sign up SIGN UP

7 Cara Mudah Mencegah Penuaan Otak, Segera Lakukan Mulai dari Sekarang!

Ade Irma Suryani | Sabtu, 25 Sep 2021 18:30 WIB
7 Cara Mudah Mencegah Penuaan Otak, Segera Lakukan Mulai dari Sekarang!
caption

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka biasanya otak juga akan mengalami penurunan daya ingat. Namun, pernahkah kamu melihat seorang yang masih muda tapi sudah pikun dan ada pula yang sudah cukup tua tapi ingatannya masih sangat baik? Hal ini tentu tak terlepas dari gaya hidup yang baik dan sehat. 

Karena itulah, sangat penting bagi kamu yang masih muda saat ini untuk bisa menjaga kesehatan otak dengan baik agar terbebas dari penuaan otak. Jadi, apa saja cara-cara mencegah penuaan otak? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Beauties!

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk mencegah penuaan pada otak.
Tidur yang Cukup/ Foto: freepik.com/bearfotos 

Yups! Tidur yang cukup setiap malamnya sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak dan juga membantu melawan penuaan otak sedari dini. Karena itu Beauties, penting bagimu untuk menjaga kualitas tidur dengan baik.

Disarankan untuk tidur 7-8 jam setiap malamnya. Agar kamu mudah tidur lebih cepat dan nyenyak, buatlah suasana tidur yang nyaman. Seperti halnya dengan mematikan lampu, menjauhkan gadget dan menghindari kafein sebelum tidur. 

2. Olahraga 

Olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan otak.
Olahraga/ Foto: freepik.com/gpointstudio 

Tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, olahraga pun juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Olahraga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Sementara itu, olahraga diketahui juga dapat membantu mencegah dari penyakit yang dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Karena itu, rajinlah berolahraga secara teratur ya Beauties!

3. Bersosialisasi

Bersosialisasi baik bagi kesehatan otak.
Bersosialisasi/ Foto: freepik.com/pressfoto 

Sebagai makhluk sosial, tentu setiap manusia sangat perlu menjalin hubungan sosial dengan sesama, meskipun memiliki karakter tertutup sekalipun. Orang yang dapat bersosialisasi dengan baik diketahui dapat meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan risiko mengalami demensia, lho!

4. Mengelola Stres

Kelola stres dengan baik. Karena stres dapat membuat penuaan dini pada otak.
Mengelola Stres/ Foto: freepik.com/pressfoto 

Seperti yang diketahui, stres memang tidak dapat dihindari. Meskipun begitu, kamu tetap bisa mengelola stres dengan baik agar tidak berdampak buruk bagi otakmu.

Karena stres diketahui dapat mengubah bentuk otak dan mengganggu fungsi otak. Hal ini tentu juga memicu penuaan dini pada otak. Karena itu, untuk mengelola stres kamu dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan, berolahraga, teknik pernapasan, beristirahat, dan sebagainya. 

5. Terapkan Diet ala Mediterania

Diet Mediterania dapat bermanfaat dalam mencegah penuaan otak.
Terapkan Diet Ala Mediterania/ Foto: freepik.com/jcomp 

Selain beberapa cara di atas, kamu juga dapat mencoba menerapkan pola makan orang Mediterania. Pasalnya, diet ala Mediterania diketahui dapat mencegah penuaan pada otak.

Untuk menerapkan pola diet Mediterania, kamu dapat memperbanyak konsumsi sayur dan buah, memperbanyak konsumsi ikan, membatasi asupan daging merah, dan menggunakan minyak zaitun. 

6. Berhenti Merokok

Merokok dapat menurunkan daya ingat.
Berhenti Merokok/ Foto: freepik.com/karlyukaf 

Merokok memang tidak baik bagi kesehatan dan sekaligus turut mengundang berbagai penyakit berbahaya. Merokok pun juga dapat menurunkan daya ingat. Oleh karena itu Beauties, hindarilah kebiasaan merokok dari sekarang juga ya!

7. Lakukan Kegiatan yang Melatih Otak

Melakukan kegiatan yang melatih otak dapat membantu mencegah penuaan pada otak.
Lakukan Kegiatan yang Melatih Otak/ Foto: freepik.com 

Tak ketinggalan, kamu juga dapat melakukan kegiatan atau permainan yang dapat mengasah otak. Seperti halnya bermain kartu, menyusun puzzle, mempelajari sesuatu yang baru, dan lain sebagainya. Dengan melakukan kegiatan tersebut, maka akan membantu otakmu menjadi lebih terasah dan bebas pikun.

Itulah beberapa tips mencegah penuaan otak. Tetaplah menjaga kesehatan otakmu dengan baik selagi muda, Beauties. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id