STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Aman dan Alami, Ini 5 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi Menurut Para Ahli

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 08 Apr 2022 16:30 WIB
Aman dan Alami, Ini 5 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi Menurut Para Ahli

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yang sering ditakuti banyak orang. Bukan tanpa alasan, kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Tidak hanya menyerang orang tua, kolesterol tinggi juga dapat menyerang anak muda di zaman modern ini. Faktor gaya hidup menjadi salah satu pemicunya.

Risiko kolesterol tinggi dan ancamannya bagi kesehatan bisa jadi sangat menakutkan. Namun, para ahli percaya bahwa perubahan kecil dari gaya hidup bisa membantu menurunkan kolesterol.

"Ini bukan tentang menambah atau mengurangi kuning telur, yang mungkin merupakan informasi yang paling salah paham yang pernah Anda dengar terkait dengan menurunkan kolesterol, melainkan tentang berfokus pada menjalankan diet yang lebih berkualitas sehingga seiring waktu, itu hanya menjadi cara Anda hidup dan tidak memerlukan usaha terus-menerus," kata pakar medis Laura Burak, kepada Eat This, Not That!.

Berikut adalah 5 cara mudah, aman, dan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi menurut para ahli, dihimpun dari Eat This, Not That!. Yuk, simak!

Konsumsi Makanan Utuh

Konsumsi sayur dan buahKonsumsi sayur dan buah/Foto: Freepik

Memang ada makanan tertentu yang harus dihindari atau dibatasi jika kamu memiliki kolesterol tinggi. Contohnya daging olahan, makanan cepat saji, bebek, dan lainnya, sebagaimana dilansir dari detikFood.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan utuh untuk menjaga kadar kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan. Makanan utuh atau whole foods maksudnya adalah makanan yang berasal dari bahan pangan alami yang mengandung semua bagian yang dapat dimakan dan tidak mengalami pembuangan atau pengurangan dari bagian yang dapat dimakan itu, dikutip dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional.

Contoh makanan utuh bergizi yang disarankan seperti buah-buahan dan sayuran, lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak seperti salmon, yang terbukti membantu meningkatkan lipid darah.

Konsumsi Oat

Bahan selanjutnya yang bisa membantu mengecilkan pori-pori adalah oat. Sebab, oat mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kulit.Ilustrasi oat/Foto: Freepik

Oat dikenal sebagai makanan dengan beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan usus, membantu menjaga berat badan, meningkatkan resistensi insulin, dan membantu menurunkan kolesterol.

"Oat mengandung serat yang disebut beta-glukan, yang pada dasarnya membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh," kata ahli medis Lauren Manaker.

Hindari Makanan Olahan dan Gula Tambahan

Sering mengkonsumsi junkfoodIlustrasi makanan olahan/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Makan banyak makanan utuh secara teratur adalah salah satu kunci untuk menurunkan kolesterol. Menurut Burak, menjauhi gula tambahan dan makanan olahan juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

"Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda percayai tentang kolesterol di masa lalu, banyaknya gula tambahan dalam makanan modern kita adalah kontributor utama kolesterol tinggi dan penyakit jantung, bukan makanan jahat seperti telur dan susu," kata Burak.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk membatasi asupan makanan olahan dan gula tambahan seperti permen dan kue kering," tambahnya.

Konsumsi Semangka

Skincare dengan Semangka untuk Merawat Kulit/foto: freepik.com/lookstudioIlustrasi semangka/Foto: Freepik.com/lookstudio

Tidak hanya lezat dan segar, semangka juga bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung. 

"Semangka adalah sumber alami likopen, karotenoid yang bila dikonsumsi setiap hari dalam dosis tertentu, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL," kata Maanker.

Menurut hasil dari uji klinis yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition, makan semangka dikaitkan dengan penurunan kolesterol LDL dan peningkatan kolesterol HDL.

Konsumsi Buah Beri

Buah BeriBuah beri/Foto: Pexels.com/Lisa Fotios

Tidak hanya semangka, buah lainnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah buah beri. Buah beri dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan khususnya kesehatan jantung.

"Buah beri adalah makanan manis alami tanpa tambahan gula dan penuh dengan nutrisi baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Data dari meta-analisis menunjukkan bahwa konsumsi buah beri secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL, menjadikannya pilihan yang baik dalam menurunkan kolesterol," ungkap Manaker.

Jika kesulitan mencari buah beri segar di sekitar tempat tinggal, kamu bisa memilih buah beri beku. Menurut Manaker, buah beri beku sama bergizinya dengan yang segar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE