sign up SIGN UP

Anxiety Saat Pandemi adalah Hal yang Wajar, Tenangkan Diri dengan 4 Langkah Sederhana Ini

Risma Oktaviani | Minggu, 25 Jul 2021 10:30 WIB
Anxiety Saat Pandemi adalah Hal yang Wajar, Tenangkan Diri dengan 4 Langkah Sederhana Ini
caption

Pandemi sepertinya masih jauh dari kata berakhir, dengan rekor penambahan kasus positif harian yang mencapai lebih 50 ribu orang, pemerintah merencanakan perpanjangan PPKM darurat. Pandemi yang berkepanjangan dan segala peraturan yang ada nggak bisa dipungkiri mengakibatkan beberapa orang kehilangan pekerjaan atau pendapatan, selain itu nggak sedikit juga yang mengalami gangguan kecemasan, depresi, hingga keinginan bunuh diri meningkat.

Nah, untuk kamu yang lagi merasa cemas atau anxiety, kamu bisa ikuti cara ini agar kamu atau orang di sekitar kamu menjadi lebih tangguh untuk menghadapi hari-hari di masa pandemi.

Pahami Bahwa Anxiety Bukan Kesalahan Kamu

anxiety bisa menyerang siapa aja
Anxiety adalah hal yang wajar / Freepik.com/jcomp

Saat mengalami anxiety, aktivitas sehari-hari kamu mungkin akan terganggu. Kamu nggak perlu menyalahkan diri sendiri, sebab kecemasan adalah hal umum yang dapat dialami oleh semua orang saat menghadapi sesuatu yang membuat khawatir atau membuat takut. Faktor-faktor seperti genetik, biologi, reaksi kimia, stres, dan lingkungan juga diyakini berperan dalam terjadinya anxiety. Namun, jika perasaan rasa cemas itu berlangsung lama dan terus menerus hingga menimbulkan gejala serius, kamu harus hati-hati bisa jadi kamu mengalami penyakit anxiety atau anxiety disorder.

Membatasi untuk Menonton, Membaca, dan Mendengarkan Berita

Batasi membuka berita untuk hindari kecemasan
Batasi membuka berita / freepik.com/rawpixels

Rasa cemas dan kekhawatiran yang timbul di tengah pandemi berkepanjangan sepertinya memang nggak bisa kita hindari. Apalagi di akhir-akhir ini, berita duka silih berganti saat kita membuka media sosial. Hal yang harus kamu lakukan agar bisa mengatasi anxiety adalah dengan membatasi informasi yang kamu akses. Kamu bisa tetap memantau informasi yang terpercaya, namun nggak perlu berlebihan demi kesehatan mental kamu.

Lakukan Self-love dan Self Care

self care dan self love efektif hindari anxiety
self care sebagai bentuk self love / freepik.com/karlyukav

Menumbuhkan penerimaan terhadap keadaan diri sendiri lalu improve dengan cara merawat diri dan melakukan sesuatu yang disukai, adalah suatu bentuk self love. Untuk melawan dan mengelola stress atau anxiety, kamu bisa mulai dengan mengatur pola hidup sehat seperti berolahraga secara rutin, makan makanan yang sehat, berpikir positif, dan tidur yang cukup. Hal tersebut bisa kamu lakukan sebagai bentuk self care untuk menjaga diri dan mental kamu.

Terhubung dengan Orang Lain

interaksi sosial mampu mengurangi anxiety
Berinteraksi secara virtual / freepik.com/tirachardz

Meskipun dalam keadaan PPKM yang menyebabkan adanya pembatasan jarak sosial, cobalah untuk terus terhubung dan menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat kamu meskipun secara online. Berinteraksi dengan orang lain efektif untuk memperbaiki mood dan akan membuat perasaan menjadi lebih bahagia karena bisa berbagi cerita. Dalam jangka panjang, bersosialisasi akan mengurangi risiko mengalami depresi maupun anxiety. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id