sign up SIGN UP

Apa Benar Minum Susu Bisa Menimbulkan Jerawat pada Wajah?

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 08 May 2021 08:30 WIB
Apa Benar Minum Susu Bisa Menimbulkan Jerawat pada Wajah?
caption

Tiap wanita ingin mempunyai wajah mulus tanpa jerawat sekaligus tubuh yang sehat. Salah satu usahanya dengan memakai rangkaian skincare dan mengonsumsi empat sehat lima sempurna. Susu menjadi pelengkap yang tidak kalah penting dan perlu diminum. Namun, susu menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Padahal mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Diantaranya menunjang perkembangan tubuh, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan otot, dan menjaga fungsi otak. Jadi susu masih harus tetap dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia.

Produk ini memicu peningkatan hormon insulin yang memicu timbulnya peningkatan tingkat sebum.
Freepik.com

Namun hindari susu yang memiliki gula tambahan seperti yogurt, es krim, hingga susu rendah lemak. Karena produk ini memicu peningkatan hormon insulin yang memicu timbulnya peningkatan tingkat sebum. Maka dari itu, bagi yang mempunyai jenis kulit berminyak harus lebih berhati-hati.

Fakta tambahan lain adalah susu mengandung kadar gula yang tinggi serta protein whey yang merangsang kelenjar minyak. Protein whey adalah campuran protein yang diisolasi dari whey, merupakan bagian cair dari susu yang terpisah saat keju dibuat.

Whey meningkatkan produksi insulin yang berkontribusi pada perkembangan jerawat.
Freepik.com

Whey meningkatkan produksi insulin yang berkontribusi pada perkembangan jerawat. Lalu susu sapi mengandung kasein atau protein lain yang bisa berubah menjadi hormon perangsang jerawat. Jadi apa yang harus menjadi pengganti susu?

Mengganti susu dengan non susu juga bukan pilihan yang terbaik. Kalian bisa menggantinya dengan susu oat yang akhir-akhir menjadi trend. Untuk menjaga kandungan tetap sehat, bisa membuatnya sendiri sehingga bebas pengawet. Bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan.

Kalian bisa menggantinya dengan susu oat yang akhir-akhir menjadi trend.
Freepik.com

Siapkan oat utuh, air, ekstrak vanili, garam, dan bahan pemanis (opsional). Campurkan semua bahan menjadi satu kemudian bentuknya akan menjadi seperti krim. Kemudian saring menggunakan kain tipis sampai gumpalannya hilang. Susu oat sudah bisa dinikmati dalam keadaan dingin atau hangat.

Jenis susu ini sangat diminati khususnya bagi penganut vegan dan orang yang alergi susu sapi. Selain itu, mempunyai banyak manfaat antara lain bebas dari kandungan laktosa dan kacang, mampu menurunkan kolesterol, hingga menjaga kesehatan tulang serta otot.

Meski begitu, untuk minum susu oat perlu berhati-hati. Bagi orang yang alergi gluten dan penyakit celiac akan timbul gejala seperti diare, mual, muntah, serta kembung. Jadi perhatikan sebelum minum susu ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id