sign up SIGN UP

Bosan Diolah Manis, 4 Olahan Oatmeal Gurih Ini Dijamin Bikin Nagih! Tertarik Cobain?

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Senin, 28 Mar 2022 23:30 WIB
Bosan Diolah Manis, 4 Olahan Oatmeal Gurih Ini Dijamin Bikin Nagih! Tertarik Cobain?
caption

Oatmeal merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang berasal dari biji oat atau gandum. Oatmeal jadi salah satu makanan favorit bagi orang-orang yang sedang diet. Oatmeal juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan menyehatkan.

Dilansir dari Web MD, nutrisi yang terdapat di dalam oatmeal bermanfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan usus, menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, hingga penurunan berat badan.

Umumnya, oatmeal diolah dengan cita rasa yang manis, seperti dengan menambahkan susu, buah, madu dan aneka biji-bijian. Agar kamu tak bosan menyantap oatmeal dengan rasa yang manis, Beautynesia telah merangkum 4 olahan oatmeal dengan cita rasa gurih yang patut kamu coba. Yuk, simak!

Oat Egg

Telur dadar dengan oatmeal dapat jadi alternatif makanan yang sehat dan mengenyangkan
Telur Dadar Oatmeal/Foto: YouTube.com/NUCHI-Nur Chikmah

Beauties, adakah dari kamu yang suka dengan segala olahan telur? Mengolah telur dan oat menarik untuk kamu coba, nih. Scrambled oat egg atau telur dadar oatmeal bisa jadi pilihannya.

Untuk membuatnya, kamu tak begitu membutuhkan banyak bahan. Kamu hanya membutuhkan telur, oatmeal, dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang daun serta irisan cabe rawit merah. Agar nutrisinya semakin lengkap, kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan buncis dalam olahan telur dan oatmeal yang akan dibuat. Eits, jangan lupa tambahkan garam, lada, dan penyedap rasa juga, ya!

Bubur Oatmeal 

OAtmeal dapat menjadi penganti beras untuk membuat bubur ayam
Bubur Oatmeal/Foto: YouTube.com/Yulia Baltschun

Bubur sepertinya menjadi menu sarapan favorit banyak orang, salah satunya bubur ayam. Melansir dari detikFood, dalam semangkuk bubur ayam yang terbuat dari 50 gram beras dan 125 gram ayam yang digunakan untuk membuat kaldu dan suwiran mengandung kalori sebesar 238,5 kkal.

Makanan yang satu ini terbuat dari beras sebagai bahan utama. Buat kamu yang lagi diet dan tidak ingin melewatkan sarapan dengan bubur ayam, mengganti beras dengan oat bisa jadi alternatif untuk dicoba di rumah!

Nasi Goreng Oat

Pengemar nasi goreng dan ingin lebih sehat kini dapat mencoba nasi goreng oat
Nasi Goreng Oat/Foto: instagram.com/putrimirantiindra/

Nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit banyak orang dari sarapan hingga makan malam. Buat kamu yang ingin mencicipi nasi goreng tapi sedang diet, nasi goreng dari oat bisa jadi solusi. Agar tak menjadi bubur, jenis oat yang dibutuhkan adalah rolled oat.

Dilansir dari Instagram chef Putri Miranti Indra, trik agar rolled oat dapat diolah menjadi nasi goreng yaitu disangrai terlebih dahulu hingga kecoklatan dan harum. Kemudian oat dimasak dengan air secukupnya hingga air mengering, dan didiamkan dalam kondisi tertutup selama 15 menit sambil sesekali diaduk-aduk. Setelah itu kamu sudah dapat mengolahnya menjadi nasi goreng dengan resep nasi goreng favoritmu!

Oat Schotel

Oats dapat diolah menjadi schotel dengan rasa yang enak dan sehat
Oats Schotel/Foto: Tiktok.com/Clarissa dapurbekal

Schotel merupakan salah satu makanan khas dari Belanda yang umumnya dibuat dengan makaroni sebagai bahan utama. Namun ternyata schotel bisa dikreasikan menggunakan oat, lho! Yuk, simak cara membuat oat schotel dari creator TikTok Clarissa Dapur Bekal berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 1 sdm corn oil 
  • 100gr Rolled oat
  • 100gr daging cincang
  • 1/2 bawang bombay
  • 80 gr wortel parut
  • 100 gr jagung manis
  • 2 lembar daging ham
  • Daun bawang
  • 250 susu low fat
  • 2 butir telur
  • 75 gr keju cheddar
  • Garam dan lada hitam

Cara Memasak:

  1. Tumis bawang bombay dan daging cincang, tambahkan garam dan lada. Masak hingga daging matang, kemudian sisihkan. 
  2. Campurkan tumisan daging yang telah matang dengan bahan lainnya. Tambahkan kembali sedikit garam dan lada hitam. Kemudian aduk hingga seluruh bahan tercampur merata. 
  3. Masukkan bahan yang sudah tercampur rata ke dalam cup aluminium foil dan tambahkan parsley di atasnya. Setelah seluruh adonan habis, panggang di oven selama 25 menit dengan suhu sekitar 180 derajat celsius.

Nah, itu tadi 4 olahan oatmeal dengan rasa gurih yang bisa dicoba. Selamat berkreasi, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id