sign up SIGN UP

Dilanda Stres Akibat PPKM Darurat Diperpanjang? Ini Dia Film Animasi yang Bisa Memotivasi untuk Kembali Semangat

Dimitrie Hardjo | Rabu, 21 Jul 2021 19:30 WIB
Dilanda Stres Akibat PPKM Darurat Diperpanjang? Ini Dia Film Animasi yang Bisa Memotivasi untuk Kembali Semangat
caption

Banyak hal yang dapat menyebabkan pikiran kita merasa terbebani, apalagi di tengah masa PPKM Darurat yang masih berlangsung. Situasi yang serba tidak menentu dan tidak bisa diprediksi ini membuat hati kita tidak tenang.

Bagi mereka yang memiliki pekerjaan, mungkin tuntutan pekerjaan membuatmu mengalami kondisi burnout. Sebaliknya, bagi kalian yang masih mencari pekerjaan, ketidakpastian membuat kamu semakin gelisah. Stres pun datang akibat tumpukan beban pikiran tersebut.

Banyak kegiatan yang direkomendasikan untuk menenangkan pikiran sejenak dengan fokus ke hal lain, salah satunya dengan menonton film. Tapi, jika film tersebut dapat menenangkan sekaligus memotivasi kamu untuk melakukan yang terbaik, mengapa tidak coba disaksikan?

Nah, di bawah ini beberapa rekomendasi film animasi yang dapat menjawab kegelisahan dan memotivasimu, Beauties. Simak yuk!

Soul (2020)

Soul.
Soul. Foto: pinterest.com/Movieweb/

Bercerita tentang guru musik sekolah yang bercita-cita jadi seorang pianis jazz, mimpi Joe Gardner sirna ketika takdir membawa jiwanya pergi dari dunia. Masih bersikeras mewujudkan mimpinya yang sudah di depan mata tersebut, jiwa Joe melakukan segala cara untuk kembali ke bumi. Petualangan seru Joe Gardner dalam kisah dari Pixar Soul tidak hanya membuatmu berpikir bahwa kita tidak boleh pantang menyerah untuk mengejar cita, tapi juga masih banyak hal kecil dalam kehidupan yang patut kita syukuri.

Inside Out (2015)

Inside Out.
Inside Out. Foto: pinterest.com/Pixar Post/

Inside Out mengajak kita untuk mengapresiasi setiap emosi yang kita miliki, baik senang, marah, takut, jijik, maupun sedih. Film persembahan Disney Pixar ini juga mengingatkan kita bagaimana kita tidak dapat merasakan kebahagiaan sebelum kita merasakan kesedihan.

Melalui Inside Out, para penonton diajak untuk mengarungi pikiran seorang anak perempuan bernama Riley dan melihat bagaimana karakter emosi Joy, Anger, Disgust, Fear, dan Sadness yang saling berkolaborasi untuk melengkapi kepribadian Riley dan membuat hidupnya bermakna.

Spirited Away (2001)

Spirited Away.
Spirited Away. Foto: pinterest.com/Time Out/

Film dari Ghibli Studio, Spirited Away, mengisahkan seorang anak perempuan, Chihiro, yang harus menyelamatkan kedua orangtuanya dari kutukan penyihir jahat bernama Yubaba, Chihiro harus berjuang untuk melawan rasa takutnya di dunia lain dan bekerja sebagai bagian dari makhluk-makhluk asing di sekitarnya.

Walaupun dipenuhi dengan fantasi, kepribadian dan tantangan yang dihadapi Chihiro digambarkan sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari, tepat seperti yang ingin disampaikan sang kreator, Hayao Miyazaki. Banyak sekali nilai kehidupan yang bisa diambil dari film ini, seperti pantang menyerah dalam kondisi apapun dan coba lakukan yang terbaik apapun pekerjaannya.

Kiki’s Delivery Service (1989)

Kiki's Delivery Service.
Kiki's Delivery Service. Foto: pinterest.com/POPSUGAR/

Semua orang pasti merasakan berada di titik jenuh, burnout, kondisi ketika performa mulai menurun dan tidak ada inspirasi. Hal serupa juga dialami oleh Kiki, tokoh protagonis Kiki’s Delivery Service yang pada suatu hari, keahlian yang ia banggakan, yaitu terbang menggunakan sapu miliknya, menghilang. Padahal, ia membutuhkan keahliannya itu untuk melakukan pekerjaannya, menjadi pengantar barang.

Kisah Kiki dalam film karya Ghibli Studio ini mengingatkan kita bahwa berada di posisi hilangnya inspirasi dan motivasi, burnout, atau berada pada kondisi terpuruk sekalipun adalah hal yang wajar dialami. Justru ini adalah saat yang bisa kita ambil untuk istirahat sejenak dan merefleksikan diri.

Frozen 2 (2019)

 

Frozen 2.
Frozen 2. Foto: pinterest.com/GLAMOUR Germany/

Buat para pecinta Disney, pasti tidak asing dengan film Frozen. Kisah Anna dan Elsa, dua putri kerajaan Arendelle yang melalui petualangan luar biasa. Selain menghibur, ternyata kisah Frozen ini punya makna yang lebih dalam, khususnya untuk orang dewasa.

Seperti pada Frozen 2, Anna kerap membicarakan “just do the next right thing” atau cukup lakukan langkah tepat selanjutnya. Terkadang memikirkan hal besar membuat seseorang kewalahan dan tidak fokus, jadi kamu hanya perlu memusatkan perhatian pada langkah berikutnya yang perlu kamu ambil. Termasuk berani membuat keputusan dan beranjak ke luar dari zona nyaman.

Beauties, itu dia rekomendasi film animasi terbaik untuk mengatasi stres atau burnout yang kamu alami. Selamat menonton, semoga membuatmu kembali semangat ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id