sign up SIGN UP

6 Pose Yoga Terbaik untuk Menghilangkan Stres

Intan Dwi | Beautynesia
Selasa, 19 Jan 2021 16:30 WIB
6 Pose Yoga Terbaik untuk Menghilangkan Stres
caption
Jakarta -

Suatu kondisi yang menyebabkan stres dan kecemasan sudah umum dalam kehidupan kita dan mungkin sulit untuk mengetahui apa yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya. Stres akhirnya pun menumpuk dan ini sebenarnya bisa menyebabkan masalah kesehatan fisik.

Salah satu cara terbaik dan termudah untuk menghilangkan stres adalah melalui yoga dan bahkan ada beberapa pose yoga yang bagus untuk menghilangkan stres. Pose ini sengaja dirancang untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Berikut ini ada enam pose yoga terbaik untuk menghilangkan stres.

Eagle: Garudasana

Pose ini sempurna untuk siapapun dengan pikiran sibuk yang membutuhkan ketenangan.
Eagle: Garudasana/freepik.com

Pose ini sempurna untuk siapapun dengan pikiran sibuk yang membutuhkan ketenangan. Karena pose Eagle ini adalah tentang memfokuskan pikiran kamu dengan sepenuh hati pada satu titik yang menyisakan sedikit ruang untuk kekhawatiran dan stres.

Pose ini juga dapat mengurangi stres di bagian pinggul dan bahu yang merupakan area umum yang menumpuk ketegangan.

Caranya, mulailah dengan berdiri tegak dan buka kaki selebar pinggul, lalu kamu silangkan lengan kanan ke kiri. Kemudian tekuk siku untuk menyatukan kedua telapak tangan sehingga mengarah ke atas. Setelah selesai, angkat paha kiri ke atas dan ke kanan lalu turunkan pinggul sedikit lebih rendah dan arahkan pandangan pada satu titik di depan kamu.

Extended Puppy: Uttana Shishosana

Hanya dengan 30-60 detik melakukan pose Extended Puppy sudah bisa membantu meningkatkan suasana hati, menenangkan pikiran dan meregangkan sejumlah otot.
Extended Puppy: Uttana Shishosana/gaia.com

Hanya dengan 30-60 detik melakukan pose Extended Puppy sudah bisa membantu meningkatkan suasana hati, menenangkan pikiran dan meregangkan sejumlah otot. Posisi ini adalah kombinasi dari dua favorit yoga klasik, pose downward dan child’s, jadi ini pasti akan menjadi pose favorit baru kamu.

Lakukan posisi merangkak dengan gerakkan pantat kamu setengah jalan ke belakang ke arah tumit, angkat dahi kamu ke lantai lalu rentangkan lengan ke depan dan bernapas.

Pose ini memungkinkan kamu untuk meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri saat meregangkan tubuh dan memfokuskan pikiran untuk menahan posisi.

Cat/Cow: Bitilasana Marjaryasana

Aliran yoga ini di antara dua pise ini dapat membantu meratakan pernapsaan kamu dan meredakan ketegangan yang dibangun di tulang belakang dan punggung.
Cat/Cow: Bitilasana Marjaryasana/popsugar.com

Aliran yoga ini di antara dua pose ini dapat membantu meratakan pernapasan kamu dan meredakan ketegangan yang dibangun di tulang belakang dan punggung.

Dengan posisi merangkak, bergantian antara membulatkan tulang belakang ke atas ke arah langit-langit dan turun ke bawah saat kamu membuka dada dan melebarkan pinggul ke belakang. Tulang belakang kamu harus membulat dan turun secara ritmis dengan pernapasan kamu.

Mengatur waktu pernapasan pada pose ini adalah kunci untuk menghilangkan stres, karena napas yang diatur waktunya inilah uang membantu menenangkan pikiran yang terlalu aktif dan membuat kamu tetap fokus.

Happy Baby: Ananda Balasana

Ini menjadi pose yang bagus untuk siapa saja yang membutuhkan momen relaksasi dan ketenangan.
Happy Baby: Ananda Balasana/healthline.com

Ini menjadi pose yang bagus untuk siapa saja yang membutuhkan momen relaksasi dan ketenangan. Posisi ini akan membuat kamu merasa seperti bayi karena kamu tidak akan mempedulikan apapun dan hanya merasakan relaks dan ketenangan.

Berbaring telentang, tekuk lutut ke dada dan pegang kaki kamu dengan kedua tangan. Kemudian rentangkan lutut kamu lebar-lebar di udara dan lanjutkan menahannya. Goyang dari sisi ke sisi adalah sebuah pilihan.

Pose ini mengurangi stres dan kelelahan secara keseluruhan yang dapat membantu tidur lebih nyenyak dan meningkatkan mood kamu. Dengan melakukan pose yang meregangkan beberapa bagian tubuh kamu akan cukup rumit untuk membuat pikiran kamu tetap fokus pada tugas yang ada.

Forward Fold: Uttanasana

Pose ini adalah tentang keseimbangan dan menstabilkan pikiran yang cemas, jika sering dilakukan hal itu meningkatkan perasaan damai
Forward Fold: Uttanasana/gaia.com

Pose ini adalah tentang keseimbangan dan menstabilkan pikiran yang cemas, jika sering dilakukan hal itu meningkatkan perasaan damai dan dapat membantu membuat kamu rileks. Ini juga membantu menyeimbangkan chakra sakral yang dapat menyebabkan energi berlebih saat distimulasi berlebihan yang menyebabkan stres.

Mulailah dengan berdiri tegak, lalu tekuk lutut sedikit saat kamu mencodongkan tubuh ke depan dan biarkan kepala kamu menunduk ke arah kaki. Kemudian saat kamu “terlipat”, luruskan kaki kamu dengan beban terfokus pada kaki kamu.

Pegang setiap siku dengan tangan yang berlawanan dan bernapaslah, tetap dalam posisi ini selama kamu dan kamu bisa bergoyang dari satu sisi ke sisi lainnya jika kamu mau, yang dapat membantu meredakan sesak pada paha belakang kamu.

Child's Pose: Balasana

Ada alasan mengapa pose ini dianggap sebagai pose istirahat yang bagus, yaitu pose ini tidak hanya bagus untuk melepaskan ketegangan di pinggul dan panggung bawah.
Child's Pose: Balasana/gaia.com

Ada alasan mengapa pose ini dianggap sebagai pose istirahat yang bagus, yaitu pose ini tidak hanya bagus untuk melepaskan ketegangan di pinggul dan panggung bawah. Tetapi juga membantu merelaksasikan seluruh tubuh dengan merelaksasikan kelenjar adrenal.

Mulailah merangkak dengan kaki menghadap satu sama lain dan jari-jari kaki kamu bersentuhan, rentangkan lutut ke samping dan bawa pinggul kembali di antara keduanya. Regangkan tangan kamu lama-lama di lantai di depan kamu dan sandarkan kepala kamu di lantai.

Saat kamu stres, posisi ini memberi tekanan pada kelenjar adrenal yang menyebabkan kelelahan. Pose ini sangat menenangkan kelenjar tersebut, menjadikannya harus dicoba bagi siapapun yang membutuhkan penghilang stres instan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id