang diklaim dapat mengurangi garis halus di area mulut, mata, dahi dan pipi. 

Selain itu, The Bath Box Peptide Probiotic juga mengandung probiotik seperti Lactococcus Ferment Lysate dan Galactomyces Ferment Filtrate yang akan membuat kulit lebih halus.

2. Votre Peau Serum Peptide Concentrate

Votre Peau Serum Peptide Concentrate/foto: Votre Peau Official Website
Votre Peau Serum Peptide Concentrate/foto: Votre Peau Official Website

Sesuai dengan namanya, Votre Peau Peptide Serum merupakan serum antiaging yang mengandung Hexa-peptide Argirelin. Yang mana, serum ini diklaim dapat membantu menyamarkan tanda penuaan seperti garis halus, mengurangi warna kulit yang tidak merata, serta mengencangkan kulit.

3. Avoskin Advanced Action Eye Ampoule

Avoskin Advanced Action Eye Ampoule/ foto: Avoskin Official Website
Avoskin Advanced Action Eye Ampoule/ foto: Avoskin Official Website

Berbeda dari kedua produk di atas yang berbentuk serum, produk skincare dari Avoskin ini merupakan jenis eye ampoule.

Avoskin Advanced Action Eye Ampoule ini adalah serum mata yang sangat terkonsentrasi tinggi, dengan perpaduan ingredient utama berupa Peptide, Niacinamide, Probiotic, Caffeine, Green Tea, dan Cucumber. 

Produk yang satu ini bahkan mengandung peptide dengan persentase sebanyak 7,5%, diklaim sangat mampu untuk merangsang produksi kolagen sehingga menjaga kulit mata tetap lembap, elastis, dan menunda timbulnya kerutan.

Itu lah sederet manfaat peptide dan juga rekomendasi produknya. Bagaimana? Tertarik untuk segera mencoba produk dengan kandungan peptide, Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id