STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Agar Kaki Tidak Kram Saat Lari, Begini Tips yang Wajib Dilakukan Runner Pemula

Izzul Millati Umami | Beautynesia
Minggu, 06 Dec 2020 11:00 WIB
Agar Kaki Tidak Kram Saat Lari, Begini Tips yang Wajib Dilakukan Runner Pemula

Ladies, olahraga lari merupakan salah satu hobi yang saat ini ditekuni banyak orang. Pasalnya, selain mudah dilakukan, lari juga merupakan olahraga yang murah loh. Cukup sediakan sepatu running dan jersey, lari pun bisa dilakukan. Selain itu, olahraga lari juga relatif tidak menguras banyak waktu. Ladies bisa langsung memulai lari sendirian tanpa perlu janjian dengan teman. 

Nah, agar aktivitas lari tidak membuat kram, Ladies bisa mencoba beberapa teknik berikut ini:

Jangan makan terlalu kenyang

makan kenyang
makan kenyang/sumber:pixabay.com

Sebelum lari, Ladies disarankan untuk tidak makan terlalu kenyang. Pasalnya, perut yang terlalu full akan membuat perut semakin keram, loh. Makan sebelum berolahraga memang wajib agar terdapat karbohidrat dan gizi supaya kuat berlari. Namun, jangan terlalu kenyang, ya!

Perhatikan pula jarak lari yang akan ditempuh. Kalau jarak larinya pendek alias short run, makan secukupnya saja. Bila jarak lari lebih dari 5 km, konsumsi protein dan karbo semacam telur dan roti. 

Gunakan sepatu running

sepatu running
sepatu running/sumber:pixabay.com

Sepatu running yang tepat akan memudahkan langkahmu menuju target lari impian. Hindari menggunakan sepatu biasa maupun sandal. Gesekan tak diinginkan bisa membuat Ladies cedera. Selain itu, dengan sepatu running Ladies akan lebih cepat berlari. 

Pemanasan terlebih dahulu

Agar tidak cedera, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Cukup sediakan 5-10 menit untuk jalan kaki ringan maupun naik turun tangga. Hindari berolahraga apapun tanpa pemanasan, ya! 

Gunakan bra khusus olahraga

sport bra
sport bra/sumber:pixabay.com

Untuk Ladies sendiri sebisa mungkin gunakan bra khusus untuk berolahraga. Ini akan memudahkan Ladies dalam berlari tanpa gangguan. Usahakan pilih bra sport yang tidak terlalu ketat dan tidak pula terlalu longgar. 

Gunakan aplikasi untuk mengontrol pace lari

pace lari
pace lari/sumber:pixabay.com

Pace lari atau kecepatan lari adalah hal penting dalam olahraga running. Ladies pun sangat bisa menggunakan aplikasi untuk tracking pace supaya energi bisa dikontrol dengan baik. Kram kaki pun bisa dihindari dengan baik. 

Bagaimana dengan Ladies? Sudahkah siap berlari tanpa kram hari ini? Usahakan untuk menyiapkan hal hal di atas agar lari makin nyaman, ya!

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE