sign up SIGN UP

Waspada! Berikut Tanda-Tanda Miss V Tidak Sehat

Retno Wulandari | Kamis, 03 Dec 2020 23:15 WIB
Waspada! Berikut Tanda-Tanda Miss V Tidak Sehat
caption

Ladies, Miss V atau vagina merupakan organ reproduksi penghubung antar organ tubuh luar yang memiliki peran penting. Oleh sebab itu, Miss V haruslah dijaga dan dirawat agar tetap sehat. Lalu, seperti apa tanda-tanda Miss V tidak sehat? Scroll artikel ini yuk!

Miss V Kering

Tanda-tanda Miss V Tidak Sehat
Foto:freepik.com

Biasanya kondisi seperti ini kerap dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause. Namun, jika belum memasuki masa menopause tapi kondisi Miss V kering, maka ini merupakan tanda-tanda vagina tidak sehat, Ladies. Miss V kering biasanya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain gangguan kecemasan, stres, iritasi, hormon, dan efek obat-obatan.

Miss V Gatal dan Panas

Tanda-tanda Miss V Tidak SehatFoto:freepik.com

Gatal dan panas di vagina disebabkan adanya gesekan akibat sering memakai celana jeans ketat dan bahan celana dalam yang tidak menyerap keringat sehingga memicu terjadinya iritasi.

Buat kamu yang sering memakai celana jeans ketat, sebaiknya ganti dengan celana yang tidak ketat dan usahakan menggunakan celana dalam berbahan katun agar dapat menyerap keringat.

Miss V Berbau

Tanda-tanda Miss V Tidak Sehat
Foto:freepik.com

Pada umumnya Miss V memiliki bau khasnya sendiri dan akan berubah setelah olahraga, selama haid, dan setelah berhubungan intim. Tapi jika Miss V memiliki bau seperti, ikan busuk, jamur, dan bau lainnya yang tidak wajar, maka ini merupakan tanda-tanda Miss V tidak sehat karena bakteri vagina atau trikomoniasis.

Darah Keluar Sangat Banyak Ketika Haid

Tanda-tanda Miss V Tidak Sehat
Foto:freepik.com

Ladies, darah keluar dalam jumlah yang banyak di awal haid dan berkurang di hari kedua atau ketiga merupakan hal yang wajar. Tapi, jika mengeluarkan darah sangat banyak setiap hari selama haid, kamu patut waspada karena ini adalah salah satu tanda-tanda Miss V tidak sehat dan bisa jadi gejala penyakit yang cukup serius lho.

Keluar Darah Setelah Berhubungan Intim

Tanda-tanda Miss V Tidak Sehat
Foto:freepik.com

Darah yang keluar setelah berhubungan intim bukanlah pertanda baik. Selain kurangnya rangsangan, darah yang keluar setelah berhubungan intim juga menjadi gejala munculnya masalah kesehatan yang lebih serius. Darah yang keluar ini disebabkan oleh infeksi, peradangan, robekan vagina, hingga kanker serviks.

Ada Benjolan dan Miss V Terasa Sakit

Tanda-tanda Miss V Tidak Sehat
Foto:freepik.com

Selain payudara, memeriksa Miss V secara rutin juga penting untuk dilakukan, Ladies. Cobalah periksa area selangkangan dan paha bagian dalam saat mandi dengan bantuan cermin.

Cara ini merupakan langkah yang tepat untuk melihat apakah ada tanda Miss V tidak sehat, seperti benjolan yang mirip dengan bisul atau jerawat dan Miss V terasa sakit. Kondisi ini harus cepat mendapatkan perawatan medis agar tidak semakin parah.

Sakit Saat Buang Air Kecil

Tanda-tanda Miss V Tidak Sehat
Foto:freepik.com

Tanda-tanda Miss V tidak sehat yang terakhir adalah munculnya rasa sakit saat buang air kecil. Dibanding pria, wanita sangat mudah mengalami infeksi saluran kemih. Oleh sebab itu, minum air putih yang banyak dan biasakan buang air kecil setelah berhubungan intim bisa mencegah permasalahan yang satu ini.

Nah, itulah tanda-tanda Miss V tidak sehat yang patut untuk kamu waspadai, Ladies. Agar Miss V tetap sehat, jangan lupa untuk membersihkannya setiap hari dengan air bersih. Jika kamu mengalami salah satu tanda-tanda di atas, maka segeralah konsultasi dengan dokter.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id