STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Angka Covid Naik Lagi di Sejumlah Negara, Varian Omicron XBB Diprediksi Puncaknya pada Januari 2023

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 31 Oct 2022 20:30 WIB
Angka Covid Naik Lagi di Sejumlah Negara, Varian Omicron XBB Diprediksi Puncaknya pada Januari 2023

Angka Covid-19 menaik lagi di sejumlah negara. Terbaru, akibat subvarian Omicron XBB.

Tercatat sudah ada empat kasus subvarian tersebut yang diumumkan Kementerian Kesehatan RI, Beauties. Adapun pasien pertama yang teridentifikasi diketahui baru saja pulang dari Singapura.

"Pasien semuanya bergejala ringan seperti batuk dan pilek. Tapi semua pasien sudah sembuh dan mereka hanya melakukan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril pada Konferensi Pers Rabu secara virtual (26/10), dikutip dari Sehat Negeriku Kemkes.

Sebelumnya, Singapura dan beberapa negara lain memang diketahui mengalami kenaikan kasus Covid, dikarenakan subvarian tersebut. Hal ini dibenarkan oleh juru bicara Satgas Prof Wiku Adisasmito.

Ilustrasi wanita pakai masker diperiksa suhu saat pandemi COVID-19Ilustrasi perempuan pakai masker diperiksa suhu saat pandemi COVID-19/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

"Berbagai ahli di Amerika Serikat maupun WHO menyebutkan bahwa subvarian XBB bisa memicu lonjakan kasus di akhir tahun dan puncaknya di bulan Januari," ujar Wiku dalam konferensi pers baru-baru ini, seperti dikutip dari detikHealth. Selama empat pekan terakhir, menurutnya, telah terjadi tren kasus yang meningkat sebanyak 17 persen.

Varian XBB Diketahui Cepat Menular

Masih dikutip dari Sehat Negeriku Kemkes, varian baru XBB dinilai cepat menular, namun fatalitasnya tidak lebih parah dari varian Omicron, Beauties. Oleh karenanya, negara belum bisa dikatakan aman dari pandemi COVID-19. Pasalnya berbagai mutasi varian baru masih berpotensi terus terjadi.

Tetap menerapkan protokol kesehatan yakni dengan cara memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun, serta melakukan testing jika mengalami tanda dan gejala Covid-19 dan melengkapi vaksinasi Covid-19, masih merupakan cara-cara yang dianggap tepat untuk melindungi diri sendiri dan orang sekitar.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE