BILLBOARD
970x250

7 Jajanan Favorit Khas Timur Tengah Ini Bisa Jadi Menu Rekomendasi Saat Berbuka Puasa, Mau Coba Salah Satunya?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Jumat, 07 Apr 2023 15:00 WIB
7 Jajanan Favorit Khas Timur Tengah Ini Bisa Jadi Menu Rekomendasi Saat Berbuka Puasa, Mau Coba Salah Satunya?

Bulan Ramadan identik dengan makanan yang beraneka macam. Berbagai sajian kuliner Ramadan khas Indonesia yang mudah dijumpai di pinggir jalan. Bahkan, ada makanan yang hanya bisa Beauties temui di bulan suci ini aja, lho!

Begitu juga di negara-negara Timur Tengah, bulan Ramadan disambut dengan sangat meriah, serta dianggap sebagai bulan yang istimewa. Waktu berbuka puasa menjadi saat yang ditunggu-tunggu, karena beragam jenis makanan khas Ramadan biasa disajikan di atas meja makan.

Nah, berikut ini jajanan khas Timur Tengah, yang bisa Beauties cobain di bulan Ramadan sebagai sajian buka puasa yang berbeda dari biasanya.

1. Sambusa

Sambusa merupakan camilan khas Timur Tengah dengan bentuk segitiga dan didalamnya diisi daging cincang
Sambusa/ Foto: Freepik.com/author/tatianagoskova

Jajanan satu ini cukup populer di Timur Tengah. Sambusa menjadi salah satu camilan buka puasa yang biasanya disajikan di bulan Ramadan. Sambusa atau Sambusa adalah gorengan renyah berbentuk segitiga, di dalamnya berisi daging kambing atau domba cincang, potongan kentang, serta dibumbui dengan rempah-rempah seperti jahe, cabai, jintan, ketumbar, dan garam masala.

Sambusa biasa disajikan bersama dengan sambal yang terbuat dari ketumbar, daunt mint, dan chutney dengan rasa asam manis. Hidangan satu ini sangat cocok dinikmati sebagai menu berbuka puasa ala Timur Tengah yang wajib dicoba!

2. Kunafa

Kunafa adalah kue manis dengan keju leleh didalamnya
Kunafa/ Foto: Freepik.com/author/stockking

Hidangan manis yang wajib disajikan untuk berbuka puasa kali ini adalah Kunafa. Biasa disajikan sebagai hidangan penutup mulut setelah makan besar oleh kebanyakan orang Arab. Kunafa sendiri merupakan kue dengan rasa manis yang berisi keju di dalamnya, memiliki tekstur yang renyah dan lembut.

Meski mempunyai cara pembuatan yang berbeda di masing-masing negara. Pada umumnya, adonan kunafa dicampur dengan sirup gula, ghee, dan air. Lalu, direndam dalam sirup air mawar dan di atasnya ditaburi parutan keju dan potongan kacang.

3. Shorbat Adas

Shorbat Adas atau sup miju-miju merupakan makanan khas Timur Tengah
Shorbat Adas/ Foto: Pinterest.com/omayahcooks/

Sup lezat dan kaya nutrisi satu ini biasa disantap saat berbuka puasa, dimakan bersama dengan keripik pitta. Shorbat Adas juga biasa disebut sup miju-miju merupakan hidangan yang terbuat dari wortel, kentang, dan bawang bombai, kemudian dibumbui dengan rempah seperti kayu manis, jintan, kunyit, peterseli, dan lemon.

Kuliner satu ini biasa disajikan sebagai hidangan pembuka saat bulan puasa karena memiliki banyak nutrisi. Nah, hidangan buka puasa satu ini banyak ditemui di negara Arab Saudi, Lebanon, dan Yordania. 

7 Jajanan Favorit Khas Timur Tengah Lainnya: Kousa Mahshi
Mahshi merupakan hidangan yang terbuat dari zucchini yang diisi dengan nasi campur

4. Kousa Mahshi

Hidangan favorit saat berbuka puasa ala masyarakat Mesir adalah Kousa Mahshi. Makanan satu ini terbuat dari zucchini, terong, tomat, paprika, atau daun anggur yang diisi dengan nasi campur dengan potongan daging dan rempah-rempah di dalamnya. 

Mahshi biasa disajikan sebagai makanan utama atau pendamping saat berbuka puasa saat masih hangat agar lebih nikmat.

5. Kebab

Kebab menjadi camilan berbuka puasa khas Timur Tengah
Kebab/ Foto: Freepik.com/author/timolina

Kebab merupakan jajanan khas buka puasa yang mengenyangkan dan mudah dibuat. Saat ini, ada berbagai jenis kebab dan berbeda pula cara penyajiannya.

Di Timur Tengah sendiri, kebab terbuat dari berbagai jenis daging seperti sapi, domba, dan kambing yang dipotong berbentuk dadu. Potongan daging tersebut dimarinasi dengan rempah-rempah yang kuat dan harum, lalu ditusuk pada batang besi tebal.

Kemudian dipanggang hingga matang sempurna, lalu disajikan dengan kulit tortila ataupun hidangan tambahan untuk buka puasa lainnya.

6. Kibbe

Kibbe merupakan camilan yang terbuat dari daging giling berbentuk bulat
Kibbe/ Foto: Freepik.com/author/luizribeiro

Kibbe merupakan hidangan buka puasa yang terbuat dari daging giling yang berisi daging mentah di tengahnya, lalu dibentuk bulat-bulat menyerupai bola. Hidangan satu ini biasa disajikan bersama saus tartar untuk melengkapinya.

Camilan goreng ini sangat cocok disajikan saat masih panas, dan disantap selama bulan Ramadan.

7. Rice Kheer

Rice Kheer merupakan puding beras yang berisi berbagai macam biji-bijian di dalamnya
Rice Kheer/ Foto: Pinterest.com/masalaandchai/

Camilan manis untuk berbuka puasa satu ini adalah Kheer. Hidangan berupa puding beras yang berisi biji-bijian seperti lentil, millet, dan quinoa ini banyak dijumpai di India.

Beauties bisa menikmatinya bersama dengan poori atau roti goreng yang terbuat dari tepung gandum utuh. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi rasa manis dari Kheer itu sendiri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE