sign up SIGN UP

Agar Puasa Lancar, Ini Daftar Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Diny Putri | Beautynesia
Rabu, 20 Apr 2022 03:49 WIB
Agar Puasa Lancar, Ini Daftar Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Harus Dihindari Penderita Asam Lambung
Jakarta -

Umat Muslim di seluruh dunia kini tengah menjalankan ibadah puasa. Banyak orang berlomba untuk menjaga kesehatan serta makanan yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka. Meski berpuasa, kita tetap harus menjaga makanan yang dikonsumsi, khususnya jika memiliki penyakit tertentu yang mampu menghambat kelancaran ibadah puasa. Salah satunya adalah asam lambung.

Asam lambung merupakan suatu penyakit yang terjadi saat asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan, hingga menyebabkan iritasi dinding bagian dalam. Meskipun terkadang banyak orang yang terkadang menyepelekan penyakit ini, namun ternyata jika dibiarkan bisa menyebabkan kefatalan yang sangat serius, lho, Beauties.

Apalagi saat berpuasa, kita menahan haus dan lapar selama kurang lebih 12 jam, maka dari itu beberapa penderita asam lambung cukup khawatir penyakitnya akan kambuh ketika berpuasa. Sebab sebagaimana yang kita tahu, salah satu cara agar asam lambung tidak kambuh adalah dengan makan tepat waktu atau tidak membiarkan perut kosong dalam jangka waktu yang lama.

Nah, untuk kamu yang ingin ibadah puasa aman dari asam lambung dan berjalan lancar, berikut daftar makanan yang boleh dikonsumsi dan harus dihindari. Yuk, simak!

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung saat Berpuasa

Dada Ayam

Ilustrasi Dada Ayam/Pexels/Olya Kobruseva
Ilustrasi Dada Ayam/Foto: Pexels/Olya Kobruseva

Beauties, kamu tentu tidak asing dengan makanan yang satu ini, bukan? Melansir dari Web MD, dada ayam merupakan salah satu bagian daging ayam yang memiliki banyak protein, tanpa lemak, serta cukup mudah dicerna. Jika kamu ingin mengonsumsinya, pastikan untuk memisahkan kulit ayam dari bagian dada sebelum dimasak.

Jahe

Ilustrasi Jahe/Pexels/Pixabay
Ilustrasi Jahe/Foto: Pexels/Pixabay

Salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat ini mampu juga untuk mengatasi asam lambung bagi para penderitanya. Sebab jahe dapat menenangkan sakit perut serta membuat tubuh hangat.

Semangka

Ilustrasi Semangka/Pexels/Karolina Grabowska
Ilustrasi Semangka/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Selanjutnya terdapat buah semangka. Buah yang kaya akan air dan memberi kesegaran ini ternyata ramah untuk penderita asam lambung. Semangka memiliki kandungan yang rendah akan keasaman sehingga aman dikonsumsi, serta tidak akan memicu asam lambung yang dimiliki oleh penderitanya.

Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal/Pexels/Foodie Factor
Ilustrasi Oatmeal/Foto: Pexels/Foodie Factor

Para penderita asam lambung yang sedang berdiet dan mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi, jangan khawatir. Sebab oatmeal aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Dikarenakan oatmeal memiliki banyak kandungan serat dan mampu membuat perut kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Kentang

Ilustrasi Kentang/Pexels/Daisy Anderson
Ilustrasi Kentang/Foto: Pexels/Daisy Anderson

Makanan berikutnya adalah kentang. Pengganti karbohidrat selain nasi dan oatmeal ini aman dikonsumsi untuk para penderita asam lambung. Sebab kentang memiliki banyak kandungan karbohidrat kompleks yang sehat serta memiliki serat yang dapat dicerna dengan mudah. Tetapi, kamu tidak boleh memasaknya bersama dengan bawang merah atau putih, dikarenakan hal itu dapat mengiritasi refluks asam yang dimiliki oleh penderita asam lambung.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id